HomeOlahraga

Jepang Siapkan 300 Hotel untuk Isolasi Atlet Olimpiade yang Positif Covid

Oleh:Newswire
11 April 2021 - 22:07 WIB

Logo Olimpiade Tokyo 2020/Antara - AFP

Harianjogja.com, JAKARTA – Panitia Penyelenggara Olimpiade 2020 Tokyo, yang bakal digelar pada 23 Juli–8 Agustus 2021, berencana menyewa sekitar 300 kamar hotel sebagai tempat isolasi bagi atlet yang positif Covid-19.

Langkah itu merupakan upaya guna mencegah penyebaran virus selama event akbar tersebut, kata salah seorang pejabat menolak disebut namanya seperti ditulis Kyodo dan dilansir Antara pada Minggu (11/4/2021).

Hotel tersebut juga diperuntukkan sebagai tempat isolasi dan perawatan para atlet yang dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala ringan ataupun tanpa gejala.

Para atlet dan staf Olimpiade yang tidak perlu dirawat inap di rumah sakit akan dikarantina di kamar hotel selama 10 hari.

Panitia juga mempertimbangkan untuk menyewa seluruh bangunan hotel yang terletak beberapa kilometer dari Kampung Atlet di distrik tepi Laut Harumi Tokyo, yang diperkirakan menelan biaya ratusan juta yen.

Sebanyak 30 kendaraan khusus juga akan disiapkan untuk mengangkut atlet positif Covid-19 ke hotel.

Panitia akan tetap menjamin kebutuhan para atlet dan ofisial selama menjalani karantina di hotel, seperti menyediakan layanan multibahasa serta makanan halal.

Pemerintah Jepang dan penyelenggara Tokyo 2020 berjanji melaksanakan Olimpiade dan Paralimpiade yang aman setelah tertunda setahun akibat pandemi Covid-19.

Sesuai dengan buku panduan Covid-19 yang dirilis penyelenggara pada Februari 2021, para atlet akan mengikuti setidaknya satu kali tes setiap 4 hari.

Namun, Komite Penyelenggara Tokyo 2020 sedang berupaya meningkatkan frekuensi tes Covid-19 mengingat munculnya virus varian baru yang mulai menyebar di Jepang dan beberapa negara lain.

Selama Olimpiade, atlet hanya diperbolehkan keluar ke lokasi pertandingan dan beberapa lokasi terbatas lainnya, serta tidak diperbolehkan menggunakan transportasi umum tanpa izin. Versi baru pedoman Covid-19 di Olimpiade akan diterbitkan pada akhir bulan ini.

Sumber: Antara Tag: Olimpiade Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Wow, Jersey Michael Jordan Terjual Rp19,5 miliar Orang Tertua di Dunia Tak Jadi Ikut Kirab Obor Olimpiade Tokyo 2020 Dua Atlet Kickboxing Magelang Raih Emas dan Perak di Seleknas Terhenti di 8 Besar Miami Terbuka, Tsitsipas Akui Stres PON Ditunda 2022? Ini Klarifikasi Menpora Zainudin Amali
Berita Terbaru
Wow, Jersey Michael Jordan Terjual Rp19,5 miliar 1 day ago
Orang Tertua di Dunia Tak Jadi Ikut Kirab Obor Olimpiade Tokyo 2020 5 days ago
KONI DIY Targetkan 11 Emas di PON XX 1 week ago
Dunia MotoGP: Tim Valentino Rossi, VR46 Mendekat ke Ducati 1 week ago
Kota di Jepang Mulai Pesimistis Menyambut Olimpiade Tokyo 1 week ago

Terpopuler

MotoGP Austria: Mimpi Buruk Rossi Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia Ini Puji Kecepatan Pencairan Bonus Asian Games MOTOGP 2016 : Ada Marquez dan Pedrosa di Sentul Saat Valentine Day Kalah dari Arab Saudi, Tim Bola Tangan Putra Gagal Sumbang Medali MOTOGP AUSTIN : Marquez Catat Sejarah Sebagai Pemenang Balapan MotoGP Termuda
Djokovic Tumbang, Karatsev vs Berrettini Melaju ke Final Tenis Serbia 2 weeks ago
PBSI: Penundaan India Open 2021 Untungkan Hafiz/Gloria 2 weeks ago
Balapan Pertama Pascacedera, Marc Marquez: Saya Akan Menderita 3 weeks ago
Latihan Normal Lagi di Bulan Puasa, Ahsan Akui Lebih Berat 3 weeks ago
Ketua Panitia Bantah Olimpiade Tokyo Batal Lagi Tahun Ini 3 weeks ago