HomeNews

Kemenhan Buka Lowongan Personel untuk Mendukung Sistem Pertahanan, Berminat?

Oleh:Rayful Mudassir
05 Mei 2021 - 02:27 WIB

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kanan) berbincang dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) disaksikan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono (kiri) dan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal (kedua kiri) saat tiba di Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepualauan Riau, Rabu (5/2/2020). - Antara

Harianjogja.com, JAKARTA -- Kementerian Pertahanan akan mulai merekrut Komponenan Cadangan (Komcad) guna mendukung sistem pertahanan negara pada bulan Juni 2021.

Komponen ini berbeda dengan wajib militer di sejumlah negara. Keberadaan komcad telah diatur dalam UU Nomor 23/2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.

Dalam sebuah pernyataan resminya beberapa waktu lalu, pihak Kemhan menegaskan Komcad bukan wajib militer. Masyarakat tidak diwajibkan untuk mengikuti serangkaian kegiatan kemiliteran.

Hal ini berbeda dengan konsep wajib militer di negara lain. Austria misalnya, penduduk di bawah usia 35 tahun wajib mengikuti pendidikan militer minimal 6 bulan atau Singapura yang mewajibkan penduduk di usia 18 tahun ikut pendidikan militer.

Adapun pendaftaran komcad dibuka secara sukarela untuk usia 18-35 tahun. Pendaftar akan mengikuti serangkaian seleksi. Jika dinyatakan lulus syarat awal, dilanjutkan dengan mengikuti latihan militer selama tiga bulan.

Setelah itu, barulah peserta diangkat menjadi komponen cadangan. Para komcad juga akan memiliki komandan pasukan. Selain itu, komponen ini bakal diberikan latihan penyegaran dalam waktu tertentu secara reguler.

Selesai mengikuti latihan dasar, mereka dipersilakan kembali menjalani profesi semula.

Komponen cadangan nantinya hanya akan digunakan saat kondisi darurat. Mereka baru diturunkan setelah ada perintah mobilisasi dari Presiden dan disetujui oleh DPR.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan akan segera membuka pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) Pertahanan.

Dikutip dari laman Kemhan, Selasa (4/5/2021), seleksi penerimaan akan diadakan pada minggu pertama hingga ketiga Juni 2021.

Selanjutnya, pendidikan pelatihan dasar kemiliteran akan diselenggarakan selama tiga bulan yamg dimulai sejak minggu keempat Juni hingga September 2021.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) memastikan bahwa perekrutan Komcad dilakukan atas dasar sukarela masyarakat.

Sebagai langkah awal, pendidikan dan pelatihan akan dilaksanakan di Pulau Jawa dengan alokasi calon Komcad sebanyak 2.500 orang.

Pendidikan akan dilaksanakan di beberapa Rindam yang ada di Pulau Jawa yaitu Rindam Jaya/Jayakarta, Rindam III/Siliwangi,  Rindam IV/Diponegoro, dan Rindam V/Brawijaya.

Lebih lanjut, penerimaan tahap pertama diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa, PNS, dan pegawai BUMN atau swasta, serta pembina muda Pramuka.

Sumber: JIBI/Bisnis Indonesia Tag: alutsista Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Luhut dan Prabowo Setuju Beli Kapal Perang Baru dari Denmark, Ini Tujuannya 1 year ago
Prabowo Ungkap Anggaran Alutsista Indonesia Kecil Dibanding Negara Tetangga, Minta Dinaikkan 1 year ago
Prabowo Subianto Terima Pesan Jokowi Soal Pengadaan Alutsista 1 year ago
RUU Kerja Sama Pertahanan Indonesia dengan Rusia Disahkan 2 years ago
8 Helikopter Apache AH-64E Bikinan AS Perkuat TNI AD 3 years ago

Berita Pilihan

Bantu Sambung Listrik Warga Tidak Mampu, PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride Seks untuk Suap Pejabat! Indonesia Peringkat Teratas soal Kasus Korupsi Seks Kondisi Terkini Yahukimo Papua, Polri: Aman Terkendali BIN Bantu Percepatan Vaksinasi di Gunungkidul Ribuan Santri dan Pelajar Ikut Vaksinasi Massal dari Polres Magelang
Berita Terbaru
Novel Sebut Tahu 'Orang Dalam' Azis Syamsuddin, Ini Reaksi KPK 27 minutes ago
Bareskrim Polri Bentuk Dua Tim Khusus untuk Tumpas Pinjol Ilegal di Indonesia 47 minutes ago
Gempa Bali, 4 Orang Tertimbun Material 1 hour ago
Bali Diguncang Gempa Magnitudo 4,8: Ini Foto-foto Kerusakannya 2 hours ago
Bantu Sambung Listrik Warga Tidak Mampu, PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride 2 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
PDIP Panggil Kader yang Deklarasi Dukung Ganjar Capres 2024 3 hours ago
Lewat Youtube, Novel Baswedan Jelaskan Soal Taliban di KPK 4 hours ago
Pilpres 2024: Capres dan Cawapres yang Diusung PDIP Akan Diputuskan oleh Megawati 5 hours ago
Mahasiswa Korban Smackdown Polisi Sempat Dilarikan ke RS karena Kondisi Memburuk 5 hours ago
11 Siswa MTs di Ciamis Tewas Tenggelam Saat Susur Sungai pada Jumat Malam 9 hours ago