News

Pemkot Magelang Berkolaborasi Mengembangkan UMKM

Penulis: Media Digital
Tanggal: 27 April 2022 - 13:47 WIB
Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz berbincang dengan pelaku bisnis di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali Kota Magelang, Selasa (26/4/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Harianjogja.com, MAGELANG-- Pemerintah Kota Magelang memiliki kebijakan pengembangan ekonomi berbasis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang tertuang dalam RPJMD. Dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan UMKM mengingat Magelang adalah kota kecil dengan sumber daya alam tang terbatas.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz dalam acara Ngabuburit bersama Pak Wali “Sinergi Sektor Bisnis dengan Pemerintah Kota Magelang” yang digelar Harian Jogja, Selasa (26/4/2022) di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali Kota Magelang. Acara ini didukung oleh Pemerintah Kota Magelang, JNE Ekspress, Istana Oleh-oleh Endang Jaya, Bank Jateng Cabang Koordinator Magelang, Perumda Air Minum Kota Magelang dan Taman Kyai Langgeng (TKL) Ecopark.

"Pemerintah Kota Magelang mengembangkan beberapa pelatihan oleh dinas-dinas di Pemerintah Kota, pihak luar, stakeholder yang lain dan pihak swasta. Pelatihan diberikan karena UMKM membutuhkan marketplace sehingga akan teruji. Untuk mengubah Kota Magelang perlu perubahan mindset, dari masyarakat diarahkan menjadi pribadi yang bisa berwirausaha," kata wali kota yang akrab disapa dokter Aziz tersebut.

Baca juga: Pemkab Magelang Dorong UMKM Go Digital

Kepala Bank Jateng Cabang Koordinator Magelang Muhammad Yuda Negara mendukung upaya Pemkot tersebut dengan melakukan kegiatan secara langsung. "UMKM di Kota Magelang sangat luar biasa, pakai Qris dan transaksi penjualannya siap kami dorong. Kami ingin mendorong agar UMKM Kota Magelang segera mendunia tidak hanya nasional agar ke depan Magelang akan menjadi lebih hebat," kata Yuda.

Kepala JNE Magelang, Bambang Kristiady mengatakan instansinya mendukung kepemimpinan dokter Aziz sebab memberikan infrastrutur yang sudah lebih baik, terutama jalan, yang menunjang bagi proses percepatan di jasa pengiriman. "Kami memberikan promo diskon 40 persen dan ini keinginan dari beberapa teman UMKM. Kami telah melakukan kolaborasi dengan UMKM sehingga tidak sulit melakukan COD," katanya.

Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Magelang Muh Haryo Nugroho menambahkan guna mendukung program Wali Kota Magelang yaitu Programis (Program Magelang Agamis) sudah dua tahun ini instansinya membebaskan tagihan air untuk tempat ibadah. "Untuk UMKM, karena bisnis kami air bersih maka kami siap menyuplai 24 jam beberapa wilayah, yang belum 24 jam insya Allah tahun ini sudah bisa," katanya.

Pemilik Istana Oleh-oleh Endang Jaya, Evan Satria mengungkapkan terus berkolaborasi dengan UMKM Magelang. "UMKM Magelang ini sangat kreatif, contohnya slondok dan criping getuk ini sering dicari untuk oleh-oleh dan menjadi nilai jual dari Kota Magelang," katanya.

Direktur TKL Ecopark mengungkapkan objek wisata ini menyiapkan fasilitas pada pemudik berupa tiket masuk secara swalayan, yang bisa diakses wisatawan secara mandiri. "Kami siapkan fasilitas di samping loket sehingga pengunjung bisa beli dengan e-money," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM
Dukung Transformasi Digital UMKM, Diskominfo DIY Gelar Pelatihan E-Business
Masih Ada UKM di DIY yang Belum Bangkit Setelah Pandemi Usai
Dorong Inovasi UMKM, Dinkop UKM Sleman Selenggarakan Penghargaan Nata Sembada

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Wah… Prabowo-Gibran Berpeluang Siapkan Kursi Menteri untuk Nonkoalisi
  2. Melihat Sekolah dan Muruah RA Kartini di SD Kartini Semarang
  3. Telin dan Dialog Axiata Tanda Tangani Kemitraan Strategis
  4. Tahun Ini Gema Waisak bakal Digelar di Alun-alun Salatiga, 20 Biksu Hadir

Berita Terbaru Lainnya

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun
Kelompok Ahli Independen PB Kecam Penghancuran Sistem Pendidikan di Gaza oleh Israel
Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!
Yordania Tegaskan Larang Wilayah Udaranya Jadi Medan Tempur Iran vs Israel
Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar
Menhan AS dan Israel Bahas Stabilitas Regional
Remehkan Serangan Drone Israel, Menlu Iran: Itu Hanya Seperti Mainan Anak-anak Kami
KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19
Terdampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Sam Ratulangi Ditutup hingga Minggu
Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel