News

Buruh Bagian Penting Perekonomian Nasional

Penulis: Bernadheta Dian Saraswati
Tanggal: 01 Mei 2022 - 19:02 WIB
Airlangga Hartarto./ist

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengucapkan selamat Hari Buruh (May Day), 1 Mei 2022. Ia menegaskan, buruh merupakan bagian penting dalam perekonomian nasional.

Jumlah angkatan kerja di Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2021 sebanyak 139,82 juta orang. Jumlah ini meningkat sebanyak 1,59 juta dibandingkan pada Agustus 2020.

“Mengucapkan selamat Hari Buruh untuk seluruh pekerja di Indonesia. Pemerintah berkomitmen meningkatkan taraf hidup para buruh, dengan berbagai kebijakan yang sudah dan akan dikeluarkan. Semoga THR tahun ini tidak ada masalah, agar buruh bisa bergembira di Hari Raya esok,” kata Airlangga dalam keterangan, Minggu (1/5/2022).

Menko Airlangga menegaskan pemerintah memberi keleluasaan kepada buruh untuk berusaha dan menjaga ketahanan hidup mereka di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya memastikan pencairan THR tahun ini.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini berharap, para buruh sudah bisa menikmati THR di Hari Raya Idulfitri. “Kalau ada buruh yang belum terima THR, silakan melapor ke Posko THR yang dibuat Kementerian Ketenagakerjaan. Pemerintah akan menindaklanjuti aduan ini,” ujarnya.

 

Pada May Day tahun ini, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional meminta maaf, jika kondisi Indonesia belum sepenuhnya terbebas dari pandemi Covid-19. Airlangga mengaku, meskipun tren kasus Covid-19 di Indonesia konsisten menurun, tetapi penularan belum sepenuhnya hilang.

“Silakan sampaikan aspirasi, silakan berlebaran bersama keluarga di kampung halaman, silakan beribadah Salat Idulfitri, tetapi tetap disiplin prokes. Jangan sampai setelah Lebaran, kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik. Saya harap buruh ikut membantu pemerintah mengendalikan Covid-19 dengan disiplin prokes,” ujar Airlangga.

Menko Perekonomian meminta masyarakat yang mudik untuk tetap menjaga diri dan keluarga. Airlangga menitipkan salam untuk seluruh keluarga di kampung halaman.

“Selamat mudik, tetap berhati-hati, jaga diri dan keluarga dengan disiplin prokes. Selamat bergembira dan merayakan Lebaran bersama keluarga,” ujar Menko Perekonomian.

Airlangga mengaku, kondisi ketenagakerjaan nasional sudah mulai pulih dengan turunnya angka pengangguran dari 7,07% (Agustus 2020) menjadi 6,49% (Agustus 2021).

Selain itu, data menunjukkan penurunan pengangguran tersebut ditunjang dengan meningkatnya lapangan kerja selama 2021 yang mencapai 2,59 juta lapangan kerja baru.

Berita Terkait

Airlangga Ditunjuk Menjadi Ketua Dewan Nasional KEK
OPINI: Kemitraan Unik Inggris-RI Pimpin Pemulihan Global
Widodo Makmur (WMPP) Jual Saham WMUU Rp74 Miliar
Tak Hanya Sri Lanka, Ekonomi Negara-Negara Juga Ini Terancam Kolaps

Video Terbaru

Advertisement

Berita Lainnya

  1. Pembunuhan Ibu oleh Anak di Sragen Bukti Dampak Kemiskinan Bisa Bahaya
  2. Diduga Korsleting Listrik, Toko Kelontong di Sambi Ludes Terbakar
  3. Direktur Utama BRI Mendapatkan Penghargaan Internasional
  4. Drama Penangkapan Anak Kiai Jombang DPO Cabul, Alot & Panas!

Berita Terbaru Lainnya

Mantap! Cadangan Devisa Indonesia Naik Jadi US$136,4 Miliar, Ternyata Ini Penyebabnya
167 Dokter Hewan di Eks-Karesidenan Kedu Terlibat dalam Pengawasan Kurban
Tekan Stunting, Kabupaten Magelang Kembangkan Padi Nutrizinc
Densus 88 Terima Data Dugaan Pendanaan Terorisme oleh ACT dari PPATK
Airlangga Buktikan Kinerjanya, Pengamat: Wajar Diinginkan Publik Jadi Capres
PPATK Blokir 60 Rekening ACT, Begini Respons Presiden Ibnu Khajar
Disdikbud Jateng Akan Kembalikan Hak Calon Peserta Didik yang Dirugikan
Kontroversi ACT, Dana Umat Diduga Dibisniskan dan Mengalir ke Teroris Al-Qaeda
56 Warga Binaan Lapas Semarang Dapat Asimilasi
Top 7 News Harianjogja.com 7 Juli 2022