News

Isu Perumahan Rakyat Tak Disebut dalam Pidato Jokowi, Ketua DPR, dan Ketua MPR

Penulis: Indra Gunawan
Tanggal: 16 Agustus 2022 - 16:47 WIB
Foto udara areal komplek perumahan bersubsidi di kawasan Jalan Kecipir, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (15/7/2022). - Antara/Makna Zaezar

Harianjogja.com, JAKARTA – Pidato kenegaraan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini di Gedung DPR-MPR RI, Selasa (16/8/2022), tak meninggung isu perumahan rakyat. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani hingga Presiden Jokowi tidak ada satu pun membicarakan isu tersebut.

Misalnya Jokowi, dalam pidato ketujuh kenegaraannya tersebut, dia mulanya berbicara mengenai tantangan global yang kian berat. Ada pandemi Covid-19 yang belum usai dan saat ini ditambah dengan perang Rusia-Ukraina kini justru menyebabkan ketidakpastian semakin berlanjut.

BACA JUGA: Pemkab Sleman Sosialisasikan Aplikasi My Pertamina ke Seluruh Kapanewon

Namun, kata Jokowi, di tengah tantangan yang berat, Indonesia patut bersyukur, sebab Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini.

Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan. Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen.

Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi Asean yang berada di sekitar 7 persen. Angka ini jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen. Selain itu, ekonomi berhasil tumbuh positif di 5,44 persen pada kuartal II/2022.

Sementara itu, Puan Maharani juga menyoroti kebutuhan Indonesia yang perlu memperkuat penguatan industri pangan dan kesejahteraan petani. Menurutnya, ke depan jangan ada lagi permasalahan kelangkaan minyak goreng di negeri sendiri.

Menurut Puan, dalam mempercepat kemajuan Indonesia selain pemulihan sosial dan ekonomi nasional maka agenda strategis ke depan perlu memperkuat dan mempertajam upaya-upaya yang diarahkan pada pembangunan.

Agensa strategis yang dimaksud Puan antara lain pembangunan kualitas dan karakter nasional Indonesia, pembangunan kedaulatan pangan nasional, pembangunan industri nasional, pemerataan pembangunan infrastruktur serta reformasi birokrasi yang nyata.

Adapun, Bambang Soesatyo juga pertama-tama menyinggung laju kenaikan harga pangan dan energi semakin membebani masyarakat yang baru saja bangkit dari pademi Covid-19.

Lonjakan harga minyak dunia pada awal April 2022 diperkirakan mencapai US$98 per barel. Menurutnya, angka ini jauh melebihi asumsi APBN 2022 sebesar US$63 dolar per barel. Di sisi lain, beban subsidi untuk BBM, Pertalite, Solar, dan LPG, sudah mencapai Rp502 triliun.

Bamsoet mengingatkan Indonesia tidak boleh lalai. Kenaikan inflasi dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. Badan Pusat Statistik mencatat, bahwa per Juli 2022, laju inflasi Indonesia berada di level 4,94 persen, dan pada Agustus diprediksi akan meningkat pada kisaran 5 hingga 6 persen.

Bahkan pada September 2022, Indonesia diprediksi menghadapi ancaman hiper-inflasi, dengan angka inflasi pada kisaran 10 hingga 12 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI-Bisnis.com

Berita Terkait

Dinilai Terlalu Sempit, Warga Teletubies Tambah Bangunan Baru
Rumah Ini Lebarnya Hanya 1 Meter, Rupanya Dibangun karena Dendam pada Tetangga
Pasar Properti DIY Lesu Saat Ramadan hingga Lebaran
Dana Bantuan Pembiayaan Perumahan Disiapkan Rp13 Triliun Lebih

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Masuk Bursa Calon Wali Kota, Sekda Kota Semarang Beri Jawaban Ini
  2. Dedy Endriyatno Aktifkan Lagi Relawan 2015 untuk Pilkada Sragen 2024
  3. Innalillahi! Pria asal Semarang Ditemukan Meninggal di Tepi Ring Road Jombor
  4. Bursa Pilgub Jateng 2024: Kapolda dapat Dukungan Kadin & Pengusaha Muda Batang

Berita Terbaru Lainnya

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!
Yordania Tegaskan Larang Wilayah Udaranya Jadi Medan Tempur Iran vs Israel
Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar
Menhan AS dan Israel Bahas Stabilitas Regional
Remehkan Serangan Drone Israel, Menlu Iran: Itu Hanya Seperti Mainan Anak-anak Kami
KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19
Terdampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Sam Ratulangi Ditutup hingga Minggu
Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel
Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa
Arab Ikut Kecam Hak Veto AS yang Menentang Keanggotaan Palestina di PBB, Ini Alasannya