HomeOlahraga

83 Kasus Covid-19 di PON XX Papua Akibat Penginapan dan Makan Bersama

Oleh:Newswire
12 Oktober 2021 - 11:17 WIB

Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura melakukan tes antigen terhadap para penonton pertandingan bola voli PON XX Papua di Stadion Bola Voli Indoor di Koya Koso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, pada Kamis (1/10/2021). - Antara/Imam Santoso

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan sebanyak 83 kasus Covid-19 teridentifikasi pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua hingga Senin siang.

"Sampai tadi siang jadi 83 kasus konsentrasi di beberapa cabang olahraga seperti judo, panahan, sepatu roda, kriket dan motorcross, juga di beberapa provinsi asal yaitu DKI Jakarta, Jatim, Jateng dan Bali," kata Menkes saat konferensi pers daring terkait PPKM yang diikuti di Jakarta, Senin (11/10/2021).

Menkes mengatakan, berdasarkan pengamatan, penularan terjadi di penginapan karena satu kamar ditempati sekitar empat orang. Selain itu juga karena makan bersama.

"Ini menjadi catatan agar ke depan untuk acara seperti ini ada perbaikan-perbaikan protokol kesehatan yang bisa kami lakukan," tambah Menkes.

Selain itu, menurut Budi, disiplin protokol kesehatan juga masih bisa ditingkatkan terutama dengan memberikan wewenang yang lebih besar kepada Satgas Penanganan Covid-19 di daerah.

Lebih lanjut Menkes menambahkan, pihaknya mengamati ada tujuh atlet yang sebelumnya sudah teridentifikasi Covid-19 berhasil keluar dari tempat isolasi sebelum selesai masa isolasinya yaitu selama lima hari.

Para atlet tersebut yaitu satu orang ke Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, dua orang ke Jambi, tiga orang ke Sidoarjo Jawa Timur dan satu orang ke Yogyakarta.

"Atas saran Bapak Presiden, atlet yang keburu kembali ke daerah asal sebelum selesai masa isolasinya bisa dikarantina di tempat kedatangan," kata Menkes.

Dari pengalaman pelaksanaan PON tersebut, Menkes menyatakan bahwa ada beberapa hal yang menjadi patokan protokol kesehatan jika ke depan akan menyelenggarakan acara-acara besar serupa.

Hal tersebut yaitu, memastikan bahwa Satgas Covid-19 untuk masing-masing kegiatan diberikan wewenang yang cukup untuk bisa menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian, arahan Presiden juga agar dipastikan semua asrama dan tempat tinggal para atlet dijaga agar jaga jarak benar-benar diperhatikan baik pada saat tidur maupun saat makan.

Selanjutnya, perlu juga dilakukan tes PCR rutin secara acak bagi para atlet di masa pertandingan sehingga proses identifikasnya bisa dilakukan lebih cepat.

Serta ruang isolasi/karantina terpusat harus siap sehingga jika ada yang teridentifikasi positif Covid-19 bisa langsung diisolasi.

Sumber: Antara Tag: Virus Corona, olahraga Editor: Sunartono

Artikel Terkait
PB Wushu Bakal Dongkrak Prestasi Atlet 1 year ago
800 Perenang Ikuti Krasi 2020 1 year ago
Begini Efek Olahraga untuk Demensia 1 year ago
Olahraga Sambil Mendengarkan Musik, Apakah Lebih Efektif? 1 year ago
Risiko Terkena 7 Kanker Ini Bisa Dicegah dengan Olahraga 1 year ago

Berita Pilihan

Turnamen Bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021 Digelar Tanpa Penonton Balapan di Sirkuit Mandalika Diklaim Tarik Potensi Ekonomi Rp500 Miliar Per Tahun Piala Thomas Indonesia vs Thailand: Shesar Bawa Indonesia Menang 3-2 Erick Thohir Sebut Pembukaan PON XX Nyaris Kalahkan Asian Games 2018 Piala Sudirman: Ginting Kalah, Indonesia Tertinggal 1-2 dari Malaysia
Berita Terbaru
BWF Final Tour 2021: Marcus/Kevin Kalah dari Duo Jepang Hoki/Kobayashi 1 day ago
BWF World Tour Finals 2021: Ganda Campuran Thailand Boyong 3 Gelar 1 day ago
Semifinal BWF World Tour Finals 2021, Kevin-Marcus Lolos ke Final 2 days ago
Momen Jonathan Christie Gugup saat Jadi Pasangan Ganda Jokowi 4 days ago
Kevin, Marcus, Hingga Jojo Lelang Sejumlah Barang untuk Bantu Warga Terdampak Pandemi 6 days ago

Terpopuler

MotoGP Austria: Mimpi Buruk Rossi Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia Ini Puji Kecepatan Pencairan Bonus Asian Games MOTOGP 2016 : Ada Marquez dan Pedrosa di Sentul Saat Valentine Day Kalah dari Arab Saudi, Tim Bola Tangan Putra Gagal Sumbang Medali MOTOGP AUSTIN : Marquez Catat Sejarah Sebagai Pemenang Balapan MotoGP Termuda
Ratusan Atlet Tenis dari Seluruh Indonesia Berlaga di Piala Wali Kota Magelang 6 days ago
Puluhan Tim Boli Voli Mahasiswa Bertarung di GOR UII 1 week ago
UPN Veteran Jogja Raih Medali Emas dan Perunggu di POR BAPOMI DIY 2021 1 week ago
Borobudur Marathon 2021 Sukses Gabungkan Virtual dan Offline 1 week ago
Minions Cetak Sejarah Kemenangan Hat-Trick di Indonesia Open 1 week ago