HomeNews

Pimpinan KPK & Komisi III Bertemu Bahas Status Penyidik KPK Jadi ASN

Oleh:Newswire
20 Januari 2020 - 23:07 WIB

Ketua KPK Firli Bahuri mengikuti upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Harianjogja.com, JAKARTA - Pimpinan KPK menggelar pertemuan dengan Komisi III DPR RI. Pertemuan tersebut salah satunya membahas manajemen KPK terkait dengan penyederhanaan regulasi serta reformasi birokrasi, poinnya perubahan status penyidik KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Banyak hal yang harus dikerjakan, antara lain disebutkan pegawai KPK adalah ASN, tentu ini harus bicara dengan kawan-kawan DPR, mitra kerja Komisi III DPR," kata Ketua KPK Firli Bahuri usai bertemu pimpinan Komisi III DPR di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Firli Bahuri menilai DPR sangat paham terkait dengan penyusunan beberapa peraturan, seperti peraturan pemerintahan, rancangan UU, terkait juga dengan peraturan-peraturan lainnya.

Firli berharap setidaknya ada delapan peraturan yang harus dibahas setelah diundangkannya UU No.19/2019 tentang KPK.

Pertemuan tersebut, kata dia, membahas sejumlah program yang akan dilakukan KPK. Misalnya, pada tahun ini ada dua program, pertama mengenai program dukungan manajemen KPK dan kedua mengenai program pemberantasan korupsi.

Program pemberantasan korupsi sesuai dengan yang tercantum dalam Pasal 6 UU No. 19/2019. "Di samping itu, ada tiga program yang akan dikerjakan, antara lain pembangunan manusia yang unggul, khusus KPK," katanya.

Terkait dengan manajemen KPK, dia menyebutkan terdapat penyederhanaan regulasi serta reformasi birokrasi, salah satunya mengenai perubahan status penyidik KPK menjadi ASN.

Firli juga menjelaskan bahwa kedatangannya menemui pimpinan DPR dan pimpinan Komisi III DPR merupakan bagian dari penguatan koordinasi dengan sejumlah lembaga.

Pimpinan KPK juga akan silaturahmi dengan pimpinan DPR serta lima kementerian lainnya.

"Ini adalah lembaga yang ke-10 yang kami datangi, masih ada enam lagi yang sudah diagendakan, antara lain dengan pimpinan DPR, nanti ada lima kementerian lagi yang akan kami datangi, apa yang kami bahas," katanya.

Pimpinan KPK yang hadir dalam pertemuan tersebut selain Firli Bahuri, Lili Pintouli Siregar, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata.

Pimpinan Komisi III DPR yang hadir adalah Ketua Komisi III Herman Herry dan Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir.

Sumber: antara Tag: kpk Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
KPK Janji Kaji Laporan Kasus Gibran dan Kaesang 2 weeks ago
KPK Tindak Lanjuti Laporan Kasus Gibran dan Kaesang 2 weeks ago
OTT Wali Kota Bekasi, KPK Sita Rp5,7 Miliar 2 weeks ago
OTT Wali Kota Bekasi: Camat, Kepala Dinas, dan Lurah Ikut Ditangkap 3 weeks ago
KPK OTT Pejabat & Beberapa Pihak di di Kota Bekasi 3 weeks ago

Berita Pilihan

Mulai 1 Januari 2022, Ini Kebijakan Pajak Penghasilan Terbaru Ayah Vanessa Angel Siap Polisikan Para Haters Mahfud Salah Tulis 2022 Jadi 2032 saat Ucapkan Tahun Baru, Warganet Bereaksi.. Kota Semarang Banjir saat Malam Pergantian Tahun Baru Pergantian Tahun Baru 2022 di Kota Magelang Kondusif
Berita Terbaru
Jusuf Kalla: IKN Akan Memberikan Otonomi Lebih Baik 1 hour ago
Tinjau Kampung Lele, Menteri Kelautan dan Perikanan Optimistis Boyolali Jadi Roda Penggerak Ekonomi Sektor KP di Jateng 1 hour ago
Ini Cara Mendaftar Beasiswa LPDP 2022/2023 3 hours ago
Meski Terkendala Jalan Putus, PLN Berhasil Normalkan Listrik di Pekalongan 11 hours ago
Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah 12 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Nadiem Makarim Dianggap Belum Berpihak kepada Guru Honorer 22 hours ago
Bandara Halim Perdanakusuma Resmi Ditutup, 67 Pesawat Komersial Terdampak 23 hours ago
Indonesia Simpan Banyak Potensi Logam Paling Langka di Dunia, Tersebar di Tiga Pulau 1 day ago
Kasus Covid-19 di Jakarta Meroket Hingga 3.509 1 day ago
Tol Jogja-Bawen Digadang-gadang Tingkatkan Kesejahteraan Warga Magelang 1 day ago