News

Makin Mahal, Biaya Haji Diperkirakan Naik Rp9,1 juta per Orang

Penulis: Newswire
Tanggal: 06 April 2021 - 16:57 WIB
Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu (tengah) memberi keterangan tentang penggunaan virtual account untuk transparansi dana haji, Jumat (14/12) di Surabaya. JIBI/BISNIS - Ajijah

Harianjogja.com, JAKARTA –Ongkos untuk biaya berangkat haji ke depan dipastikan semakin mahal.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji Anggito Abimanyu memproyeksikan akan terjadi kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun ini yakni sekitar Rp9,1 juta per orang.

"Jadi ada kenaikan Rp9,1 juta. Ini sudah dibahas di FGD [diskusi terfokus]," ujar Anggito dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VIII DPR RI, dikutip dari Antara, Selasa (6/4/2021).

Anggito merinci untuk biaya nonsubsidi yang awalnya sebesar Rp35,2 juta menjadi sekitar Rp44 juta per orang, sedangkan untuk subsidi menjadi Rp43,11 juta dari Rp33,9 juta. Angka ini berdasarkan basis skenario kuota 25 persen.

Menurutnya, sejumlah faktor yang membuat adanya kenaikan seperti pelemahan kurs rupiah, kenaikan biaya penerbangan haji, dan akomodasi selama di Arab Saudi. Saat ini kurs rupiah menyentuh angka Rp14.500, sedangkan asumsi Kementerian Agama masih Rp14.200 per dolar AS.

Kendati demikian, Anggito menyebutkan angka kenaikan itu masih hanya sebatas proyeksi dan dapat berubah tergantung kondisi ekonomi dan kebijakan dari pemerintah.

Selain itu, Anggito mengemukakan kenaikan sebesar Rp9,1 juta per orang itu berdasarkan komponen-komponen yang mesti disesuaikan saat masa pandemi. Rinciannya adalah Rp6,6 juta untuk penerapan protokol kesehatan, Rp1,4 juta untuk kenaikan kurs, dan Rp1 juta untuk akomodasi seperti hotel dan katering.

BACA JUGA: Harga Rawan Melambung, 4 Komoditas Ini Jadi Sorotan di Jogja Jelang Ramadan

"Jadi kami fokusnya di yang kurs dan biaya satuan. Yang prokes [protokol kesehatan] bukan kompetensi kami, meskipun kami menyarankan sebagian sudah dibebankan kepada jemaah sebagian pada APBN, itu akan mengurangi tekanan kepada nilai manfaat dana haji," kata dia.

Kondisi berbeda jika menggunakan valuta asing dalam pembiayaan haji, maka kenaikan yang signifikan akan terhindari karena pemerintah akan membayarnya dalam bentuk valas. Sementara jika menggunakan rupiah maka nilainya akan fluktuaktif seiring dengan kondisi kurs.

"Tetapi kalau kita menyediakan [valas], alhamdulillah kami telah melakukan mitigasi cukup untuk membiayai, bahkan kita bisa menurunkan BPIH dalam bentuk valas. Jadi mohon ini menjadi pertimbangan dalam pembahasan panja BPIH," kata dia.

Saat ini, kata dia, pengelolaan dana haji berada dalam posisi Rp145 triliun dan nilai manfaatnya mencapai sekitar Rp8 triliun.

Sementara itu, Anggota Badan Pelaksana Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko BPKH Acep Riana Jayaprawira mengatakan kenaikan BPIH tidak dibebankan kepada jemaah, tapi akan ditanggung sepenuhnya oleh distribusi Virtual Account 2020.

"Yaitu Rp1,7 juta per jemaah untuk lunas tunda jemaah dan sisanya subsidi nilai manfaat tahun berjalan kurang lebih Rp7,46 juta per jemaah. Sehingga BPIH saldo setoran jemaah sebesar Rp36,94 juta per jemaah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Berita Terkait

Jemaah Naik Haji Pakai Visa Ziarah dapat Berujung Deportasi
Pemerintah Minta Jemaah Calon Haji Tak Menerima Tamu sejak H-7 Keberangkatan
Tak Ada Jemaah yang Ditempatkan di Mina Jadid, Ini Tujuannya
Kuota Jemaah Haji Reguler Tahap 2 Diumumkan, Cek Nama Calon Haji di Sini

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Program KILA, Upaya Kenalkan Lagu Anak Ke Anak
  2. Libur Lebaran Tiba, Saatnya Berwisata
  3. Kabar Baik! Seluruh Pengungsi Banjir Demak Sudah Kembali ke Rumah
  4. Begini Kiat Bisa tetap Makan Enak tanpa Muncul Masalah saat Lebaran

Berita Terbaru Lainnya

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar
UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota
Ini Profil Keseharian Harvey Moeis Suami Sandra Dewi yang Terseret Korupsi PT Timah
Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN
Puan Maharani Kian Buka Peluang Megawati Gelar Rekonsiliasi dengan Prabowo
Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas
Jatah Menteri Bakal Berkurang karena PDIP Diajak Masuk Kabinet, Golkar Bilang Begini
Pemulangan Enam Jenazah ABK WNI dari Jepang Dilakukan Bertahap
Tiga Hari Hilang, 6 Orang Korban Ambruknya Jembatan Baltimore Belum Ditemukan
Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya