HomeNews

Dikaitkan dengan Calon Pemimpin IKN, Ini Karya Arsitektur Ridwan Kamil

Oleh:Sunartono
24 Januari 2022 - 14:27 WIB

Ridwan Kamil saat berkunjung ke Kota Jogja beberapa waktu lalu.

Harianjogja.com, JOGJA--Nama Ibu Kota Negara (IKN) yang sedang dibangun disepakati bernama Nusantara. Presiden Joko Widodo menyatakan salah satu syarat sosok yang akan memimpin IKN adalah memiliki latar belakang arsitek.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun disebut-sebut publik menjadi salah satu kandidat sebagai calon pemimpin IKN. Sebagaimana diketahui, RK, sapaan akrab Ridwan Kamil memiliki latar belakang sebagai dosen Arsitektur ITB dan menjadi pendiri perusahaan di bidang perencanaan desain arsitektur, Urbanne.

Sejumlah karya Ridwan Kamil arsitektural di level internasional antara lain proyek besar Waterfront Master Plan di Singapura atau dikenal dengan Marina Bay. Kemudian sekitar 2002 saat bekerja di salah satu perusahaan di Hongkong, RK ikut merancang Ningbo Newtown di China.

Di negara yang sama RK merancang Beijing Finance Street Super Block. Adapun di Asia Tenggara mendesain district 1 Saigon South Residential Master Plan di Saigon, Vietnam.

Baca juga: Anggaran Ibu Kota Baru di APBN 2022 Belum Jelas

Lulusan University of California, Berkeley ini juga memiliki banyak karya di dalam negeri mulai dari Masjid 99 Kubah di Kota Makassar hingga Masjid berbahan batako, dari abu letusan Gunung Merapi, Museum Tsunami di Aceh kemudian Sekolah anti gempa di Pangalengan Bandung dan kawasan elit di Kuningan Jakarta.

Saat dimintai komentar terkait IKN dengan latar belakang arsitek, Ridwan Kamil tak ingin berandai-andai. Karena menurutnya, banyak orang berlatar belakang arsitek di Indonesia.

"Saya tidak mau berandai-andai, siapa pun yang terpilih harus mampu membangun ibu kota yang diputuskan di Kalimantan," katanya.

Presiden Joko Widodo menyebutkan syarat menjadi pemimpin IKN adalah pernah memimpin daerah dan berlatar belakang arsitek. “Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek,” kata Presiden Jokowi. 

Tag: Ibu Kota Indonesia Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
60.000 ASN Bakal Pindah ke Ibu Kota Baru pada 2024 1 month ago
Pembangunan IKN Dijatah Rp30 Triliun di APBN 2023 1 month ago
Kementerian PUPR Gandeng Korsel di Proyek IKN, Ini Alasannya 1 month ago
Begini Sistem Jaringan Transportasi di IKN Nusantara 1 month ago
Rachmat Gobel Ajak Jepang Investasi di IKN 1 month ago

Berita Pilihan

Pengamat: Koalisi Golkar, PAN dan PPP Tinggal Tentukan Capres dan Cawapres Golkar, PPP, dan PAN Sepakat Perangi Politik Identitas Pelaku LGBT & Zina Dijerat Hukum? Mahfud MD Beri Jawaban Hore! Google Translate Tambah 24 Bahasa Baru Arus Balik, Cek Syarat Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh
Berita Terbaru
Elon Musk Disebut Bakal Investasi di Indonesia, Sektor Apa? 18 minutes ago
Airlangga Hartarto: Halal Bihalal Golkar Momen Persiapkan Kemenangan 2024 58 minutes ago
Ratusan UMKM Halal Bakal Ikuti Pameran di JEC 1 hour ago
Prakiraan Cuaca 19 Mei 2022: Jogja Hujan Disertai Petir 1 hour ago
THR Karyawan Dunkin Donuts Nunggak 2 Tahun 1 hour ago

Terpopuler

Aturan Terbaru Terbit! Pelaku Perjalanan Luar Negeri Wajib Pakai Masker 3 Lapis Parah! India Dihantam Gelombang Panas 49,2 Derajat Celcius Ini Syarat Terbaru Naik Pesawat Menurut Aturan Kemenhub Pengamat Prediksi Nasdem Gabung Koalisi Indonesia Bersatu Ini Aturan Baru Naik KRL dan Kereta Api yang Berlaku Mulai Sekarang
19 Mei 2022: Harga Emas Pegadaian Mulai Rp514.000 2 hours ago
Erick Sebut Transformasi Kultural Jadi Kunci Menangkan Persaingan 3 hours ago
Erick: BUMN Harus Kembali ke Khittah sebagai Perusahaan yang Sehat dan Berdaya Saing 3 hours ago
Beri Kuliah Umum di UNS, Menteri Investasi/ Kepala BKPM RI : Saya Dulu “Konglomelarat” 4 hours ago
Hasil Survei: Skema KPR Masih Favorit Masyarakat Indonesia untuk Beli Rumah 13 hours ago