News

Keluarga Awak KRI Nanggala 402 Terima Tali Asih

Penulis: Newswire
Tanggal: 11 Mei 2021 - 02:37 WIB
FOTO ARSIP-Sejumlah prajurit TNI-AL awak kapal selam KRI Nanggala-402 berada di atas lambung kapal setibanya di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim, Senin (6/2/2012). - ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Harianjogja.com, SURABAYA - Sebanyak 16 anggota keluarga awak KRI Nanggala 402 ber-KTP Surabaya yang gugur saat bertugas mendapat tali asih dari pemerintah kota setempat yang diberikan secara langsung di Balai Kota Surabaya, Senin (10/5/2021). 

"Semoga tali asih ini bermanfaat," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menyerahkan santunan di Balai Kota Surabaya, Jatim.

Selain tali asih, Wali Kota Surabaya juga menyerahkan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) kepada keluarga awak KRI Nanggala 402.

Acara tersebut selain dihadiri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beserta istri juga dihadiri Wakil Wali Kota Surabaya Armuji beserta jajaran Forkopimda Surabaya, dan juga Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal.

Pada kesempatan itu, Eri menyampaikan bahwa pihak keluarga itu pasti membutuhkan sejumlah dokumen administrasi kependudukan, baik untuk kepengurusan ahli waris dan keperluan lainnya.

Oleh karena itu, kata dia, Pemkot Surabaya memberikan dokumen adminduk itu tanpa harus diminta atau diajukan oleh pihak keluarga. "Jadi, pemkot memberikan kemudahan, kita selesaikan adminduknya dan kita berikan hari ini semuanya," kata Eri.

Baca juga: Daging Ayam Busuk dan Daging Sapi Bercacing Ditemukan di Pasar Kota Magelang

Menurutnya, masing-masing keluarga, mendapatkan dokumen adminduk berupa akta kematian, KK, dan KTP istri. Sedangkan anak-anaknya mendapatkan tali asih berupa uang saku dalam buku tabungan.

"Kami berharap, administrasi kependudukan yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk kepentingan keluarga," katanya.

Eri juga menyampaikan bahwa putra-putri awak KRI Nanggala 402 itu akan mendapatkan beasiswa dari Pemkot Surabaya, akan ditanggung biaya pendidikannya mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah.

Ia memastikan, komitmen untuk memberikan beasiswa dan mengawal pendidikan putra-putri para patriot ini sudah disampaikannya sejak awal tragedi tenggelamnya KRI Nanggala 402 ini.

"Kenapa kami tanggung? Karena putra-putri mereka harus hebat seperti kehebatan yang telah ditunjukkan oleh ayahnya. Jadi, anak-anaknya pun harus menjadi orang hebat. Pemerintah hadir untuk memastikan mereka menjadi orang-orang hebat dalam melanjutkan perjuangan orang tuanya dalam membela bangsa Indonesia ini," katanya.

Selain itu, Wali Kota Eri juga menyampaikan bahwa para orang tuanya atau istri awak KRI Nanggala yang mau menggerakkan UMKM atau akan menjadi tenaga lainnya, termasuk di lingkungan pemkot, ia pun siap memfasilitasinya.

Bahkan, ia juga memastikan akan memberikan modal, pendampingan pelatihan hingga pemasarannya hingga berjalan.

"Itulah yang dapat kami lakukan untuk membantu perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam membela dan menjaga NKRI ini. Jadi, sekali lagi kami pastikan bahwa kami akan terus mendampingi keluarga patriot itu. Pemkot akan selalu hadir di tengah-tengah mereka," katanya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal mengaku sangat terharu dengan apa yang dilakukan oleh Wali Kota Surabaya beserta jajarannya. Ia mewakili pihak keluarga besar TNI Angkatan Laut dan atas nama keluarga patriot KRI Nanggala 402 pihaknya menyampaikan terima kasih.

"Apresiasi yang tiada terhingga kepada Bapak Wali Kota dan jajarannya yang sudah memberikan empati, simpati dan perhatian bahkan kunjungan langsung ke rumah-rumah keluarga patriot," katanya.

Oleh karena itu, ia meminta ibu-ibu para keluarga patriot untuk menerima apresiasi, empati dan simpati ini, sembari ia mengajak untuk selalu mendoakan Wali Kota Surabaya beserta jajarannya supaya diberikan kesehatan dan mampu memimpin Kota Surabaya semakin lebih baik lagi ke depannya.

"Sekali lagi kami atas nama keluarga patriot mengucapkan terimakasih banyak. Atas nama angkatan laut kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya," katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Berita Terkait

Belum Ditemukan, Tim SAR Gabungan Ubah Metode Pencarian Lansia Hilang di Kali Code
Satlinmas Rescue Istimewa: Waspadai Lebeng di Sekitar Pantai Parangtritis!
Pencarian Lansia Hilang di Sungai Code Diperluas Sejauh 8,5 Km
Mulai Dipadati Wisatawan, Polres Kulonprogo Imbau Pengunjung Tak Mandi di Pantai Glagah

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Dapat 4 Karangan Bunga dari Masyarakat, KPU Sragen Anggap Wujud Kepercayaan
  2. 5 Daerah Penghasil Cabai Rawit Terbanyak di Jatim, Nomor 1 Kabupaten Kediri
  3. Arus Balik Lebaran 2024: 1,7 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek
  4. Huawei Band 9 Meluncur 25 April, Harga Promo Rp499.000

Berita Terbaru Lainnya

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal
Pilgub Jakarta 2024, Demokrat Bakal Calonkan Dede Yusuf
Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang
Ingin Kawal Demokrasi, Barikade 98 Mengajukan Diri Jadi Amicus Curiae dalam Sengketa Pilpres
Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang
Pengakuan Warga Kota Isfahan, Terkait Kabar Israel Serang Iran
Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel
Gunung Ruang Erupsi, Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang
2 Pesawat Penerbangan Sipil Ini Langsung Putar Haluan Hindari Serangan Israel ke Iran
Ledakan di Isfahan Diklaim Karena Sistem Pertahanan Iran Aktif, Bukan Akibat Rudal Israel