News

Peneliti Temukan Fosil Jejak Kaki Anak-anak Purba

Penulis: Desyinta Nuraini
Tanggal: 14 April 2021 - 14:57 WIB
Fosil anak purba di pantai Spanyol

Harianjogja.com, JAKARTA - Para ilmuan menemukan jejak kaki anak-anak yang sedang bermain, diduga berusia 100.000 tahun. Fosil itu ditemukan di selatan Spanyol.

"Kami menemukan beberapa daerah di mana beberapa tapak kecil muncul tidak beraturan," kata Eduardo Mayoral, seorang ahli paleontologi di Universitas Huelva, dikutip dari Live Science, Rabu (14/4/2021).

BACA JUGA : Ini Dia Sejumlah Fosil Hewan Purba yang Ditemukan

Dalam penelitian yang rilis di Journal Scientific itu disebutkan bahwa jejak kaki mengindikasikan seolah-olah anak-anak bermain atau berkeliaran di area yang dahulu juga pantai.

Pada Juni 2020, dua ahli biologi menemukan fosil di Pantai Matalascañas, di Taman Nasional Doñana, setelah periode badai yang intens dan pasang surut.

Para ahli biologi pertama kali melihat jejak fosil hewan seperti rusa atau babi hutan. Namun saat diteliti secara seksama, Mayoral menyadari bahwa ada beberapa jejak kaki Neanderthal, manusia purba yang dianggap sebagai kerabat manusia.

"Tidak ada yang mengenali keberadaan jejak kaki hominid pada waktu itu, yang hanya ditemukan oleh tim saya dua bulan kemudian, ketika kami mulai mempelajari seluruh permukaan secara rinci," jelas Mayoral.

BACA JUGA : Sering Ditemukan Fosil Purba, Arkeolog Usulkan Pendirian

Mayoral dan rekan-rekannya mengidentifikasi 87 jejak kaki Neanderthal di batu sedimen di pantai di Matalascañas. Para peneliti menyebut cetakan kaki itu dibuat oleh 36 individu.

Tanggal permukaan yang terbuka untuk periode pleistosen atas, kira-kira berusia 106.000 tahun yang lalu, ketika wilayah ini dihuni oleh Neanderthal (Homo Neanderthalensis).

Kelompok pemburu ini tinggal di Eropa dan Timur Tengah antara 400.000 dan 40.000 tahun yang lalu, sementara manusia modern awal (Homo Sapiens) tiba di sana sekitar 80.000 tahun yang lalu. Para peneliti berpikir trek bisa menjadi jejak kaki Neanderthal tertua yang pernah ditemukan di Eropa.

Tim memotret situs ini secara luas dengan drone udara dan memindai secara digital masing-masing fosil jejak kaki manusia dalam tiga dimensi.

Ukuran dan distribusi jejak kaki menunjukkan bahwa mereka dibuat oleh sekelompok individu Neanderthal termasuk 11 anak dan 25 orang dewasa. Secara jenis kelamin yakni 5 wanita, 14 laki-laki dan 6 individu dari jenis kelamin yang tidak ditentukan.

BACA JUGA : Fosil Binatang Purba Ditemukan di Gunungkidul

"Ini dapat ditetapkan oleh korelasi dengan situs Eropa lainnya yang ada hubungan langsung antara ukuran jejak kaki dan usia individu yang memproduksinya," tutur Mayoral.

Sebagian besar orang dewasa berjalan di pantai setinggi 4 dan 5 kaki (1,3 hingga 1,5 meter), tetapi empat cetakan tampaknya dibuat oleh individu yang tingginya lebih dari 6 kaki (1,8 m).

Menjadi sorotan, terdapat dua jejak kaki terkecil, panjang sekitar 6 inci (14 sentimeter), yang diperkirakan dibuat oleh seorang anak berusia sekitar 6 tahun. Mereka berada di antara beberapa jejak kaki yang dikelompokkan di beberapa wilayah. Menurut Mayoral mungkin karena anak-anak Neanderthal bermain di pasir.

Analisis trek menunjukkan bahwa sebagian besar jejak kaki terletak di tepi area pantai, tetapi individu-individu yang membuat cetakan tidak sepenuhnya bergerak ke dalam air.

"Ini bisa melibatkan strategi berburu, menguntit hewan di air seperti waterbird dan waders atau karnivora kecil," tulis mereka.

Jejak mungkin juga telah dibuat oleh orang-orang memancing di lubang air atau mencari kerang. Alat-alat batu yang dikaitkan dengan Neanderthal pun muncul di situs-situs terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Berita Terkait

Peneliti UGM Temukan Senyawa Logam Berat Cemari Code, Begini Respons DLHK DIY
BRIN Klaim Punya Suplemen untuk Produktivitas Sapi Potong
BRIN Teliti Bunga Rafflesia di Luar Hutan Lindung
Editage Dukung Peningkatan Reputasi Kampus Jogja Melalui Riset Berkualitas

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Diisukan Maju Calon Ketum Golkar, Bahlil Merespons Begini
  2. Apesnya Philippe Troussier, 2 Kali Dipecat setelah Kalah dari Timnas Indonesia
  3. Golkar Menang Banyak! Bisa Usung Calon Sendiri di Pilkada 2024 di 7 Daerah Ini
  4. Gadis SMP asal Jatinom Klaten yang Hilang saat Beli Teh Ditemukan di Kartasura

Berita Terbaru Lainnya

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia
Ups, KPK Sebut Tingkat Kepatuhan LHKPN Anggota DPR Tak Sampai 30%
Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal
Batas Jabatan Kian Dekati Ujungnya, Jokowi Berambisi Tambah Saham di PT Freeport
TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran
Siap-Siap! Desain Paspor Bakal Berubah Tahun Ini
Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas
Lewati Sepekan, Total Gempa Susulan di Bawean Capai 383 Kali
Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya
Polisi Dalami Motif Driver Grab yang Memeras dan Mengancam Penumpangnya