HomeNews

Waspada! Hari Ini Diprediksi Hujan, Petir & Angin Kencang

Oleh:Newswire
19 Oktober 2021 - 08:27 WIB

Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Harianjogja.com, JAKARTA--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang melanda sebagian besar wilayah Indonesia secara merata pada Selasa (19/10/2021).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id pertumbuhan awan hujan meliputi wilayah Indonesia bagian barat, bagian tengah juga wilayah Indonesia bagian timur.

Sebagian besar wilayah Sumatera diprakirakan masih akan diguyur hujan dengan intensitas lebat disertai kilat maupun petir juga angin kencang dari wilayah Sumatera Utara hingga Lampung kecuali wilayah Aceh, Kepulauan Riau serta Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara untuk wilayah Kalimantan sebagian besar diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas lebat disertai kilat dan petir juga angin kencang. Tidak jauh berbeda dengan wilayah Kalimantan, sebagian besar wilayah Sulawesi akan diguyur hujan dengan intensitas yang sama maupun juga angin kencang.

Prakiraan cuaca wilayah Indonesia bagian timur untuk wilayah Maluku Utara, Papua Papua Barat, diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas lebat disertai kilat maupun petir juga angin kencang.

Berikutnya untuk wilayah selatan Indonesia hujan disertai kilat maupun petir juga angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten serta DKI Jakarta.

Sementara itu, prakiraan cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia juga didominasi awan hujan, di antaranya di Banda Aceh, Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Makassar, Kendari, Padang dan Medan.

Kondisi cuaca berawan dan cerah berada di Bengkulu, Gorontalo, Surabaya, Tanjung Pinang, Ternate, Kupang, Jayapura. Adapun situasi suhu di kota besar rata-rata berkisar 20 hingga 35 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan berkisar 50 hingga 100 persen. BMKG mengimbau masyarakat senantiasa waspada jika ingin beraktivitas di luar ruangan.

Sumber: Antara Tag: Prediksi cuaca, cuaca ekstrem, Angin kencang Editor: Sunartono

Artikel Terkait
BMKG Prediksi Hujan Lebat Bakal Berlangsung hingga Pekan Depan 1 year ago
Jelang Hari Raya Imlek, Cuaca di DIY Diprediksi Cerah 1 year ago
Hari Ini, Jogja dan Sekitarnya Diprediksi Tidak Hujan 1 year ago
BMKG DIY: Setelah Masa Cuaca Panas Selesai, Waspadai Hujan Angin 1 year ago
Cuaca di DIY Masih Panas hingga 3 Hari ke Depan 1 year ago

Berita Pilihan

Sri Mulyani Curhat Pernah Rangkap Jabatan Menteri, Gajinya Satu Badai Matahari Diprediksi Hari Ini, Begini Dampaknya ke Bumi Bandara Kualanamu Dijual, Ini Profil Investor Asingnya Jelang Nataru, Menteri Muhadjir Beri Pesan untuk Umat Kristiani Musik Kondangan Terlalu Keras, Puluhan Ayam Mati Mendadak
Berita Terbaru
Viral Video Habib Menolak Dicium Tanggannya oleh Santri, Ternyata Ini Alasannya 20 minutes ago
Omicron Merebak, Luhut: Booster Vaksin Mulai Januari 2022 1 hour ago
KSAD Minta Peserta Reuni 212 Bubar 1 hour ago
Sri Mulyani Curhat Pernah Rangkap Jabatan Menteri, Gajinya Satu 2 hours ago
Peserta Reuni 212 Terancam Pasal Berlapis, Pengacara Rizieq Pilih Bungkam 2 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Kemenhub Siapkan Rp442,7 Miliar untuk Pengembangan 5 Destinasi Wisata 2 hours ago
Masih Berduka, Keluarga Almarhum Ustaz Arifin Tolak Reuni Akbar 212 3 hours ago
Jokowi Sudah Perintahkan Jajarannya untuk Siaga terhadap Omicron 3 hours ago
Polda Sebut Tidak Ada Pengamanan Khusus untuk Reuni 212 3 hours ago
Kerumunan Reuni 212 Dibubarkan 4 hours ago