HomeNews

Mahfud Ajak Warga Anggap Covid-19 seperti Flu Biasa

Oleh:Mutiara Nabila
26 Juli 2021 - 16:17 WIB

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Mahfud MD - Antara/Jojon

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik menghadapi pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam Dialog Virtual Menko Polhukam dengan Tokoh Agama Jawa Barat secara virtual, Minggu (25/7/2021).

Gimana untuk meningkatkan imunitas? Kita melakukan ketenangan, mari bangun ketenangan masyarakat, jangan ditakut-takuti. Bahwa penyakit ini sama dengan flu, kalau kita tenang ini sama dengan flu biasa, beli obat selesai. Anggap begitu saja, karena ini ada vaksinnya, ada obat dan caranya menghadapi sehingga kita tenang menghadapi hal-hal semacam itu,” kata Mahfud Minggu (25/7/2021).

Dia juga menyebutkan dalil dari Bapak Kedokteran Modern Ibnu Sina yang mengatakan kalau ingin sembuh cukup tenang saja dan jangan panik, karena ketenangan adalah separuh obat, dan panik separuh penyakit.

“Anda panik sudah sakit separuh. Kalau kita tenang kita sudah sembuh separuh. Tinggal fisiknya sabar, berdoa, mencari obat. Sabar itu tangguh untuk berjuang, termasuk mencari obat, usaha itu permulaan dari kesembuhan,” ujarnya.

Dia pula menyebutkan dalil Imam Nawawi bahwa untuk mencari tenang dia tulis ada 5, pertama baca Quran atau kitab suci agama apa pun, karena kitab suci mengajarkan yang baik-baik dan memberikan ketenangan.

Kedua bangun malam dan berdoa; ketiga bertemu berkumpul dengan orang-orang baik; keempat menahan diri, tidak rakus, dan tidak maruk, serta tidak mengumbar hawa nafsu; kelima kontemplasi, apa kesalahan kepada tuhan dan apa yang bisa kamu berikan kepada masyarakat.

Kendati demikian, dia tetap meminta pemerintah serta para tokoh baik tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk menyadarkan rakyat bahwa Covid-19 ini ada bahaya dan akibat yang ditimbulkan sehingga harus kampanye usaha melalui patuh dan disiplin protokol kesehatan.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Virus Corona Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Vaksinasi di Objek Wisata Ketep Pass Mendapat Apresiasi dari Waaster Kasad 64 Anak di Kota Magelang Kehilangan Orang Tua karena Covid-19 Kemenkes Mengaku Kesulitan Lunasi Tunggakan Klaim Rumah Sakit Tahun Ini Demi Menyapa Warga Seberang Sungai, Presiden Jokowi Naik Perahu Nelayan Presiden Jokowi Ungkap Tidak Mudah Datangkan Vaksin, Jadi Rebutan Semua Negara
Berita Terbaru
Risiko Long Covid pada Anak-Anak Jauh Lebih Rendah 19 minutes ago
Polri Periksa 4 Penjaga Rutan dalam Kasus Penganiayaan oleh Napoleon 59 minutes ago
Vaksinasi di Objek Wisata Ketep Pass Mendapat Apresiasi dari Waaster Kasad 1 hour ago
Bawa Kabur Miliaran Rupiah, Bandar Arisan Online Salatiga Tertangkap 1 hour ago
64 Anak di Kota Magelang Kehilangan Orang Tua karena Covid-19 2 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Update Corona Indonesia 23 September: Positif 2.881, Jateng Tertinggi 2 hours ago
Jadi Tersangka KPK, Segini Kekayaan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin 3 hours ago
Kemenkes Mengaku Kesulitan Lunasi Tunggakan Klaim Rumah Sakit Tahun Ini 4 hours ago
Demi Menyapa Warga Seberang Sungai, Presiden Jokowi Naik Perahu Nelayan 4 hours ago
Presiden Jokowi Ungkap Tidak Mudah Datangkan Vaksin, Jadi Rebutan Semua Negara 4 hours ago