HomeOlahraga

Kontingen PON DIY Akan Bawa Misi Promosi Wisata

Oleh:Hery Setiawan (ST 18)
15 Februari 2021 - 05:57 WIB

KONI DIY saat melakukan kunjungan ke Dinas Kebudayaan DIY, Kamis (4/2/2021). - Ist/dok KONI DIY

Harianjogja.com, JOGJA – Pekan Olahraga Nasional (PON) bukan hanya sekadar perhelatan kompetisi. PON juga merupakan momentum pertukaran kebudayaan antar daerah. Hal itulah yang akan menjadi peluang Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk melakukan promosi potensi wisata.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY, Djoko Pekik Irianto mengatakan, PON 2021 yang akan digelar di Provinsi Papua akan mendatangkan sedikitnya 7.000 atlet dari seluruh penjuru Indonesia dan puluhan media massa.

Masing-masing kontingen tentunya akan turut menampilkan kekhasan budaya masing-masing. “Ini sekaligus jadi sarana efektif untuk promosi wisata,” ujar Djoko, Sabtu (14/2/2021).

Baca juga: Tak Berizin & Mencemari Lingkungan, Pemotongan Ayam di Bantul Didatangi Aparat

Djoko mengatakan, Kontingen DIY untuk PON 2021 terdiri dari 137 atlet dari 24 cabang olahraga. Apabila situasinya mendukung, mereka akan turut membawa misi kebudayaan dalam kompetisi yang akan dihelat pada bulan Oktober 2021 itu.

“Promosi wisata dalam ajang PON 2021 mendapat dukungan dan apresiasi dari Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan,” tutur Djoko.

Misi pengenalan budaya dapat dilakukan dengan membentuk tim khusus untuk tampil di Performance Culture. Bisa juga dengan merias sejumlah atlet dengan pakaian khas Jogja, seperti pakaian Bergodo Kraton Ngayogyokarto. Mereka akan berdiri dan berjalan di depan kontingen DIY saat acara pembukaan.

Selain itu, rencananya KONI DIY akan memberikan sedikit bekal pengetahuan kepada atlet tentang pariwisata dan budaya Jogja. “Sehingga saat di Papua para atlet bisa berceritera kepada atlet daerah lain tentang keindahan berbagai obyek wisata Jogja,” tutup Djoko.

Tag: olahraga Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
PB Wushu Bakal Dongkrak Prestasi Atlet 1 year ago
800 Perenang Ikuti Krasi 2020 1 year ago
Begini Efek Olahraga untuk Demensia 1 year ago
Olahraga Sambil Mendengarkan Musik, Apakah Lebih Efektif? 1 year ago
Risiko Terkena 7 Kanker Ini Bisa Dicegah dengan Olahraga 1 year ago

Berita Pilihan

Dua Atlet Kickboxing Magelang Raih Emas dan Perak di Seleknas Terhenti di 8 Besar Miami Terbuka, Tsitsipas Akui Stres PON Ditunda 2022? Ini Klarifikasi Menpora Zainudin Amali Debut Vettel di Aston Martin Berujung Nestapa Simona Halep Torehkan kemenangan Ke-400 di Tenis WTA
Berita Terbaru
Malaysia Open Disaksikan Langsung Penonton di Bukit Jalil 2 days ago
Jepang Siapkan 300 Hotel untuk Isolasi Atlet Olimpiade yang Positif Covid 2 days ago
Dua Atlet Kickboxing Magelang Raih Emas dan Perak di Seleknas 4 days ago
Jadi Ketua PB ISSI, Kapolri Listyo Sigit Tidak Langgar Rangkap Jabatan 1 week ago
Joan Mir Soroti Strategi Tim di FP2 GP Doha 1 week ago

Terpopuler

MotoGP Austria: Mimpi Buruk Rossi Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia Ini Puji Kecepatan Pencairan Bonus Asian Games MOTOGP 2016 : Ada Marquez dan Pedrosa di Sentul Saat Valentine Day Kalah dari Arab Saudi, Tim Bola Tangan Putra Gagal Sumbang Medali MOTOGP AUSTIN : Marquez Catat Sejarah Sebagai Pemenang Balapan MotoGP Termuda
Melaju ke Final Miami Terbuka, Petenis Italia Sinner Bikin Sejarah 1 week ago
Terhenti di 8 Besar Miami Terbuka, Tsitsipas Akui Stres 1 week ago
PON Ditunda 2022? Ini Klarifikasi Menpora Zainudin Amali 1 week ago
Debut Vettel di Aston Martin Berujung Nestapa 2 weeks ago
Miami Open 2021, Zverev Tersingkir di Babak Ketiga 2 weeks ago