HomeNews

Temui Amien Rais, Ini yang Dibicarakan Jokowi soal Penembakan Laskar FPI

Oleh:Aprianus Doni Tolok
09 Maret 2021 - 20:57 WIB

Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) enam anggota Laskar FPI menggelar konferensi pers di Hotel Century, Jakarta Pusat, Kamis 21 Januari 2021 / Youtube Refly Harun

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa pihaknya sudah meminta Komnas HAM agar bekerja dengan penuh independensi terkait kasus penembakan yang menewaskan enam laskar FPI. 

Hal itu disampaikan Jokowi saat menemui Amien Rais, K.H. Abdullah Hehamahua, K.H. Muhyiddin Junaidi, Marwan Batubara, Firdaus Syam, Ahmad Wirawan Adnan, Mursalim, dan Ansufri Id Sambo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD yang mendampingi Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Komnas HAM sendiri telah memberikan rekomendasi terkait kasus tersebut kepada pemerintah untuk kemudian dapat ditindaklanjuti.

"Empat rekomendasi itu sepenuhnya sudah disampaikan kepada Presiden agar diproses secara transparan, adil, dan bisa dinilai oleh publik, yaitu bahwa temuan Komnas HAM yang terjadi di tol Cikampek km 50 adalah pelanggaran HAM biasa," ujarnya dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Selasa (9/3/2021).

Dia juga menegaskan bahwa Presiden Jokowi dan pemerintah sama sekali tidak ikut campur dalam penyelidikan yang dilakukan oleh Komnas HAM terkait peristiwa tersebut, termasuk tidak pernah meminta agar Komnas HAM menyimpulkan hasil penyelidikannya.

"Kita hanya menyatakan, kalau pemerintah membentuk [Tim Gabungan Pencari Fakta/TGPF] lagi-lagi dituding timnya orangnya pemerintah, timnya diatur oleh orang Istana, timnya orang dekatnya si A, si B. Oleh sebab itu, kita serahkan Komnas HAM,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pemerintah juga menyatakan sikap terbuka apabila terdapat bukti-bukti lain terhadap peristiwa tersebut dan sejauh ini, kata Mahfud, penyelidikan Komnas HAM yang sesuai dengan kewenangan undang-undang, tidak menemukan adanya bukti pelanggaran HAM berat.

Sumber: Bisnis.com Tag: amien rais Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Amien Rais Diyakini Tak Suka Ketum PAN 2 Periode 1 year ago
Amien Rais Menangis Ada Tokoh PAN yang Berikan Dukungan Tanpa Syarat 1 year ago
Amien Rais Murka ke Pendukung Zulkifli Hasan yang Teriak Saat Doa Penutup 1 year ago
Amien Rais Restui Prabowo Jadi Menhan, tapi Ada Syaratnya. Apa itu? 1 year ago
Pengamat Sebut Amien Rais Penentu PAN Koalisi atau Oposisi 1 year ago

Berita Pilihan

Bersama Asosiasi, Pemerintah Kirim Ribuan Tabung Oksigen ke India Jenazah Ustaz Tengku Zulkarnain Dimakamkan di Pemakaman Khusus Covid-19 Program Jemput Sakit Antar Sehat Kota Magelang Layani Transportasi ke Rumah Sakit Daging Ayam Busuk dan Daging Sapi Bercacing Ditemukan di Pasar Kota Magelang Masuk ke Magelang dari DIY, 137 Kendaraan Diminta Putar Balik
Berita Terbaru
Pemda Diizinkan Buka Objek Wisata selama Libur Idulfitri, Asal... 11 minutes ago
Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1442 H Hari Ini 21 minutes ago
Lebaran, Menteri Sandiaga Minta Pengelola Objek Wisata Terapkan Prokes Ketat 41 minutes ago
Pernyataan Kontroversial Tengku Zul, Nomor 8 Berhubungan dengan Kalau Jokowi Wafat 51 minutes ago
Helikopter Jatuh di Danau, 2 Tewas, 2 Hilang 1 hour ago

Terpopuler

KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi Duh, Pejabat di Tanjung Pinang Diduga Perkosa Model 6 Kali selama Ditinggal Mudik Keluarganya FOTO MUSIM KEMARAU : Siang Sepi, Sore Menggeliat
Gubernur NTB Bagikan Entram Alat Rapid Test Antigen Buatan Lokal 3 hours ago
Bersama Asosiasi, Pemerintah Kirim Ribuan Tabung Oksigen ke India 4 hours ago
Jenazah Ustaz Tengku Zulkarnain Dimakamkan di Pemakaman Khusus Covid-19 5 hours ago
Keluarga Awak KRI Nanggala 402 Terima Tali Asih 6 hours ago
Begini Modus Bupati Nganjuk Jual Beli Jabatan 9 hours ago