HomeOlahraga

Leclerc Menang di GP Belgia, Vettel Jalani Peran Baru

Oleh:Newswire
02 September 2019 - 11:02 WIB

Pembalap Ferrari Sebastian Vettel seusai GP Kanada 2019. - Antara/AFP

Harianjogja.com, JAKARTA - Pebalap Ferrari Sebastian Vettel mengaku tak secepat rekan satu timnya, Charles Leclerc, di GP Belgia, Minggu (2/9/2019), dan harus mengalah untuk membiarkan pebalap asal Monako itu melewatinya hingga meraih gelar juara.

Leclerc menggunakan strategi satu pitstop, berganti ban medium di lap ke-22 dan keluar di P3 sekitar lima detik di belakang Vettel, yang terlebih dulu masuk pit enam putaran lebih awal dari rekannya.

Namun Leclerc memiliki kecepatan yang lebih baik dari Vettel, hingga sang juara dunia dari Jerman itu membiarkan rekannya lewat di lap ke-27 untuk memimpin lomba.

Menyadari performanya tak cukup untuk bertarung di podium, Vettel mengorbankan dirinya untuk menjaga asa Ferrari meraih kemenangan pertamanya musim ini dengan memainkan peran baru untuk tim hari itu.

Pebalap asal Jerman itu mengendalikan kecepatannya untuk sebisa mungkin menahan pebalap rival, Lewis Hamilton dari Mercedes agar kehilangan waktu untuk mengejar Leclerc.

Hamilton yang memiliki umur ban medium lebih muda tujuh putaran dari Vettel melakukan manuver untuk menyalip pebalap Ferrari dengan nomor 5 itu di lap ke-32 untuk mengejar pimpinan lomba yang berjarak 6,5 detik di depannya.

Dalam 12 putaran terakhir, Hamilton berusaha mengejar Leclerc hingga terpaut 1,5 detik di lap terakhir. Namun sang pebalap asal Inggris itu tak mampu menyalip Leclerc, yang juga telah menunjukkan kecepatannya di sesi latihan bebas GP Belgia.

Leclerc meraih kemenangan pertamanya di Formula 1 dan mengakhiri puasa kemenangan Ferrari dengan finis 0,981 detik di depan Hamilton.

Sumber: Bisnis Indonesia Tag: GP F1 Editor: Galih Eko Kurniawan

Artikel Terkait
GP Brasil, Dua Tim Dukungan Honda Raih Podium 1 year ago
F1 Singapura Terancam Batal Gara-Gara Kabut Asap dari Indonesia 1 year ago
Formula 1: Leclerc Juara GP Italia 1 year ago
Tabrakan dengan Vettel, Verstappen Pilih Mengalah 1 year ago
F1 GP Inggris 2019: Hamilton Juara untuk Keenam Kalinya 1 year ago

Berita Pilihan

Dua Atlet Kickboxing Magelang Raih Emas dan Perak di Seleknas Terhenti di 8 Besar Miami Terbuka, Tsitsipas Akui Stres PON Ditunda 2022? Ini Klarifikasi Menpora Zainudin Amali Debut Vettel di Aston Martin Berujung Nestapa Simona Halep Torehkan kemenangan Ke-400 di Tenis WTA
Berita Terbaru
Malaysia Open Disaksikan Langsung Penonton di Bukit Jalil 2 days ago
Jepang Siapkan 300 Hotel untuk Isolasi Atlet Olimpiade yang Positif Covid 2 days ago
Dua Atlet Kickboxing Magelang Raih Emas dan Perak di Seleknas 4 days ago
Jadi Ketua PB ISSI, Kapolri Listyo Sigit Tidak Langgar Rangkap Jabatan 1 week ago
Joan Mir Soroti Strategi Tim di FP2 GP Doha 1 week ago

Terpopuler

MotoGP Austria: Mimpi Buruk Rossi Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia Ini Puji Kecepatan Pencairan Bonus Asian Games MOTOGP 2016 : Ada Marquez dan Pedrosa di Sentul Saat Valentine Day Kalah dari Arab Saudi, Tim Bola Tangan Putra Gagal Sumbang Medali MOTOGP AUSTIN : Marquez Catat Sejarah Sebagai Pemenang Balapan MotoGP Termuda
Melaju ke Final Miami Terbuka, Petenis Italia Sinner Bikin Sejarah 1 week ago
Terhenti di 8 Besar Miami Terbuka, Tsitsipas Akui Stres 1 week ago
PON Ditunda 2022? Ini Klarifikasi Menpora Zainudin Amali 1 week ago
Debut Vettel di Aston Martin Berujung Nestapa 2 weeks ago
Miami Open 2021, Zverev Tersingkir di Babak Ketiga 2 weeks ago