HomeNews

Anggaran Pelatihan Pelaku Wisata Tetap

Oleh:Lajeng Padmaratri
17 Desember 2019 - 07:57 WIB

Ilustrasi. - Bisnis/Abdullah Azzam

Harianjogja.com, WATES - Pada 2020 mendatang, anggaran pelatihan dan pendampingan pelaku wisata dari Dinas Pariwisata Kulonprogo masih tetap, yaitu sebesar Rp900 juta.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Niken Probo Laras, menuturkan tahun ini jawatannya memperoleh Dana Alokasi Khusus sebesar Rp900 juta untuk delapan kelas pelatihan wisata. "Di antaranya homestay, IT, paket wisata, outbound, dan lain-lain. Ini program nasional Pak Presiden yang mengatakan peningkatan infrastruktur dan SDM," kata dia di sela-sela evaluasi pelatihan pariwisata di Aula Adikarto, Senin (15/12/2019).

Pada 2020 mendatang, pihaknya ingin menyasar kelas pelatihan yang berbeda, meski besaran anggarannya masih sama. "Misalnya yang lain kelas susur gua," ujar Niken.

Pendampingan yang dilakukan Dinas Pariwisata Kulonprogo selama delapan bulan terhadap pelaku wisata di Kulonprogo, diharapkannya bisa membentuk sumber daya pariwisata yang unggul. "Kami ingin wujudkan SDM unggul di bidang pariwisata, karena tugas pemerintah tidak bisa langsung operasional di lapangan, tapi fasilitasi dan mediasi," kata dia.

Perwakilan dari Desa Wisata Pendoworejo, Kecamatan Samigaluh, Veronica Triatmila, mendukung pelatihan selama tiga bulan ini. Ia berharap pemerintah banyak memberi perhatian kepada pelaku wisata di daerah.

"Melihat Kulonprogo dengan perkembangan bandara, saya mendukung pelatihan ini. Kami ingin kejar ketertinggalan pembangunan homestay jika dibandingkan wilayah lain di luar Kulonprogo. Kalau bangun hotel butuh waktu lama, kita bangun homestay dengan dukungan masyarakat," kata dia yang mengikuti pelatihan homestay ini. 

Tag: Anggaran Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait

Berita Pilihan

KPI Jadi Sorotan Lagi, Kali Ini soal Tayangan Polisi Ngotot Periksa HP Warga Demokrat Kubu AHY Benarkan Moeldoko Bagi-bagi Duit Rp25 Juta dan HP La Nina Diprediksi Terjadi Akhir Tahun, BMKG: Kita Harus Siap Kasus Positif Covid-19 di DIY Bertambah 15 Orang, Positif Rate 0,19 Persen Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Bakal Dibangun di Bogor
Berita Terbaru
Kemenag: Libur Digeser Tak Mengurangi Makna Maulid Nabi 1 hour ago
KPI Jadi Sorotan Lagi, Kali Ini soal Tayangan Polisi Ngotot Periksa HP Warga 1 hour ago
52 Kabupaten/Kota Mulai Terapkan PPKM Level 1 & Ada 9 Masuk di Level 1 2 hours ago
Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati Dinilai Tak Punya Reputasi Ilmiah 2 hours ago
RI-Malaysia Kompak Jaga Stabilitas di Tengah Memanasnya Kawasan Indo Pasifik 2 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Haiti Berkecamuk, FBI Turun Mencari Penculik Belasan Misionaris 2 hours ago
Rencana Pemberian Gelar ke Ma'ruf Amin dan Erick Thohir Tuai Kritik, Ini Klarifikasi UNJ 3 hours ago
Asita: Protokol Kesehatan Telan Ongkos 15 Persen dari Paket Umrah 3 hours ago
Sandiaga Sebut Bali Masih Sepi Turis Asing 3 hours ago
Waspada! Hari Ini Diprediksi Hujan, Petir & Angin Kencang 3 hours ago