HomeOlahraga

Jabar Juara Umum PON XX, Atlet Dapatkan Kadeudeuh

Oleh:Wisnu Wage Pamungkas
16 Oktober 2021 - 00:27 WIB

Gubernur Jabar Ridwan Kamil - JIBI/Bisnis.com

Harianjogja.com, JAYAPURA -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan atlet Jabar peraih medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan mendapatkan kadeudeuh atau bonus. 

"Hadiah uang kadeudeuh atau reward sudah kami siapkan secepatnya. Nanti akan kita upacarakan di Gedung Sate," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, dalam jumpa pers di Jayapura, Jumat (15/10/2021).

Mengenai nominal bonus, Kang Emil menyebut saat ini sedang dihitung oleh Pemda Provinsi Jabar. Namun, ia memastikan jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah per atlet tergantung jenis medali yang diperoleh dan nomor kategori.

"Besarannya sedang dihitung oleh Pak Sekda yang pasti ratusan juta baik emas, perak, perunggu," ucapnya.

"Nanti ada kategorinya yang emas tunggal seperti catur, ada juga yang emas berkelompok itu nanti berbeda ada hitungannya," tambahnya.

Kang Emil juga memastikan nominal bonus akan sedikit berbeda mengingat kondisi keuangan Pemda Provinsi Jabar saat ini terdampak pandemi Covid-19. Kendati demikian, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin memberikan bonus terbaik bagi Kontingen Jabar.

"Tentunya memang tidak bisa maksimal karena Covid-19. Semua terdampak, termasuk Pemda Provinsi Jabar kehilangan pendapatan yang luar biasa, tapi kami akan maksimalkan. Mudah-mudahan menyemangati," tuturnya.

Jabar sendiri dinobatkan sebagai juara umum PON XX Papua 2021 dengan torehan 133 emas, 105 perak dan 118 perunggu. Kang Emil mengaku sangat bahagia karena Jabar berhasil mempertahankan gelar juara di Tanah Papua.

"Yang saya bahagia adalah kita menang tidak di tanah sendiri tapi sekarang di tanah orang yaitu Papua. Beli tomat ke Ujung Pandang, Jawa Barat bukan jago kandang, itu pantunnya," katanya.

Kang Emil pun mengucapkan terima kasih kepada Papua sebagai tuan rumah.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: olahraga Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
PB Wushu Bakal Dongkrak Prestasi Atlet 1 year ago
800 Perenang Ikuti Krasi 2020 1 year ago
Begini Efek Olahraga untuk Demensia 1 year ago
Olahraga Sambil Mendengarkan Musik, Apakah Lebih Efektif? 1 year ago
Risiko Terkena 7 Kanker Ini Bisa Dicegah dengan Olahraga 1 year ago

Berita Pilihan

Turnamen Bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021 Digelar Tanpa Penonton Balapan di Sirkuit Mandalika Diklaim Tarik Potensi Ekonomi Rp500 Miliar Per Tahun Piala Thomas Indonesia vs Thailand: Shesar Bawa Indonesia Menang 3-2 Erick Thohir Sebut Pembukaan PON XX Nyaris Kalahkan Asian Games 2018 Piala Sudirman: Ginting Kalah, Indonesia Tertinggal 1-2 dari Malaysia
Berita Terbaru
Ratusan Atlet Tenis dari Seluruh Indonesia Berlaga di Piala Wali Kota Magelang 1 hour ago
UPN Veteran Jogja Raih Medali Emas dan Perunggu di POR BAPOMI DIY 2021 1 day ago
Borobudur Marathon 2021 Sukses Gabungkan Virtual dan Offline 1 day ago
Minions Cetak Sejarah Kemenangan Hat-Trick di Indonesia Open 1 day ago
Jadi Penyelenggara POR BAPOMI, UAD Cari Bibit-Bibit Pecatur 2 days ago

Terpopuler

MotoGP Austria: Mimpi Buruk Rossi Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia Ini Puji Kecepatan Pencairan Bonus Asian Games MOTOGP 2016 : Ada Marquez dan Pedrosa di Sentul Saat Valentine Day Kalah dari Arab Saudi, Tim Bola Tangan Putra Gagal Sumbang Medali MOTOGP AUSTIN : Marquez Catat Sejarah Sebagai Pemenang Balapan MotoGP Termuda
Greysia/Apriyani Gagal Juara, Kevin/Marcus Harapan Satu-satunya 2 days ago
HORE MENANG! Minions Juara Indonesia Open 2021 2 days ago
Indonesia Loloskan 4 Wakil di BWF World Tour Final 2021 2 days ago
Jadwal Final Indonesia Open 2021: Dua Wakil Indonesia di Partai Puncak 2 days ago
Indonesia Open 2021: Jojo Gagal ke Final 2 days ago