Advertisement

F1 GP Inggris 2019: Hamilton Juara untuk Keenam Kalinya

Newswire
Senin, 15 Juli 2019 - 00:07 WIB
Budi Cahyana
F1 GP Inggris 2019: Hamilton Juara untuk Keenam Kalinya Lewis Hamilton memberi salam kepada penonton saat memastikan menjadi juara - Reuters/Henry Romero

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pembalap asal Inggris Lewis Hamilton menjuarai Formula 1 (F1) GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (14/7/2019). Dia meraih kemenangan keenamnya di tanah kelahirannya itu.

Hamilton, yang mengawali balapan dari peringkat kedua menyentuh garis finis 24,928 detik lebih cepat dari rival terdekatnya, Valtteri Bottas, rekan satu timnya di Mercedes.

Advertisement

Charles Leclerc dari tim Ferrari melengkapi podium di peringkat tiga setelah meredam perlawanan pebalap Red Bull Pierre Gasly dan diuntungkan insiden tubrukan antara Sebastian Vettel dan Max Verstappen.

Dengan kemenangan itu Hamilton mencetak sejarah sebagai pembalap yang paling banyak memenangi GP Inggris dengan rekor enam kali juara, mengungguli rekor mantan pebalap tuan rumah lainnya, Jim Clark dan pebalap Prancis Alain Prost dengan lima kemenangan.

"Aku harap kalian menikmati hari kalian. Aku tak akan bisa melakukannya tanpa timku. Aku sangat senang menjadi bagian dari ini," kata Hamilton seusai lomba.

Bottas, yang start dari pole position, harus mengakui kecepatan rekan satu timnya ketika disalip di lap keempat untuk mengambil alih pimpinan lomba.

Bottas mengaku strateginya cukup dirugikan dengan keluarnya safety car di tengah lomba ketika pebalap Alfa Romeo Antonio Giovinazzi melintir keluar trek di lap ke-20. Pertarungan kembali dilanjutkan empat lap kemudian setelah balapan berjalan normal.

"Aku tak tahu apa yang harus kukatakan, aku menjaga jarak untuk pitstop dan kemudian ada safety car... kurang lebih seperti itu, bukan hariku," kata pebalap asal Finlandia itu.

Drama terjadi di lap ke-37 ketika Verstappen menyalip Vettel. Namun ketika sang pebalap Red Bull berada di depan pebalap Ferrari itu, Vettel menabrak Verstappen dari belakang ketika memasuki zona pengeraman.

Kedua mobil pebalap melintir namun tidak terperangkap di gravel sehingga bisa melanjutkan balapan.

Vettel mengalami kerusakan di sayap depan dan harus menggantinya di pit, sementara Verstappen melanjutkan balapan tanpa mengalami kerusakan dan mendapatinya di P5 di belakang Charles Leclerc dan Pierre Gasly.

Di akhir balapan Vettel dikenakan penalti tambahan 10 detik karena insiden tersebut.

Leclerc diuntungkan insiden itu untuk naik dua posisi ke peringkat tiga, diikuti oleh Gasly di peringkat empat.

"Ini mungkin balapan yang paling aku nikmati di sepanjang karirku," ungkap Leclerc.

"Dengan safety car keluar kami kehilangan posisi tapi sangat senang bisa finis ketiga."

Verstappen mampu mengamankan poin setelah finis kelima, sedangkan Vettel finis peringkat ke-16.

Hamilton, yang juga meraih satu poin tambahan setelah mencetak waktu putaran tercepat, kini memperlebar jarak di puncak klasemen pebalap dengan 223 poin, selisih 39 poin dari Bottas di peringkat dua.

Kemenangan itu juga merupakan kali ketujuh bagi Hamilton menjuarai balapan di 10 balapan yang telah berlangsung musim ini, sekaligus kemenangan ke-80 selama karirnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement