Advertisement

Jadwal Final Indonesia Open 2021: Dua Wakil Indonesia di Partai Puncak

Andhika Anggoro Wening
Minggu, 28 November 2021 - 06:57 WIB
Budi Cahyana
Jadwal Final Indonesia Open 2021: Dua Wakil Indonesia di Partai Puncak Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya-Marcus Gideon - BWF

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Final Indonesia Open 2021 akan berlangsung Minggu (28/11/2021) di Bali Convention Center, Nusa Dua, dengan menggelar lima partai.

Indonesia meloloskan dua wakil ke final Indonesia Open 2021 lewat Greysia Polii-Apriyani Rahayu dan ganda putra Kevin Sanjaya-Marcus Fernaldi Gideon.

Advertisement

Ganda putri andalan Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi wakil pertama Indonesia yang melaju ke final turnamen bulu tangkis level super 1000 itu setelah mengalahkan pasangan Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai 21-18, 21-14.

Pertandingan nanti menjadi laga final pertama bagi ganda putri peringkat enam dunia itu usai meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli lalu.

Pada babak final, unggulan kedua Greysia/Apriyani bakal menantang unggulan keempat asal Jepang yang juga juara Indonesia Masters 2021, Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Secara statistik ganda putri Indonesia itu unggul 2-0 dalam pertemuannya dengan Matsuyama/Shida.

Skuad Merah Putih menambah satu wakilnya dalam final Indonesia Open 2021 setelah ganda putra peringkat satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menang pada babak empat besar.

Pasangan berjuluk Minions itu menang dua gim langsung 21-16, 21-18 atas Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari India.

"Bersyukur diberi kemenangan hari ini. Kami bermain lebih cepat dan menekan dari awal," kata Marcus setelah pertandingan di Nusa Dua, Bali.

Pasangan peringkat satu dunia sudah memprediksi ganda putra asal India itu akan menjadi batu sandungan jika tak ditangani dengan tepat. Mengingat Rankireddy/Shetty punya ketahanan energi yang cukup mengesankan, Kevin/Marcus pun berinisiatif bermain dengan melakukan serangan sejak awal.

Tanpa mengandalkan pertahanan, Minions berusaha memberikan tekanan kepada ganda putra peringkat ke-11 itu dan berjuang selama 44 menit.

"Kami tahu pasangan India ini adalah lawan yang tenaganya kuat dan agak keras, kami tidak ada rencana main defend. Dari awal memang langsung menyerang," tutur Marcus menjelaskan.

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Kevin/Marcus bisa menyudahi pertandingan dengan dua gim langsung. Pada lima pertandingan sebelumnya sejak babak semifinal Indonesia Masters pekan lalu, mereka selalu terlibat pertarungan rubber game melelahkan.

Bahkan seusai babak final Indonesia Masters hari Minggu, Minions hanya mendapat waktu satu hari libur dan langsung bertanding di Indonesia Open di hari Senin.

"Pastinya menang dua gim memang lebih cepat, tapi tetap tidak mudah juga ya karena tadi sampai sekitar 44 menit lawan mereka," Kevin menceritakan.

Pada partai puncak turnamen Super 1000 ini, Kevin/Marcus dipastikan akan menghadapi wakil Jepang, antara Akira Koga/Taichi Saito dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang terkenal punya pertahanan rapat.

Berpotensi kembali melalui laga berat di babak final, Kevin/Marcus akan memulihkan diri dan menyiapkan tenaga sebelum main dengan penampilan terbaik.

"Untuk besok yang penting persiapan sebaik mungkin, harus maksimal dan main yang terbaik. Serta tanpa beban saja," Kevin menyebutkan.

Pada partai puncak besok, Marcus/Kevin yang telah mengantongi 10 kemenangan dari 11 pertemuan melawan Hoki/Yugobashi, dalam misi menuntaskan revans terhadap wakil Jepang tersebut setelah kalah dalam final Indonesia Masters 2021 pekan lalu.

Sayangnya Indonesia belum berhasil mengirimkan satu wakilnya dari sektor tunggal putra ke final setelah Jonatan Christie menyerah 19-21, 15-21 kepada pemain Denmark unggulan kedua Viktor Axelsen.

Pada pertemuan ketujuh Jonatan Christie dan Viktor Axelsen yang terjadi dalam semifinal Indonesia Open 2021, wakil tunggal putra nasional ini menilai performanya masih kurang matang sehingga kalah dua gim langsung, Sabtu.

"Puji Tuhan, hasilnya sudah yang terbaik, sudah maksimal. Saya sudah melakukan yang sebisa saya, sudah melakukan semuanya. Tapi memang ada beberapa catatan perbaikan dan akan saya diskusikan dengan pelatih," kata Jonatan setelah pertandingan.

Peraih medali emas Asian Games 2018 ini bermain ulet dalam dua pertandingan sebelumnya, serta satu kali mendapat walkover dari Anders Antonsen pada perempat final.

Namun aksinya baru menemui penghalang pada babak empat besar saat bertemu pebulu tangkis asal Denmark pemenang medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu.

Jonatan mempunyai peluang menang jika saja bisa lebih sabar dalam mengeksekusi serangan mengingat dia sempat beberapa kali memegang keunggulan atas Axelsen. Namun keputusannya yang terburu-buru menjadi petaka baginya dan kehilangan poin penting.

"Sebenarnya strategi saya sudah tepat, yaitu saat lawan Viktor memang harus dibuat lari. Karena jangkauan dia panjang ketika saya banyak bermain menyerang, itu akan jadi bumerang buat saya, dia cuma selangkah-selangkah ke kiri-kanan," papar dia.

"Jadi saya sebisa mungkin harus menarik dia, bagaimana caranya saya bersiap untuk bertahan dulu sebenarnya. Tapi ya itu, saya sudah benar penerapannya tapi di pukulan ke-10 ke atas, pukulannya mulai mengambang. Jadi enak buat dia untuk menyerang," ungkapnya.

Setelah tampil dalam Indonesia Open 2021, Jonatan akan istirahat sejenak selama dua pekan. Setelah itu barulah pemain kelahiran Jakarta 15 September 1997 itu tampil dalam Kejuaraan Dunia di Huelva, Spanyol, 12-19 Desember.

Sebelum ke Spanyol, dia terlebih dulu menjalani latihan dan berdiskusi dengan pelatih untuk menentukan strategi terbaik.

"Pasti saya istirahat dulu. Karena dengan jadwal yang begitu padat, tidak mungkin bisa langsung latihan dengan keras," pungkas Jonatan.

Sementara itu, Jepang menjadi negara yang mendominasi partai final Indonesia Open 2021. Selain nomor ganda putri dan putra, Negeri Sakura juga meloloskan ganda campuran Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang menjuarai Denmark Open 2021 dan French Open 2021.

Jadwal Final Indonesia Open 2021 dan Hasil Final Indonesia Open 2021:

Jadwal pertandingan, November 28, 2021
TimeDrawScoreDuration
Main Location - 1
  1.Starting at 1:00 PMWS
AN Seyoung [4]Korea
-
ThailandRatchanok INTANON [2]
  2.Followed byWD
Nami MATSUYAMA [4]Japan
Chiharu SHIDAJapan
-
IndonesiaGreysia POLII [2]
IndonesiaApriyani RAHAYU
  3.Followed byXD
Dechapol PUAVARANUKROH [1]Thailand
Sapsiree TAERATTANACHAIThailand
-
JapanYuta WATANABE [3]
JapanArisa HIGASHINO
  4.Followed byMD
Marcus Fernaldi GIDEON [1]Indonesia
Kevin Sanjaya SUKAMULJOIndonesia
-
JapanTakuro HOKI
JapanYugo KOBAYASHI
  5.Followed byMS
LOH Kean YewSingapore
-
DenmarkViktor AXELSEN [2]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement