HomeNews

Sandiaga Sebut Bali Masih Sepi Turis Asing

Oleh:Nyoman Ary Wahyudi
19 Oktober 2021 - 08:37 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (18/9/2021). - Antara

Harianjogja.com, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penerbangan menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali masih sepi dari wisatawan mancanegara. Sandi menuturkan kementeriannya masih menunggu jadwal penerbangan dari maskapai internasional. 

“Per hari ini masih sepi di penerbangan reguler, ternyata ini setelah dibuka 14 Oktober wisatawan mancanegara maupun kesiapan industri masih terus dikoordinasikan,” kata Sandi saat memberi keterangan pers secara daring, Senin (18/10/2021). 

Sandi menambahkan Kemenparekraf tengah gencar mempromosikan pembukaan Bali kepada sejumlah negara sahabat melalui skema kerjasama dengan biro perjalanan wisata terkait. 

Kendati demikian, dia memastikan, minat wisatawan mancanegara untuk pelesir di Bali relatif tinggi. Dia mengaku sudah mendapat permintaan penerbangan dari Rusia dan Ukraina untuk dapat berwisata di Pulau Dewata itu. 

“Rusia dan Ukraina sudah mulai merencanakan kunjungannya apalagi akan ada libur musim dingin dari bulan November 2021 sampai Februari 2022,” kata dia. 

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I telah menginformasikan kepada seluruh maskapai yang memenuhi persyaratan agar bisa membuka slot penerbangan internasional dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, hingga hari ini masih belum ada maskapai yang mengajukan slot penerbangan internasional berjadwal ke Bandara Bali. “Kami berharap dalam waktu dekat maskapai mulai mengajukan slot penerbangan internasional berjadwal ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, sehingga Bali dapat mulai dikunjungi turis mancanegara secara bertahap,” ujarnya.

AP I, katanya, senantiasa berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan dan mendukung syarat perjalanan udara. Dia pun berharap, pembukaan Bali bagi turis mancanegara secara bertahap dapat berjalan lancar dan bisa menunjukkan kesiapan stakeholders pariwisata Bali dalam menyambut kedatangan turis mancanegara dalam skala lebih besar untuk membantu memulihkan perekonomian. 

Sebagai gambaran, pada 2019 sebelum pandemi Covid-19 merebak, pergerakan penumpang internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali mencapai 13,8 juta dengan total 50 rute dari dan ke berbagai kota dunia. Mengutip data AP I, pesawat terbanyak yang digunakan dalam lalu lintas menuju Bali adalah jenis Boeing 777, Boeing 787, dan Airbus 330.

Sumber: JIBI/Bisnis Indonesia Tag: wisata, penerbangan Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Penerbangan Mayoritas Bakal Pindah ke YIA, Lantai 3 Jadi Terminal Keberangkatan 1 year ago
6 Tips Solo Traveling, Salah Satunya Boleh Bohong 1 year ago
Dari Bandara Sampai Pelabuhan untuk Pariwisata Super Premium Labuan Bajo 1 year ago
Besok Rabu 22 Januari 2020, Pendakian Gunung Sindoro Dibuka Kembali 1 year ago
Patung Gajah Bercorak Zebra di Objek Wisata Jurug Diprotes 1 year ago

Berita Pilihan

Badai Matahari Diprediksi Hari Ini, Begini Dampaknya ke Bumi Bandara Kualanamu Dijual, Ini Profil Investor Asingnya Jelang Nataru, Menteri Muhadjir Beri Pesan untuk Umat Kristiani Musik Kondangan Terlalu Keras, Puluhan Ayam Mati Mendadak Soal UMP, Said Iqbal Akan Adukan Pemerintah ke ILO
Berita Terbaru
Instagram Disdukcapil Ini Dibully Gara-gara Syaratkan Cetak Google Form 17 minutes ago
Kasus Covid-19 di Sejumlah Negara yang Ditemukan Omicron Naik, Kecuali Israel 27 minutes ago
Bidik Potensi Pasar B2B dan UKM XL Axiata Business Solutions Perluas Layanan di Sumatra 37 minutes ago
Presiden Serahkan DIPA K/L dan Daftar Alokasi TKDD 2022 untuk Pemulihan Ekonomi 2 hours ago
Ini Aturan Detail Perjalanan Darat saat Libur Nataru, Wajib Tes PCR? 3 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Penembak Misterius di Exit Toll Bintaro yang Tewaskan 1 Pria Ternyata Anggota Polda Metro Jaya 4 hours ago
WHO Terbitkan Rekomendasi untuk Mengurangi Penularan Varian Omicron 4 hours ago
Lebih Hemat dan Aman, Ini Sederet Keunggulan Kompor Induksi 5 hours ago
Praktik Mafia Tanah Merajelala, Ini Modus yang Biasa Digunakan 5 hours ago
Waspada! Musim Hujan Rawan Penyakit Kencing Tikus Leptospirosis 5 hours ago