HomeNews

Badai Matahari Diprediksi Hari Ini, Begini Dampaknya ke Bumi

Oleh:Ahmad Thovan Sugandi
28 November 2021 - 08:37 WIB

Planet Matahari - JIBI

Harianjogja.com, JAKARTA - Para astronom dan peneliti di SpaceWeather.com telah memperingatkan kedatangan badai matahari terpanjang sepanjang sejarah akan menghantam bumi pada Minggu, 28 November 2021.

Badai tersebut tidak boleh diremehkan karena terbukti berdampak pada berbagai gangguan terutama terkait jaringan dan internet. Berikut adalah dampak dari bada matahari terhadap infrastruktur teknologi di bumi.

1. Kabel Bawah Laut
Infrastruktur kabel bawah laut sangat rentan terdampak dan mengalami kerusakan saat badai matahari menerjang. Badai tersebut merupakan lonjakan energi magnetik yang disebabkan oleh badai tersebut dapat merusak repater yang terdapat pada kabel bawah laut.

2. Jaringan Internet Terganggu
Badai matahari dapat mengganggu bahkan merusak jaringan internet yang ada di bumi. Secara alami matahari terus melemparkan partikel bermuatan magnetik ke arah planet-planet di sekitarnya.

Partikel tersebut dalam jumlah yang normal dapat ditepis oleh lapisan ozon. Sedangkan dalam badai matahari muntahan partikel menjadi lebih banyak dan tidak dapat dinetralisir oleh lapisan pelindung bumi.

Partikel yang mencapai bumi dapat merusak jaringan internet, bahkan di tingkat yang sangat ekstrim dapat merusak seluruh jaringan dan membuat akses internet lumpuh total.

3. Jaringan Radio Terganggu
Fasilitas yang menggunakan gelombang radio juga akan terganggu oleh adanya badai matahari. Saat terjadi badai siaran radio dapat tidak berfungsi sepenuhnya karena paparan partikel bermuatan magnetik.

Masyarakat tentu harus waspada dengan kedatangan badai tersebut, tetapi disarankan untuk tidak panik maupun khawatir berlebihan. Hal itu karena sangat jarang badai matahari dapat menimbulkan kerusakan yang fatal dan menyeluruh.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Tata Surya Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Badai Matahari Terjang Bumi pada 20 Januari 2022, Begini Penampakannya 2 days ago
5 Asteroid Dekati Bumi Sepanjang Januari 2022, 1 Seukuran Bangunan Besar 2 weeks ago
Puncak Hujan Meteor Quadrantid Terjadi pada 4 Januari, Ada 200 Meteor Per Jam 3 weeks ago

Berita Pilihan

Mulai 1 Januari 2022, Ini Kebijakan Pajak Penghasilan Terbaru Ayah Vanessa Angel Siap Polisikan Para Haters Mahfud Salah Tulis 2022 Jadi 2032 saat Ucapkan Tahun Baru, Warganet Bereaksi.. Kota Semarang Banjir saat Malam Pergantian Tahun Baru Pergantian Tahun Baru 2022 di Kota Magelang Kondusif
Berita Terbaru
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo Positif Covid-19 6 hours ago
Kondisi Ribuan Truk di Indonesia Mirip Truk yang Kecelakaan Balikpapan 6 hours ago
Bupati Langkat di Pusaran Suap dan Perbudakan Manusia 7 hours ago
PPKM Jawa Bali 24—31 Januari, DIY Tetap Level 2 8 hours ago
Bangun Kerangkeng di Rumah, Bupati Langkat Diduga Memperbudak Pekerja Sawit 11 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Pandemi Belum Berakhir, Paguyuban Tionghoa Tebar 18.690 Paket Sembako di Banyumas 18 hours ago
Update Covid 19: Kasus Baru 2.927 19 hours ago
Heboh Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat 20 hours ago
Minyak Goreng Rp14.000 Dijual di Pasar Mulai Pekan Ini 21 hours ago
Invasi Rusia di Depan Mata, AS Perintahkan Keluarga Staf Kedubesnya Tinggalkan Ukraina 1 day ago