HomeNews

Protokol Kesehatan Tak Boleh Dilupakan Saat Liburan

Oleh:Mia Chitra Dinisari
01 November 2020 - 12:27 WIB

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Harian Jogja/Dok

Harianjogja.com, JAKARTA - Menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama liburan adalah hal yang mutlak dilakukan, terutama ketika liburan ke lokasi wisata yang ramai didatangi orang.

Sebelum bepergian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada sebelum pergi dan juga saat liburan sebagaimana dikutip dari mayoclinic.org berikut ini :

Sebelum Anda bepergian

Apakah Covid-19 menyebar di tempat tujuan Anda? Semakin banyak kasus di tempat tujuan Anda, semakin besar kemungkinan Anda tertular selama perjalanan.

Apakah Anda berisiko tinggi terkena penyakit parah? Siapa pun bisa tertular Covid-19, tetapi orang dewasa yang lebih tua dan orang dari segala usia dengan kondisi medis tertentu berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat Covid-19.

Apakah Anda tinggal dengan seseorang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah? Jika Anda terinfeksi saat bepergian, Anda dapat menyebarkan virus ke orang yang tinggal bersama Anda saat Anda kembali, meskipun Anda tidak memiliki gejala.

Tetap aman saat Anda bepergian

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk mengikuti langkah-langkah berikut untuk melindungi diri Anda dan orang lain saat Anda bepergian:

  • Jaga jarak sejauh 6 kaki (2 meter) antara Anda dan orang lain sejauh mungkin.
  • Hindari kontak dengan siapa pun yang sedang sakit
  • Batasi kontak dengan permukaan yang sering disentuh, seperti pegangan tangan, tombol elevator, dan kios. Jika Anda harus menyentuh permukaan ini, gunakan pembersih tangan atau cuci tangan Anda sesudahnya.
  • Kenakan masker kain.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda.
  • Tutupi batuk dan bersin.
  • Bersihkan tangan Anda sesering mungkin. Ini sangat penting terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah batuk, bersin atau membuang ingus.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.
  • Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Tutupi semua permukaan tangan Anda dan gosokkan kedua tangan hingga terasa kering.

Sumber: JIBI/Bisnis Indonesia Tag: Ingat Pesan Ibu Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Anak Putus Sekolah Meningkat Akibat Pandemi, yang Menikah Dini Juga Banyak Bukan Uang Pensiun, Pegawai KPK yang Dipecat Hanya Dapat Tunjangan Hari Tua Tingkatkan Minat Jalan Kaki, Menhub: Kesempatan Selamat dari Kecelakaan 90% Presiden Jokowi Minta Jajarannya Waspada Gelombang Ketiga Covid-19 Seorang Pendaki Meninggal di Gunung Lawu, Sebelumnya Jatuh dan Pingsan
Berita Terbaru
Hujan Deras dan Angin Kencang Reklame RS Hermina Depok Roboh 1 hour ago
Jasa Raharja Cairkan Santunan Rp1,16 Triliun pada Semester I/2021 3 hours ago
PDIP Ancam Beri Sanksi Kader yang Mendeklarasikan Capres, Ini Respons Ganjar 7 hours ago
Jadi Pengusaha, Kaesang Sebut Duitnya Lebih Banyak dari Jokowi dan Gibran 8 hours ago
Keluarga yang Tidur di Kolong Meja Warung Dapat Bantuan Rp 32 Juta, Begini Kisahnya 8 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Kaesang Beberkan Bisnis Jokowi: Saya yang Tanggung Jawab Sekarang 10 hours ago
Singapura Kucurkan Rp9,45 Triliun untuk Karyawan yang Terdampak Covid-19 11 hours ago
Jateng Klaim Berhasil Vaksinasi 1,6 Juta Orang dalam Sepekan 11 hours ago
Dibayangi Ancaman Sanksi PDIP karena Pencapresan, Ini Jawaban Ganjar 12 hours ago
Aset BLBI yang Dikuasai Negara Bertambah 15,2 Juta Hektare 12 hours ago