Advertisement

Petinju Manny Pacquiao Calonkan Diri di Pilpres Filipina 2022

Nindya Aldila
Senin, 20 September 2021 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Petinju Manny Pacquiao Calonkan Diri di Pilpres Filipina 2022 Manny Pacquiao - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Petinju Manny Pacquiao akan mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina. Mantan juara dunia yang dijuluki Pacman itu mencerca korupsi di pemerintahan dan hubungan Presiden Rodrigo Duterte dengan China.

Pacquiao menerima pencalonan sekutu politiknya selama majelis nasional faksi yang dipimpinnya di Partai PDP-Laban yang berkuasa, beberapa hari setelah faksi saingan menominasikan ajudan lama Duterte, Senator Christopher "Bong" Go, sebagai kandidat presidennya.

Advertisement

Dilansir oleh CNBC, faksi itu menominasikan Duterte sebagai wakil presiden, sebuah langkah yang oleh para kritikus disebut sebagai taktik sinis oleh Duterte untuk mempertahankan kekuasaan.

Go menolak pencalonan, tetapi keretakan antara faksi Pacquiao dan Duterte telah meningkat.

“Saya seorang pejuang, dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring,” kata Pacquiao yang menjabat sebagai seorang senator, dalam pidato yang disiarkan langsung selama pertemuan.

“Saya menerima pencalonan Anda sebagai calon presiden Republik Filipina.” Faksi Pacquiao belum menyatakan dukungan untuk tawaran wakil presiden Duterte. Duterte dilarang oleh konstitusi mencalonkan diri untuk masa jabatan enam tahun kedua sebagai presiden.

Terlepas dari popularitasnya, Pacquiao berada di urutan terdepan dalam jajak pendapat yang secara konsisten diungguli oleh putri Duterte, Sara Duterte-Carpio.

Pada bulan Juli, Pacquiao terpilih sebagai pemimpin PDP-Laban, beberapa minggu setelah menantang Duterte atas posisinya di China dan rekornya memerangi korupsi, tetapi pemecatannya ditolak oleh faksinya.

Pacquiao, yang pernah menjadi sekutu dekat Duterte, mengatakan lebih dari 10 miliar peso (US$200 juta) dalam bantuan pandemi yang ditujukan untuk keluarga miskin tidak diawasi. Ini, menurutnya, baru satu penemuan dalam penyelidikan korupsi yang telah direncanakannya.

Perang salib anti-korupsi Pacquiao datang ketika Senat telah membuka penyelidikan atas dugaan harga yang terlalu tinggi dari pasokan dan peralatan medis yang dibeli di bawah program tanggap pandemi pemerintah.

Duterte sendiri menantang Pacquiao untuk menyebutkan nama kantor pemerintah yang korup untuk membuktikan bahwa petinju itu tidak hanya berpolitik menjelang pemilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement