HomeNews

Kabar Duka, Sultan Oman Qaboos bin Said Meninggal

Oleh:Newswire
11 Januari 2020 - 11:27 WIB

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Sultan Oman Qaboos bin Said Al Said pada hari ketiga rangkaian KTT IORA ke-20 tahun 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (7/3/2017). - Antara/Rosa Panggabean

Harianjogja.com, JAKARTA - Sultan Oman, Qaboos bin Said meninggal pada Jumat (10/1/2020) malam, menurut media pemerintah Sabtu (11/1/2020) pagi.

Qaboos, 79 tahun, yang pemerintahnya mendapat dukungan Barat, telah memerintah negara Teluk Arab itu sejak ia mengambil alih tahta dalam kudeta tak berdarah pada 1970 dengan bantuan Inggris, bekas kekuatan kolonial Oman.

Qaboos tidak memiliki anak dan belum secara terbuka menunjuk seorang penerus. Sebuah undang-undang tahun 1996 mengatakan keluarga yang berkuasa akan memilih pengganti dalam tiga hari dari takhta yang kosong.

Jika mereka gagal untuk menyetujui, dewan pejabat militer dan keamanan, kepala mahkamah agung dan kepala dua majelis akan menunjuk seseorang yang namanya secara diam-diam telah ditulis oleh sultan dalam surat tertutup.

Selama memerintah, Sultan Qaboos pernah menghadapi pemberontakan bersenjata dari kelompok komunis di Yaman Selatan yang terkenal dengan insiden perang Dhofar.

Atas bantuan beberapa negara, Qaboos berhasil mematahkan perlawanan para pemberontak sehingga Qaboos berhasil mempertahankan tahtanya.

Di bawah Qaboos, Oman memilih jalan politik yang menjadi pilihan banyak negara yaitu pemerintahan demokrasi. Lewat pemilihan umum yang adil dan bebas, Oman melahirkan para pemimpin pemerintahan yang juga diisi kalangan perempuan. Perkembangan positif ini membuat Qaboos berpartisipasi dalam pemerintahan. 

Banyak keputusan politik yang diambil berdasarkan musyawarah mufakat dalam proses yang berlangsung baik di pemerintahan federal, provinsi, lokal dan wakil-wakil suku. Kepergian abadi Qaboos telah memberikan warisan pemerintahan yang demokratis kepada rakyatnya.

Sumber: Antara Tag: kabar duka Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Pengakuan Sang Anak: Ade Irawan Bilang Sudah Ditungguin Ria Irawan 1 year ago
Ade Irawan Ingin Kenakan Wig sebelum Akhirnya Tutup Usia 1 year ago
Putri Delina Jawab Tuduhan Kena Guna-Guna Ayah Tiri 1 year ago
Ria Irawan Minta Suami Cari Istri Baru yang Lebih Kaya 1 year ago
Reza Rahadian Menyesal Belum Beradu Akting dengan Ria Irawan 1 year ago

Berita Pilihan

Vaksinasi di Objek Wisata Ketep Pass Mendapat Apresiasi dari Waaster Kasad 64 Anak di Kota Magelang Kehilangan Orang Tua karena Covid-19 Kemenkes Mengaku Kesulitan Lunasi Tunggakan Klaim Rumah Sakit Tahun Ini Demi Menyapa Warga Seberang Sungai, Presiden Jokowi Naik Perahu Nelayan Presiden Jokowi Ungkap Tidak Mudah Datangkan Vaksin, Jadi Rebutan Semua Negara
Berita Terbaru
Risiko Long Covid pada Anak-Anak Jauh Lebih Rendah 18 minutes ago
Polri Periksa 4 Penjaga Rutan dalam Kasus Penganiayaan oleh Napoleon 58 minutes ago
Vaksinasi di Objek Wisata Ketep Pass Mendapat Apresiasi dari Waaster Kasad 1 hour ago
Bawa Kabur Miliaran Rupiah, Bandar Arisan Online Salatiga Tertangkap 1 hour ago
64 Anak di Kota Magelang Kehilangan Orang Tua karena Covid-19 2 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Update Corona Indonesia 23 September: Positif 2.881, Jateng Tertinggi 2 hours ago
Jadi Tersangka KPK, Segini Kekayaan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin 3 hours ago
Kemenkes Mengaku Kesulitan Lunasi Tunggakan Klaim Rumah Sakit Tahun Ini 4 hours ago
Demi Menyapa Warga Seberang Sungai, Presiden Jokowi Naik Perahu Nelayan 4 hours ago
Presiden Jokowi Ungkap Tidak Mudah Datangkan Vaksin, Jadi Rebutan Semua Negara 4 hours ago