HomeNews

Vaksinasi di Objek Wisata Ketep Pass Mendapat Apresiasi dari Waaster Kasad

Oleh:Nina Atmasari
23 September 2021 - 19:47 WIB

Wakil Asisten Teritorial Kasad Bidang Perencanaan dan Kemampuan Teretorial, Brigjen TNI Sugiyono berbincang dengan penerima vaksin di Ketep Pass, Sawangan Kabupaten Magelang, Kamis (23/9/2021). - Ist/dok Prokompim Pemkab Magelang

Harianjogja.com, MAGELANG- Kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar di destinasi wisata Ketep Pass, Sawangan, Kabupaten Magelang mendapatkan apresiasi dari Wakil Asisten Staf Teritorial (Waaster) Kasad Bidang Perencanaan dan Kemampuan Teritorial Brigjen TNI Sugiyono.

"Saya menilai pelaksanaan vaksinasi di tempat ini [destinasi wisata Ketep Pas] cukup improvisasi. Jadi ada unsur rekreatifnya pada saat akan divaksin, sehingga masyarakat lebih santai dan tensinya pun bisa normal," katanya, dalam kegiatan serbuan teritorial di tahun 2021 yang dipusatkan di Kecamatan Sawangan, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan serbuan teritorial di tahun 2021 yang dipusatkan di Kecamatan Sawangan tidak hanya terfokus pada sasaran fisik semata, namun juga sasaran non fisik seperti penyuluhan pencegahan stunting atau sumber gizi yang baik untuk ibu hamil dan anak dari Dinkes Kabupaten Magelang, penyuluhan tentang Posyandu dari PPPA dan PPKB Kabupaten Magelang, dan penyuluhan tentang Posbindu.

Baca juga: Mobilitas Warga Meningkat Signifikan, Menkominfo Ingatkan Risiko Lonjakan Covid-19

Kemudian penyuluhan Kamtibmas/Narkoba dari Polres Magelang, penyuluhan disiplin dan tertib hukum dari Polres Magelang, penyuluhan Wasbang dari Kesbangpolinmas Kabupaten Magelang, penyuluhan bela negara dari Kodim 0705/Magelang, Penyuluhan Penggunaan Medsos dari Diskominfo Kabupaten Magelang, pembinaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari Disperindag Kabupaten Magelang, penyuluhan Covid-19 dari Dinkes Kabupaten Magelang, Giat Serbuan vaksinasi, dan Baksos dari Kodim 0705/Magelang.

Brigjen TNI Sugiyono menjelaskan bahwa tugas Tim Wasev adalah melihat dan menilai sejauh mana program TMMD itu bisa berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan atau tidak.

"Jenis kegiatannya ada fisik dan non fisik. Untuk non fisik salah satunya adalah program vaksinasi," katanya.

Usai memantau kegiatan non fisik (vaksinasi), ia didampingi Bupati Magelang, Zaenal Arifin meninjau lokasi pembangunan jalan cor blok dan rehab rumah di Desa Ketep yang merupakan lokasi serbuan teretorial TNI Korem 072/Pamungkas Tahun 2021 di wilayah Kodim 0705/Magelang.

Baca juga: Menkes Paparkan 3 Pesan Joe Biden pada ke Jokowi soal Covid-19

"Saya rasa pembangunan fisik di Desa Ketep ini berjalan dengan cukup baik. Kami berharap jalan cor blok ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga tidak perlu memutar terlalu jauh. Semoga semua kegiatan ini kiranya bisa bermanfaat bagi masyarakat apalagi di tengah Pandemi ini," katanya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan kegiatan serbuan teretorial merupakan salah satu program TNI AD dalam upaya meningkatkan, sekaligus memberikan pemahaman akan pentingnya menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.

"Untuk sasaran fisik di Kecamatan Sawangan meliputi pembuatan corblok jalan, saluran air, senderan air, dan 10 rehab rumah. Berkaitan dengan itu semua, perkenankan kami selaku pribadi, dan atas nama pemerintah serta masyarakat Kabupaten Magelang, menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Brigjen TNI Sugiyono yang telah menunjukkan wujud nyata kegotong-royongan," katanya.

Melalui kegiatan serbuan teritorial ini, Zaenal berharap sinergitas dan kemanunggalan Pemerintah Daerah, TNI dan Rakyat akan menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi sebagai upaya meringankan beban masyarakat di masa pandemi yang masih melanda negeri ini.

"Saya berpesan di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang untuk terus bersinergi dengan TNI dan rakyat untuk menggelorakan semangat merawat persatuan dan kesatuan bagi seluruh elemen. Kita harus terus mendorong dan mendampingi masyarakat desa agar berkreasi serta berinovasi untuk menggali dan mengoptimalkan potensi di desa agar lahir kemandirian usaha sehingga masyarakat desa makin sejahtera," katanya.

Tag: Vaksinasi Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
InaHEA: Vaksin Tak Berlabel Halal Dibilang Haram, Giliran Rokok Disikat 2 years ago
Bukan Indonesia, Vaksin Malaria Pertama di Dunia Akan Mulai Digunakan di Kenya 2 years ago
Jogja Siapkan 4.500 Vaksin Rabies Secara Gratis, Pemilik Hewan Piaraan Diimbau Mendaftar 2 years ago
Pemkot Kembali Buka Vaksinasi Satwa Gratis, Segera Daftarkan Hewan Peliharaan Anda 2 years ago
BPOM Klaim Indonesia Negara Islam yang Unggul Mengembangkan Teknologi Vaksin 2 years ago

Berita Pilihan

KPI Jadi Sorotan Lagi, Kali Ini soal Tayangan Polisi Ngotot Periksa HP Warga Demokrat Kubu AHY Benarkan Moeldoko Bagi-bagi Duit Rp25 Juta dan HP La Nina Diprediksi Terjadi Akhir Tahun, BMKG: Kita Harus Siap Kasus Positif Covid-19 di DIY Bertambah 15 Orang, Positif Rate 0,19 Persen Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Bakal Dibangun di Bogor
Berita Terbaru
Kemenag: Libur Digeser Tak Mengurangi Makna Maulid Nabi 24 minutes ago
KPI Jadi Sorotan Lagi, Kali Ini soal Tayangan Polisi Ngotot Periksa HP Warga 1 hour ago
52 Kabupaten/Kota Mulai Terapkan PPKM Level 1 & Ada 9 Masuk di Level 1 1 hour ago
Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati Dinilai Tak Punya Reputasi Ilmiah 1 hour ago
RI-Malaysia Kompak Jaga Stabilitas di Tengah Memanasnya Kawasan Indo Pasifik 2 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Haiti Berkecamuk, FBI Turun Mencari Penculik Belasan Misionaris 2 hours ago
Rencana Pemberian Gelar ke Ma'ruf Amin dan Erick Thohir Tuai Kritik, Ini Klarifikasi UNJ 2 hours ago
Asita: Protokol Kesehatan Telan Ongkos 15 Persen dari Paket Umrah 2 hours ago
Sandiaga Sebut Bali Masih Sepi Turis Asing 3 hours ago
Waspada! Hari Ini Diprediksi Hujan, Petir & Angin Kencang 3 hours ago