HomeNews

Jimmy Sutopo Ditetapkan Tersangka Korupsi Asabri

Oleh:Sholahuddin Al Ayyubi
16 Februari 2021 - 05:57 WIB

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak (kiri) bersama Dir Tipikor Bareskrim Polri, Brigjen Pol Djoko Poerwanto (kanan) berbincang saat memberikan keterangan pers usai menggelar gelar perkara penanganan kasus dugaan korupsi pada PT Asabri (Persero) di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (30/12/2020). - Antara\\r\\n\\r\\n

Harianjogja.com, JAKARTA--Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Jimmy Sutopo selaku Direktur PT Jakarta Emiten Investor Relation jadi tersangka korupsi dana investasi PT Asabri. Tak hanya itu, penyidik gedung bundar juga langsung menahan Jimmy Sutopo selama 20 hari ke depan di Rutan Kelas I Cipinang cabang KPK.

Berdasarkan pantauan JIBI/Bisnis di lokasi, tersangka Jimmy Sutopo ke luar dari ruang pemeriksaan menggunakan rompi merah muda dan didamping penasihat hukum beserta tim penyidik Kejagung ke Rutan Kelas I Cipinang cabang KPK.

BACA JUGA : Temuan Fantastis Korupsi Asabri, Ada Aset Senilai Rp18 

Tersangka Jimmy Sutopo lebih memilih bungkam saat masuk ke dalam mobil tahanan dan berlari untuk menghindari kerumunan media yang telah menunggu dirinya diperiksa sejak pagi tadi.

Kepala Pusat Penerangan Hukum pada Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengemukakan tersangka Jimmy Sutopo tidak hanya dijerat pasal korupsi saja, tetapi juga Pasal Pencucian Uang.

Menurut Leonard, tersangka Jimmy Sutopo diduga terima uang hasil korupsi PT Asabri dari tersangka Benny Tjokrosaputro. Kendati demikian, Leonard tidak menjelaskan lebih rinci berapa aliran dana yang dialirkan dari Benny Tjokrosaputro kepada Jimmy Sutopo.

"Tersangka ini adalah satu-satunya dari delapan tersangka lainnya yang sudah dijerat pencucian uang," tuturnya, Senin (15/2/2021) malam.

BACA JUGA : 8 Orang Ditetapkan Tersangka Kasus Korupsi Asabri

Leonard menjelaskan bahwa pada sekitar tahun 2013-2019, tersangka Benny Tjokrosaputro telah bersepakat dengan tersangka Jimmy Sutopo agar mengatur trading transaksi saham milik tersangka Benny Tjokrosaputro kepada PT Asabri dengan cara menyiapkan dan menunjuk nomine sebuah perusahaan sekuritas.

"Kemudian tersangka JS menjalankan instruksi BT untuk tetapkan harga dan transaksi jual-beli pada nomine pada transaksi direct dari hasil manipulasi harga. Kemudian tersangka JS menampung dana hasil keuntungan dari PT Asabri di nomor rekening beberapa staf BT," katanya.

Adapun dalam perkara ini, penyidik Kejagung telah menetapkan  9 orang tersangka. Selain Jimmy Sutopo, penyidik sebelumnya telah menetapkan 8 tersangka lainnya.

Kedelapan tersangka itu adalah Benny Tjokrosaputro Dirut PT Hanson International Tbk, Heru Hidayat-Komisaris PT Trada Alam Minera, mantan Direktur Utama PT Asabri (Purn) Mayjen Adam Rachmat Damiri, mantan Direktur Utama PT Asabri (Purn) Letjen Sonny Widjaja.

Kemudian tersangka Presiden Direktur PT Prima Jaringan Lukman Purnomosidi, Ilham W Siregar Kepala Divisi Investasi PT Asabri, eks Direktur Keuangan PT Asabri berinisial BE dan Direktur Asabri berinisial HS.

Sumber: JIBI/Bisnis Indonesia Tag: korupsi Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Kejagung Temukan Ada Aset Tersangka Kasus Jiwasraya Disimpan di Luar Negeri 1 year ago
Menkumham Yasonna H Loaly Dilaporkan ke KPK karena Menghalangi Penyidikan Kasus Suap Kader PDIP 1 year ago
Disebut di Persidangan Kasus Korupsi, Begini Jawaban Istri Wali Kota Jogja 1 year ago
SAKSI SIDANG KORUPSI: Istri Wali Kota Jogja Disebut Ikut Main Proyek 1 year ago
SIDANG KORUPSI: Saksi Sebut Kontraktor Diminta Fee Proyek 0,5% untuk Wali Kota Jogja 1 year ago

Berita Pilihan

Lagi, Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal Total 57 Mahasiswa Untidar Magelang Terkonfirmasi Positif Covid-19, Diduga Klaster Gathering Kasus Covid-19 Meroket, Jokowi Instruksikan Kurangi Mobilitas dan Percepat Vaksinasi Hasil Penelitian, Vaksin yang Beredar di RI Efektif Cegah Covid-19 Varian Delta Jokowi Ultah ke-60, Begini Doa dari Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo
Berita Terbaru
Kegiatan Masyarakat Dibatasi, Catat Aturan Baru PPKM Mikro yang Dikeluarkan Pemerintah 22 minutes ago
Menjadi Bagian Vaksin Gotong Royong, Ini Efikasi Vaksin Sinopharm 42 minutes ago
PPKM Mikro Berlaku Mulai Hari Ini, Ini Daftar 11 Kegiatan yang Dibatasi 1 hour ago
Hakim Positif Covid-19, PN Jakarta Pusat Hentikan Sementara Persidangan 3 hours ago
Tes GeNose Ditentang Pakar, Ini Jawaban Kemenkes 3 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
6.800 Benih Lobster Hasil Sitaan Dilepasliarkan 4 hours ago
Begini Tips Menghindari Virus Corona Varian Delta 5 hours ago
Pemerintah Perlu Beri Subsidi Gaji Lagi Selama PPKM 5 hours ago
Kasus Covid Terus Naik, Pemprov DKI Simulasi Angkut Jenazah Pakai Truk 5 hours ago
PLN Beri Bantuan Penanaman Bibit Kelapa Mentok di Kebumen 5 hours ago