Olahraga

Joan Mir Bisa Raih Gelar MotoGP di Valencia

Penulis: Newswire
Tanggal: 12 November 2020 - 23:27 WIB
Joan Mir - TMCBlog.com

Harianjogja.com, JAKARTA – Nasib Joan Mir sebagai juara dunia MotoGP 2020 akan ditentukan di GP Valencia pada Minggu (15/11/2020). Saat ini pembalap tim Suzuki Ecstar itu mengantongi match point.

Setelah meraih kemenangan perdananya di kelas premier lewat penampilan gemilang di Grand Prix Eropa yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pekan lalu, Mir memperlebar jaraknya di pucuk klasemen menjadi 37 poin dari rival terdekat dengan dua balapan tersisa hingga akhir musim.

Jika finis di podium pada Minggu nanti, Mir yang menjalani tahun keduanya di MotoGP itu, langsung otomatis mengunci gelar juara dunia, tak peduli di posisi mana rival-rivalnya finis.

Atau skenario termudahnya, Mir hanya perlu menjaga keunggulan minimal 26 poin dari rival terdekatnya setelah GP Valencia usai.

Tak ada yang mengira sang pebalap Spanyol memiliki peluang terbaik untuk merebut titel tahun ini di tengah musim yang terdampak pandemi Covid-19.

Namun, sejak finis runner-up di seri keempat, Grand Prix Austria, Mir menjadi pebalap paling konsisten bertarung memperebutkan tempat teratas dan terhitung telah tujuh kali naik podium, termasuk satu kemenangannya di Valencia.

Rekan satu timnya, Alex Rins, tak kalah hebatnya menegaskan performa motor Suzuki GSX-RR yang ditakuti rival-rivalnya tahun ini, dan mempersembahkan satu kemenangan bagi tim pabrikan Jepang itu di Aragon.

Suzuki kini menuju GP Valencia dengan keunggulan tujuh poin dari Ducati di klasemen konstruktor MotoGP, dan memiliki peluang mengunci titelnya untuk pertama kali sejak terakhir kali menjuarai kelas premier pada 1982.

Sementara itu, GP Valencia akan menjadi kesempatan terakhir bagi Fabio Quartararo yang menjadi favorit juara di awal musim berkat kemenangan ganda di Jerez, dan kini menghuni peringkat dua dengan selisih 37 poin.

Namun, pebalap tim Petronas Yamaha itu belakangan ini dihantui penampilan tidak konsisten dan dibuat bingung dengan performa motornya.

"Saya rasa kami perlu bekerja dengan cara lain, bukan dari tim, tapi Yamaha agar lebih mengambil risiko untuk mencoba bertarung dengan para pebalap teratas karena kelihatannya setiap pebalap kesulitan di balapan ini," kata Quartararo setelah GP Eropa seperti dikutip laman resmi MotoGP.

"Menghadapi dua balapan ini, secara matematis kami masih bisa memenangi kejuaraan, tapi aku sedikit berada di sisi lain, aku hanya perlu menikmatinya karena cukup banyak balapan selain di Le Mans di mana aku tidak benar-benar menikmati akhir pekan balapan," lanjutnya.

"Bukan karena tekanan atau apa, tapi karena tidak menemukan seting yang tepat dan sangat sulit memahami kenapa. Berada di peringkat kedua kejuaraan, aku kira kami masih memiliki kesempatan yang besar untuk finis di tempat ini dan aku tidak akan pernah menyerah hingga lap terakhir dan bendera dikibarkan di Portimao," ujar Quartararo.

Sedangkan Rins, dengan raihan poin yang sama dengan Quartararo, akan tampil tanpa beban meski juga berambisi mengejar gelar ketika peluang masih terbuka.

Secara matematis, Maverick Vinales, dengan defisit 41 poin di peringkat empat juga masih memiliki peluang untuk merebut gelar untuk Yamaha, demikian pula Franco Morbidelli, yang telah menang dua kali musim ini.

Sementara Andrea Dovizioso di peringkat keenam, meski memiliki poin yang sama dengan Morbideli, di saat keduanya berjarak 45 poin dari Mir.

Tak bisa diprediksi. Itulah gambaran musim MotoGP tahun ini, yang telah menyajikan sembilan pebalap pemenang yang berbeda dan 15 rider yang telah mengecap manisnya podium.

Juara bertahan Marc Marquez kemungkinan besar baru akan kembali turun membalap tahun depan setelah Repsol Honda menyatakan sang juara dunia MotoGP enam kali itu belum benar-benar pulih dari cedera yang ia alami sejak seri pembuka di Jerez.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Berita Terkait

Kronologi Tabrakan Bagnaia dengan Marquez di MotoGP Portugal 2024
MotoGP Lusail Malam Ini Diprediksi Bakal Sengit
Bagnaia Perpanjang Kontrak 2 Tahun Bersama Ducati Corse
Verstappen Pertahankan Dominasi Balapan di GP Bahrain

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
  2. Aktif Blusukan ke Masyarakat, Sudaryono Mantap Maju Cagub Jateng
  3. Mudik Lebaran, 34 Juta Orang Diprediksi Masuk ke Jatim
  4. Jadwal Imsak hingga Waktu Buka Puasa Wilayah Boyolali Jumat 29 Maret

Berita Terbaru Lainnya

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez
Kronologi Tabrakan Bagnaia dengan Marquez di MotoGP Portugal 2024
Polisi Selidiki Penyebab 2 Pemain Ski yang Tewas di Swiss
Swiss Open 2024: Gregoria Melaju ke Final
Perempat Final Swiss Open Digelar Nanti Malam, Ini Dia Pebulu Tangkis Indonesia yang Tampil
Herjun Raih Podium Tertinggi, CBR250RR Tak Terbendung di ARRC Buriram
Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka
All England 2024, Indonesia Mencetak Sejarah Setelah 30 Tahun
14 Pemain Timnas Voli Indonesia Dipanggil PP PBVSI untuk Melawan Red Sparks
Final All England Pertemukan Ginting dan Jonatan, All Indonesian Final Kembali Tercipta Setelah 30 Tahun