HomeNews

Anoman Datangi Rumah Warga Kalinegoro untuk Vaksinasi Covid-19

Oleh:Nina Atmasari
02 Desember 2021 - 21:47 WIB

Painem mendapatkan vaksinasi di depan rumahnya di Desa Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, Kamis (2/12/2021). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Harianjogja.com, MAGELANG- Beragam cara dilakukan guna menarik minat warga agar ikut vaksinasi Covid-19. Di Desa Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, vaksinasi dilakukan dengan melibatkan tokoh wayang Anoman.

Seorang pria didandani menjadi mirip Anoman. Ia memakai baju putih, celana putih dan selendang batik. Selain itu, wajahnya juga ditutupi dengan topeng dengan mulut moncong sertapenutup kepala bulat. Pria itu bahkan memoles mukanya menjadi berwarna putih sehingga menunjukkan dirinya totalitas dalam memerankan tokoh Anoman.

Tokoh tersebut mendampingi bersama sejumlah tenaga kesehatan (nakes) berjalan menyusuri perumahan padat penduduk di Perumnas Kalinegoro. Di depan rumah warga mereka berhenti. Seorang perempuan renta bernama Painem tergopoh-gopoh keluar dari rumah tersebut. Anoman dengan sigap membantu Painem berjalan menggunakan alat bantu, lalu duduk di kursi.

Baca juga: Agar Tak Liburan Akhir Tahun, Siswa di Bantul Bakal Dibebani Banyak Tugas

“Akhirnya bisa ikut vaksinasi. Mau berangkat ke Balai Desa apalagi Puskesmas susah jalannya. Untunglah ada vaksin ke rumah, jadi saya bisa ikut,” kata Painem, 75, kepada petugas yang memeriksa kesehatannya, dalam vaksinasi bersama Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, Kamis (2/12/2021).

Kepada Desa Kalinegoro, Hajid Mulyono mengungkapkan dari total sekitar 10.000 warga sasaran vaksinasi Covid-19 di desanya, saat ini masih ada sekitar 15% yang belum divaksin. “Mereka yang belum divaksin adalah warga yang kesulitan mendatangi lokasi vaksin, seperti Mbah Painem ini. Jadik ketika ada vaksinasi door to door, ini sangat membantu warga kami yang belum divaksin,” katanya.

Menurut Hajid, dengan mengajak Anoman, beberapa warga yang semula tidak bersedia divaksin karena sejumlah faktor tersebut, akhirnya bersedia. Antusias warga bertambah setelah melihat anoman. Bahkan yang semula takut, menjadi berani. Dari capaian vaksinasi ini, ia berharap bisa mendukung tercapainya herd immunity (kekebalan komunal) pada akhir 2021. 

Baca juga: Galon Isi Ulang Terancam Hilang karena Perubahan Aturan

Kabag Ops Binda Jateng, Isworo Winahyo yang hadir pada kegiatan itu menyebutkan ada sebanyak 4.000 dosis vaksin disiapkan Binda Jateng, untuk pelaksanakan vaksinasi di tiga kecamatan di Kabupaten Magelang meliputi Kecamatan Candimulyo, Mertoyudan dan Mungkid.  Vaksinasi ini menyasar pelajar dan masyarakat secara door to door, mendatangi langsung ke rumah warga.

Tenaga kesehatan dari Binda Jateng, katanya, menyisir warga yang belum melaksanakan vaksin terutama kelompok difabel dan lansia. “Pelaksanaan door to door diharapkan mampu meningkatkan capaian vaksinasi wilayah yang menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi,” katanya.

Adapun vaksinasi pelajar diharapkan dapat membantu terselenggaranya PTM (pembelajaran tatap muka).

Menurut Isworo, saat ini seluruh jajaran Binda Jateng sedang berupaya keras untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat. Hal ini untuk mendukung kebijakan Kepala BIN untuk menyelesaikan target 2 juta dosis vaksin secara nasional dalam dua bulan dan Binda Jateng mendapatkan alokasi sebesar 177.000 dosis yang harus dihabiskan hingga akhir 2021.

"Kami optimis dengan Kerjasama seluruh pihak target tersebut dapat kami selesaikan dan dapat membantu wilayah mencapai target 70 persen vaksinasi," katanya.

Isworo juga berharap pada libur Nataru 2022 mendatang, masyarakat dapat menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah untuk menekan persebaran covid-19. "Dengan terselenggaranya program ini, kami berharap aktivitas masyarakat di wilayah dapat kembali seperti sediakala, seperti sebelum terjadinya pandemi," harapnya. (Nina Atmasari)

Tag: Vaksinasi Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Pemberian Vaksin Booster ASN & Guru Kota Jogja Rampung Pekan Depan 1 hour ago
Vaksinasi Booster Sasar 12.000 ASN & Guru di Kota Jogja 6 hours ago
Vaksin Covid-19 Rutin Setahun Sekali Lebih Efektif daripada Booster 3 days ago
Peneliti Uji Coba Vaksinasi Covid-19 lewat Hidung Bukan Suntikan 4 days ago
Dua Ormas di Bantul Diterjunkan Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19 5 days ago

Berita Pilihan

Mulai 1 Januari 2022, Ini Kebijakan Pajak Penghasilan Terbaru Ayah Vanessa Angel Siap Polisikan Para Haters Mahfud Salah Tulis 2022 Jadi 2032 saat Ucapkan Tahun Baru, Warganet Bereaksi.. Kota Semarang Banjir saat Malam Pergantian Tahun Baru Pergantian Tahun Baru 2022 di Kota Magelang Kondusif
Berita Terbaru
Tinjau Kampung Lele, Menteri Kelautan dan Perikanan Optimistis Boyolali Jadi Roda Penggerak Ekonomi Sektor KP di Jateng 6 minutes ago
Ini Cara Mendaftar Beasiswa LPDP 2022/2023 2 hours ago
Meski Terkendala Jalan Putus, PLN Berhasil Normalkan Listrik di Pekalongan 10 hours ago
Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah 11 hours ago
Nadiem Makarim Dianggap Belum Berpihak kepada Guru Honorer 21 hours ago

Terpopuler

Pemberontak Myanmar Serang Kantor Polisi dan Bunuh Belasan Anggota Keamanan Warga Magelang Jadi Tersangka Penerbangan Balon Udara Berisi Petasan KECELAKAAN LION AIR: Angkasa Pura I Selidiki Arahan ATC JT 960 5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus Kesadaran Berasuransi Mulai Meningkat saat Pandemi
Bandara Halim Perdanakusuma Resmi Ditutup, 67 Pesawat Komersial Terdampak 22 hours ago
Indonesia Simpan Banyak Potensi Logam Paling Langka di Dunia, Tersebar di Tiga Pulau 1 day ago
Kasus Covid-19 di Jakarta Meroket Hingga 3.509 1 day ago
Tol Jogja-Bawen Digadang-gadang Tingkatkan Kesejahteraan Warga Magelang 1 day ago
Cek Rekening Penipu Bisa secara Online, Begini Caranya 1 day ago