HomeNews

Wow! Akan Ada Tol Bawah Air Menuju IKN Nusantara

Oleh:Yanita Petriella
24 Januari 2022 - 15:47 WIB

Layar menampilkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian PUPR Danang Parikesit memberikan keynote speech saat diskusi secara virtual di Jakarta, Rabu (8/12/2021). Bisnis - Abdurachman

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemerintah berencana akan membangun jalan tol bawah air yang rencananya akan menghubungkan ruas Tol Balikpapan–Samarinda (Balsam) dengan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, saat ini pengembangan jalan tol di bawah air tersebut masih dalam tahap perencanaan teknis terinci, atau Detail Engineering Design (DED).

Selama ini, jalan tol untuk menyeberangi sungai atau muara menggunakan jembatan. Padahal, saat ini Indonesia sudah memiliki teknologi submersible crossing atau terowongan penyeberangan bawah air.

“Jadi ada terowongan itu ditenggelamkan di laut atau sungai, sehingga bisa melintas. Dalam bahasa umum tol bawah laut. Bapak Dirjen Bina Marga menginginkan bahwa teknologi yang kami pakai itu adalah teknologi yang terbaik, termasuk salah satunya adalah pemanfaatan submersible crossing,” ujarnya dalam Konferensi Pers, Senin (24/1/2022).

Rencananya, tol tersebut akan menghubungkan ruas Tol Balsam dengan kawasan IKN Nusantara yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Baca juga: Bocoran Jokowi! Siapa yang Bakal Pindah Ke IKN pada 2024?

Adapun, detail lokasi untuk terowongan penyeberangan bawah air yang akan tersambung dengan jalan tol Balsam tersebut masih dalam tahap penyiapan DED oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Nanti akan ada satu tempat, di mana akan tersambung ke IKN, dan disitulah nanti pada saat akan menyeberang sungai, maka akan menggunakan terowongan penyeberangan bawah air,” tuturnya.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menuturkan bahwa rencana pembangunan tol bawah air tersebut bertujuan untuk melindungi kawasan area lindung di sekitar IKN.

“Jadi kami tidak mau di area lindung itu dirusak. Kemudian juga terdapat area rawa di sekitarnya, sehingga akses konektivitas jalannya melalui tol bawah air,” katanya.

Sumber: bisnis.com Tag: jalan tol Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Proyek Jalan Tol Jogja-YIA Tersendat Lagi, Ini Penyebabnya 1 week ago
Jasa Marga Kembali Perpanjang One Way, Ini Titik Pemberlakuannya 1 week ago
Sistem Satu Arah di Jalan Tol Ditutup Bertahap 2 weeks ago
Para Pemudik, Ini Daftar Lengkap Rest Area Tol Trans Jawa 3 weeks ago
Daftar 2.500 Km Jalan Tol yang Beroperasi Saat Periode Mudik Lebaran 3 weeks ago

Berita Pilihan

Pengamat: Koalisi Golkar, PAN dan PPP Tinggal Tentukan Capres dan Cawapres Golkar, PPP, dan PAN Sepakat Perangi Politik Identitas Pelaku LGBT & Zina Dijerat Hukum? Mahfud MD Beri Jawaban Hore! Google Translate Tambah 24 Bahasa Baru Arus Balik, Cek Syarat Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh
Berita Terbaru
Elon Musk Disebut Bakal Investasi di Indonesia, Sektor Apa? 44 minutes ago
Airlangga Hartarto: Halal Bihalal Golkar Momen Persiapkan Kemenangan 2024 1 hour ago
Ratusan UMKM Halal Bakal Ikuti Pameran di JEC 1 hour ago
Prakiraan Cuaca 19 Mei 2022: Jogja Hujan Disertai Petir 2 hours ago
THR Karyawan Dunkin Donuts Nunggak 2 Tahun 2 hours ago

Terpopuler

Aturan Terbaru Terbit! Pelaku Perjalanan Luar Negeri Wajib Pakai Masker 3 Lapis Parah! India Dihantam Gelombang Panas 49,2 Derajat Celcius Ini Syarat Terbaru Naik Pesawat Menurut Aturan Kemenhub Pengamat Prediksi Nasdem Gabung Koalisi Indonesia Bersatu Ini Aturan Baru Naik KRL dan Kereta Api yang Berlaku Mulai Sekarang
19 Mei 2022: Harga Emas Pegadaian Mulai Rp514.000 2 hours ago
Erick Sebut Transformasi Kultural Jadi Kunci Menangkan Persaingan 3 hours ago
Erick: BUMN Harus Kembali ke Khittah sebagai Perusahaan yang Sehat dan Berdaya Saing 4 hours ago
Beri Kuliah Umum di UNS, Menteri Investasi/ Kepala BKPM RI : Saya Dulu “Konglomelarat” 5 hours ago
Hasil Survei: Skema KPR Masih Favorit Masyarakat Indonesia untuk Beli Rumah 13 hours ago