HomeOlahraga

Tinju PON Papua Rusuh, Begini Tanggapan Chris John..

Oleh:Newswire
10 Oktober 2021 - 11:57 WIB

Chris John - ANTARA

Harianjogja.com, JAKARTA - Mantan juara dunia Chris John, yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum KONI Pusat, mengajak para petinju muda calon penerusnya untuk belajar menyikapi setiap hasil pertandingan dengan tetap berpikir positif.

"Kalau buat saya sendiri, bagaiamana seorang petinju bisa menerima segala sesuatunya dengan positive thinking," kata Chris John saat meninjau pertandingan tinju PON Papua di GOR Cendrawasih, Kota Jayapura, Sabtu (9/10/2021).

Hal itu ia sampaikan lewat pengalamannya sendiri yang pernah mengalami kemenangan maupun kekalahan saat berlaga di atas ring dan semua itu disebutnya akan membuka kesempatan untuk terus membenahi diri dan kemampuan sebagai seorang petinju.

"Kalau kita menang, kita harus bisa mempertahankannya dengan cara berlatih sebaik-baiknya, bahkan kalau perlu lebih kuat dan giat lagi," katanya.

"Dan ketika kalah, seharusya menjadi momen yang memotivasi petinju untuk bercermin apa yang membuat mereka kalah, sehingga ke depan bisa memperbaiki semuanya agar bisa lebih baik lagi," ujar Chris John menambahkan.

Cabang olahraga tinju di PON Papua diwarnai sejumlah protes yang cukup keras dari ofisial maupun atlet ketika mereka mengalami kekalahan.

Bahkan dalam pertandingan perempat final kelas bantam putra (52-56kg) PON pada Jumat (8/10) kemarin sempat menimbulkan kericuhan lantaran petinju DKI Jakarta Jill Mandagie tidak terima akan kekalahan dari wakil Nusa Tenggara Timur Lucky Mira Agusto Hari.

Reaksi tidak terpuji Jill bahkan memicu respon yang tidak kalah keras dari anggota panitia pertandingan serta penonton yang melayangkan bogem mentah kepada petinju DKI tersebut.

Ketua Umum PP Pertina Komaruddin Simanjuntak menyatakan Jill terancam dijatuhi sanksi karena tindakannya yang menimbulkan kegaduhan.

Cabang olahraga tinju PON Papua bakal memperebutkan 17 medali emas yang dipertandingkan lewat 10 kelas kategori putra dan tujuh kelas kategori putri hingga Rabu (13/10) pekan depan.

Sumber: Antara Tag: papua, olahraga Editor: Sunartono

Artikel Terkait
PB Wushu Bakal Dongkrak Prestasi Atlet 1 year ago
800 Perenang Ikuti Krasi 2020 1 year ago
Begini Efek Olahraga untuk Demensia 1 year ago
Olahraga Sambil Mendengarkan Musik, Apakah Lebih Efektif? 1 year ago
Risiko Terkena 7 Kanker Ini Bisa Dicegah dengan Olahraga 1 year ago

Berita Pilihan

Turnamen Bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021 Digelar Tanpa Penonton Balapan di Sirkuit Mandalika Diklaim Tarik Potensi Ekonomi Rp500 Miliar Per Tahun Piala Thomas Indonesia vs Thailand: Shesar Bawa Indonesia Menang 3-2 Erick Thohir Sebut Pembukaan PON XX Nyaris Kalahkan Asian Games 2018 Piala Sudirman: Ginting Kalah, Indonesia Tertinggal 1-2 dari Malaysia
Berita Terbaru
BWF Final Tour 2021: Marcus/Kevin Kalah dari Duo Jepang Hoki/Kobayashi 1 day ago
BWF World Tour Finals 2021: Ganda Campuran Thailand Boyong 3 Gelar 1 day ago
Semifinal BWF World Tour Finals 2021, Kevin-Marcus Lolos ke Final 2 days ago
Momen Jonathan Christie Gugup saat Jadi Pasangan Ganda Jokowi 4 days ago
Kevin, Marcus, Hingga Jojo Lelang Sejumlah Barang untuk Bantu Warga Terdampak Pandemi 6 days ago

Terpopuler

MotoGP Austria: Mimpi Buruk Rossi Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia Ini Puji Kecepatan Pencairan Bonus Asian Games MOTOGP 2016 : Ada Marquez dan Pedrosa di Sentul Saat Valentine Day Kalah dari Arab Saudi, Tim Bola Tangan Putra Gagal Sumbang Medali MOTOGP AUSTIN : Marquez Catat Sejarah Sebagai Pemenang Balapan MotoGP Termuda
Ratusan Atlet Tenis dari Seluruh Indonesia Berlaga di Piala Wali Kota Magelang 6 days ago
Puluhan Tim Boli Voli Mahasiswa Bertarung di GOR UII 1 week ago
UPN Veteran Jogja Raih Medali Emas dan Perunggu di POR BAPOMI DIY 2021 1 week ago
Borobudur Marathon 2021 Sukses Gabungkan Virtual dan Offline 1 week ago
Minions Cetak Sejarah Kemenangan Hat-Trick di Indonesia Open 1 week ago