HomeOlahraga

Petinju Manny Pacquiao Calonkan Diri di Pilpres Filipina 2022

Oleh:Nindya Aldila
20 September 2021 - 18:17 WIB

Manny Pacquiao - Reuters

Harianjogja.com, JAKARTA - Petinju Manny Pacquiao akan mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina. Mantan juara dunia yang dijuluki Pacman itu mencerca korupsi di pemerintahan dan hubungan Presiden Rodrigo Duterte dengan China.

Pacquiao menerima pencalonan sekutu politiknya selama majelis nasional faksi yang dipimpinnya di Partai PDP-Laban yang berkuasa, beberapa hari setelah faksi saingan menominasikan ajudan lama Duterte, Senator Christopher "Bong" Go, sebagai kandidat presidennya.

Dilansir oleh CNBC, faksi itu menominasikan Duterte sebagai wakil presiden, sebuah langkah yang oleh para kritikus disebut sebagai taktik sinis oleh Duterte untuk mempertahankan kekuasaan.

Go menolak pencalonan, tetapi keretakan antara faksi Pacquiao dan Duterte telah meningkat.

“Saya seorang pejuang, dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring,” kata Pacquiao yang menjabat sebagai seorang senator, dalam pidato yang disiarkan langsung selama pertemuan.

“Saya menerima pencalonan Anda sebagai calon presiden Republik Filipina.” Faksi Pacquiao belum menyatakan dukungan untuk tawaran wakil presiden Duterte. Duterte dilarang oleh konstitusi mencalonkan diri untuk masa jabatan enam tahun kedua sebagai presiden.

Terlepas dari popularitasnya, Pacquiao berada di urutan terdepan dalam jajak pendapat yang secara konsisten diungguli oleh putri Duterte, Sara Duterte-Carpio.

Pada bulan Juli, Pacquiao terpilih sebagai pemimpin PDP-Laban, beberapa minggu setelah menantang Duterte atas posisinya di China dan rekornya memerangi korupsi, tetapi pemecatannya ditolak oleh faksinya.

Pacquiao, yang pernah menjadi sekutu dekat Duterte, mengatakan lebih dari 10 miliar peso (US$200 juta) dalam bantuan pandemi yang ditujukan untuk keluarga miskin tidak diawasi. Ini, menurutnya, baru satu penemuan dalam penyelidikan korupsi yang telah direncanakannya.

Perang salib anti-korupsi Pacquiao datang ketika Senat telah membuka penyelidikan atas dugaan harga yang terlalu tinggi dari pasokan dan peralatan medis yang dibeli di bawah program tanggap pandemi pemerintah.

Duterte sendiri menantang Pacquiao untuk menyebutkan nama kantor pemerintah yang korup untuk membuktikan bahwa petinju itu tidak hanya berpolitik menjelang pemilihan.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: presiden, Internasional Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Masker dan Pembersih Tangan Jadi Barang Langka di Asia Gara-Gara Wabah Virus Corona 1 year ago
Pesan Jokowi Soal Virus Corona: Terpenting Waspada, Hati-hati 1 year ago
Gara-Gara Virus Corona, Mahasiswi Asal Klaten Tertahan di Wuhan 1 year ago
Ada Virus Corona, Pemerintah China Bangun Rumah Sakit Darurat Berkapasitas 1.000 Pasien 1 year ago
Sudah 25 Orang di China Tewas Akibat Virus Corona 1 year ago

Berita Pilihan

Turnamen Bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021 Digelar Tanpa Penonton Balapan di Sirkuit Mandalika Diklaim Tarik Potensi Ekonomi Rp500 Miliar Per Tahun Piala Thomas Indonesia vs Thailand: Shesar Bawa Indonesia Menang 3-2 Erick Thohir Sebut Pembukaan PON XX Nyaris Kalahkan Asian Games 2018 Piala Sudirman: Ginting Kalah, Indonesia Tertinggal 1-2 dari Malaysia
Berita Terbaru
Ratusan Atlet Tenis dari Seluruh Indonesia Berlaga di Piala Wali Kota Magelang 1 hour ago
UPN Veteran Jogja Raih Medali Emas dan Perunggu di POR BAPOMI DIY 2021 1 day ago
Borobudur Marathon 2021 Sukses Gabungkan Virtual dan Offline 1 day ago
Minions Cetak Sejarah Kemenangan Hat-Trick di Indonesia Open 1 day ago
Jadi Penyelenggara POR BAPOMI, UAD Cari Bibit-Bibit Pecatur 2 days ago

Terpopuler

MotoGP Austria: Mimpi Buruk Rossi Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia Ini Puji Kecepatan Pencairan Bonus Asian Games MOTOGP 2016 : Ada Marquez dan Pedrosa di Sentul Saat Valentine Day Kalah dari Arab Saudi, Tim Bola Tangan Putra Gagal Sumbang Medali MOTOGP AUSTIN : Marquez Catat Sejarah Sebagai Pemenang Balapan MotoGP Termuda
Greysia/Apriyani Gagal Juara, Kevin/Marcus Harapan Satu-satunya 2 days ago
HORE MENANG! Minions Juara Indonesia Open 2021 2 days ago
Indonesia Loloskan 4 Wakil di BWF World Tour Final 2021 2 days ago
Jadwal Final Indonesia Open 2021: Dua Wakil Indonesia di Partai Puncak 2 days ago
Indonesia Open 2021: Jojo Gagal ke Final 2 days ago