HomeNews

Dianggap Sudah Aman, Jalur Pendakian Gunung Lawu Dibuka Kembali

Oleh:Newswire
11 Januari 2020 - 10:47 WIB

Pintu Cemoro Sewu menuju puncak Gunung Lawu. - Antara

Harianjogja.com, MAGETAN -Jalur pendakian Gunung Lawu dari pintu pos pemberangkatan Cemoro Sewu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, akhirnya dibuka setelah sekitar sepekan ditutup.  Petugas Perum Perhutani KPH Lawu Ds sebelumnya menutupnya karena kondisi cuaca buruk dan badai angin di puncak gunung setempat.

"Pembukaan jalur pendakian di Gunung Lawu dilakukan mulai hari Jumat tanggal 10 Januari 2020," ujar Asper BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu Ds, Marwoto kepada wartawan di Magetan, Jumat (11/1/2020).

Menurut dia, pembukaan dilakukan karena berdasarkan hasil survei tim Perhutani dan BPBD setempat, jalur pendakian telah aman menyusul kondisi badai di puncak Gunung Lawu telah berlalu.

Tidak hanya jalur pendakian Cemoro Sewu, namun jalur Cemoro Kandang dan Candi Ceto di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, serta Singolangu di Plaosan Magetan, juga telah dibuka.

Marwoto menambahkan, meski jalur telah dibuka, namun pembukaannya hanya dibatasi pada pagi hingga sore hari. Untuk pendakian malam hari masih dilarang karena alasan keamanan.

Seperti diketahui, petugas gabungan dari Perum Perhutani KPH Lawu Ds dan BPBD Magetan menutup jalur pendakian Gunung Lawu dari pintu pos pemberangkatan Cemoro Sewu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan karena kondisi cuaca buruk dan badai angin di puncak gunung setempat.

Penutupan dilakukan pada tanggal 3 Januari lalu untuk menghindari dampak bencana yang dapat merugikan dan membahayakan keselamatan para pendaki.

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung di Pulau Jawa yang menjadi jujukan para pecinta alam untuk melakukan pendakian.

Terdapat banyak jalur pendakian yang bisa dilalui saat ingin mendaki gunung yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah tersebut.

Namun, resminya ada dua jalur pos pendakian di gunung tersebut, yakni pintu pos pemberangkatan Cemoro Sewu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur dan Pos Cemoro Kandang di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Data Pos Cemoro Sewu mencatat, pada hari biasa jumlah pendaki yang melakuakn pedakian di Gunung Lawu mencapai ratusan orang.

Jumlah itu meningkat tajam hingga ribuan orang saat momentum malam Tahun Baru Islam atau 1 Suro, malam pergantian tahun baru, dan peringatan Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus.

Sumber: Antara Tag: gunung Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Kapan Gunung Api Purba di Gunungkidul Aktif? Ini Perkiraannya 5 days ago
Tips Mendaki Gunung bagi Pemula 1 week ago
Pendakian ke 4 Gunung Ditutup, Cuaca Ekstrem dan Pemulihan Jadi Alasan 2 weeks ago
Alat Pemantau Gunung Berapi Perlu Dimutakhirkan 3 weeks ago

Berita Pilihan

Mulai 1 Januari 2022, Ini Kebijakan Pajak Penghasilan Terbaru Ayah Vanessa Angel Siap Polisikan Para Haters Mahfud Salah Tulis 2022 Jadi 2032 saat Ucapkan Tahun Baru, Warganet Bereaksi.. Kota Semarang Banjir saat Malam Pergantian Tahun Baru Pergantian Tahun Baru 2022 di Kota Magelang Kondusif
Berita Terbaru
Rata-rata Mati Listrik 6 Jam Per Pelanggan Per Tahun 12 hours ago
Terkait Majapahit, Jokowi Ungkap Filosofi di Balik Nama Nusantara untuk Ibu Kota Negara  13 hours ago
Reses di Solo, Puan Disambut Baliho Kepak Sayap Kebhinekaan 13 hours ago
Trending Kawasan Sekitar IKN Bernama Bonus Sambal Terong 14 hours ago
Asyik...Alfamart Jual Minyak Goreng Rp14.000 per Liter di Semua Gerai 14 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Jokowi: Ibu Kota Negara yang Baru di Dalam Hutan 15 hours ago
Bocoran Jokowi! Siapa yang Bakal Pindah Ke IKN pada 2024? 15 hours ago
Siapa Calon Pemimpin Ibu Kota Negara? Ini Kata Jokowi 16 hours ago
Fantastis! Kasus Korupsi Garuda Indonesia Rugikan Negara Rp3,6 Triliun 17 hours ago
Waspadai Spekulan Tanah Tol Jogja-Bawen 19 hours ago