HomeNews

Komjen Listyo Sigit Probowo Resmi Jabat Kapolri

Oleh:Edi Suwiknyo
27 Januari 2021 - 10:47 WIB

Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo. - Antara

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang mulai memasuki masa pensiun pada hari ini, Rabu (27/1/2021).

Pelantikan Listyo Sigit dilakukan setelah melewati proses fit and proper test hingga pengesahan pengangkatan di rapat paripurna DPR pekan lalu.

"Memberhentikan dengan hormat Jenderal Pol Idham Azis dan mengangkat Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri," demikian dikutip dari kanal Youtube resmi Sekretariat Presiden, Rabu (27/1/2021).

BACA JUGA : Hari Ini, Komjen Listyo Sigit Dilantik sebagai Kapolri

Listyo Sigit adalah calon tunggal yang disodorkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR. Dia akan menggantikan posisi Jenderal Pol Idham Azis yang segera memasuki masa pensiun pada Februari mendatang.

Listyo adalah pria kelahiran Ambon, Maluku 1969. Sebelum akhirnya dipilih sebagai calon Kapolri tunggal oleh Presiden Jokowi, alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu telah melewati banyak penugasan.

Dalam catatan Bisnis, jenderal bintang tiga itu banyak bertugas di wilayah hukum Polda Jawa Tengah. Pada tahun 2009, dia pernah menjabat sebagai Kapolres Pati dan kemudian menjadi Kapolres Sukoharjo. Listyo juga tercatat sebagai Wakapoltabes Semarang pada 2010 lalu.

BACA JUGA : Alumni SMAN 8 Jogja, Ini Kesan Sekolah tentang Calon

Pada tahun 2011, Listyo mendapat promosi dan bertugas sebagai Kapolres Surakarta atau Solo. Kebetulan pada saat itu, Wali Kota Solo dijabat oleh Joko Widodo atau Jokowi, yang kemudian terpilih menjadi presiden saat ini.

Selama bertugas di Solo, Listyo tercatat pernah menangani satu kasus menonjol yakni bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) di Kepunton, Solo. Peristiwa tersebut, menewaskan pelaku dan melukai 9 orang yang berada di sekitar gereja.

Perjalanan karir Listyo Sigit usai peristiwa itu bisa dibilang makin moncer. Dia ditarik ke Bareskrim dan kemudian menjabat Direskrimum Polda Sulawesi Tenggara. 

Pada tahun 2014, kedekatan Jokowi dan Listyo berlanjut. Setelah memenangkan pemilu 2014, Jokowi menunjuk Listyo sebagai ajudannya. Sebelum akhirnya menjabat Kabareskrim, Listyo sempat menjadi Kapolda Baten dan selanjutnya menjabat Kadiv Propam Mabes Polri.

Sumber: JIBI/Bisnis Indonesia Tag: Kapolri Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Jadi Penasihat Ahli Kapolri 1 year ago
Kapolri Akan Bentuk Tim Gabungan Selidiki Kasus PT Asabri 1 year ago
Resmi Jabat Kabareskrim Polri, Irjen Pol Sigit Siap Selesaikan Kasus Penyiraman Novel Baswedan 1 year ago
Sah, Sejumlah Perwira Tinggi Polri Dimutasi, Irjen Pol Asep Suhendar Jadi Kapolda DIY 1 year ago
Kapolri Idham Azis Paparkan Perkembangan Kasus Novel Baswedan 1 year ago

Berita Pilihan

Anak Putus Sekolah Meningkat Akibat Pandemi, yang Menikah Dini Juga Banyak Bukan Uang Pensiun, Pegawai KPK yang Dipecat Hanya Dapat Tunjangan Hari Tua Tingkatkan Minat Jalan Kaki, Menhub: Kesempatan Selamat dari Kecelakaan 90% Presiden Jokowi Minta Jajarannya Waspada Gelombang Ketiga Covid-19 Seorang Pendaki Meninggal di Gunung Lawu, Sebelumnya Jatuh dan Pingsan
Berita Terbaru
Hujan Deras dan Angin Kencang Reklame RS Hermina Depok Roboh 2 hours ago
Jasa Raharja Cairkan Santunan Rp1,16 Triliun pada Semester I/2021 4 hours ago
PDIP Ancam Beri Sanksi Kader yang Mendeklarasikan Capres, Ini Respons Ganjar 7 hours ago
Jadi Pengusaha, Kaesang Sebut Duitnya Lebih Banyak dari Jokowi dan Gibran 8 hours ago
Keluarga yang Tidur di Kolong Meja Warung Dapat Bantuan Rp 32 Juta, Begini Kisahnya 9 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Kaesang Beberkan Bisnis Jokowi: Saya yang Tanggung Jawab Sekarang 10 hours ago
Singapura Kucurkan Rp9,45 Triliun untuk Karyawan yang Terdampak Covid-19 11 hours ago
Jateng Klaim Berhasil Vaksinasi 1,6 Juta Orang dalam Sepekan 12 hours ago
Dibayangi Ancaman Sanksi PDIP karena Pencapresan, Ini Jawaban Ganjar 12 hours ago
Aset BLBI yang Dikuasai Negara Bertambah 15,2 Juta Hektare 12 hours ago