Advertisement

Jakarta Tuan Rumah Balap Formula E

Akhirul Anwar
Senin, 15 Juli 2019 - 01:07 WIB
Budi Cahyana
Jakarta Tuan Rumah Balap Formula E Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat mobil Formula E - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil Formula E di pertengahan tahun 2020.

Kepastian itu diperoleh Anies setelah melakukan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E di New York. Pertemuan itu dilakukan oleh Anies setelah menghadiri World Cities Summit di Medellin Kolombia.

Advertisement

Anies membagikan kabar tersebut melalui akun instagram aniesbaswedan. Dia juga menampilkan foto berada di sirkuit Formula E dan foto ketika melakukan negosiasi dengan jajaran pengelola Formula E di New York.

"Alhamdulillah, berhasil!" kata Anies membuka postingannya di Instagram yang diunggah pada Minggu (14/7/2019). Dalam waktu dua jam, postingan itu disukai lebih dari 119.000 kali dan lebih dari 9.000 komentar.

"Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik, dan diadakan di sirkuit jalan raya" kata Anies.

Persiapan pertemuan tersebut, katanya, dilakukan sejak tiga bulan lalu. Tim dari Formula E juga sudah datang khusus melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu. Menurutnya, karena Jakarta berkompetisi dengan kota dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan tertib dan tak banyak bicara.

Menurutnya, puncak pertemuan dibuat tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi Formula-E yang juga legenda dunia balap mobil. 

"Walau baru bertatap muka kali ini, tapi kami langsung akrab seakan sudah kenal lama. Suasana negosiasi berlangsung serius, dengan bahan lengkap sudah disiapkan, namun tetap santai dan bersahabat."

"Di ujungnya kita bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Ini artinya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. Tak terkira banyaknya juga adalah penonton dari dalam negeri. Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi pun akan dirasakan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement