Olahraga

Turnamen Bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021 Digelar Tanpa Penonton

Penulis: Nina Atmasari
Tanggal: 27 Oktober 2021 - 22:37 WIB
Yuni Kartika dan dua atlet yang akan bertanding di YUZU Isotonic Akmil Open 2021. - Ist

Harianjogja.com, MAGELANG- Turnamen bulutangkis berskala nasional bertajuk YUZU Isotonic Akmil Open 2021 digelar di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah. Pertandingan ini digelar tanpa penonton sebagai upaya mencegah penularan Virus Covid-19.

Turnamen akan diselenggarakan di dua arena, yakni GOR Djarum Magelang dan GOR Soeroto Akademi Militer mulai Kamis (28/10/2021) hingga Minggu (7/10/2021).

Head of Marketing YUZU ISOTONIC, Bambang Hartono mengatakan YUZU Isotonic Akmil Open 2021 merupakan pelepas dahaga setelah lebih dari 1,5 tahun seluruh turnamen olahraga terhenti akibat pandemi Covid-19. Untuk itu, ia berharap kejuaraan ini dapat menjadi ajang pembuktian diri dan mewujudkan mimpi para atlet muda dalam meniti tangga prestasi di kancah bulutangkis nasional.

Baca juga: Rekor! Sepatu Michael Jordan di Awal Karir Terjual Rp21,28 Miliar

Apalagi, turnamen ini menggelontorkan total hadiah sebesar Rp270 juta untuk para kampiun kejuaraan ini. “Turnamen ini menjadi wadah bagi atlet muda dalam menyalurkan bakat dan kemampuannya di dunia bulutangkis," katanya, dalam konferensi pers secara daring, Rabu (27/10/2021).

Gubernur Akademi Militer, Mayor Jenderal TNI Candra Wijaya, menuturkan sejatinya turnamen ini merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-64 lembaga pendidikan TNI Angkatan Darat tersebut.

“Bulutangkis merupakan olahraga yang dicintai masyarakat dan telah membawa harum nama bangsa di mata dunia. Atas dasar hal tersebut, sudah selayaknya kita memutar kembali kompetisi di level nasional guna mempersiapkan atlet-atlet muda berbakat agar tetap mampu bersaing dengan negara kuat lainnya seperti China, Malaysia, Denmark hingga Korea yang selama ini mendominasi bulutangkis tingkat dunia,” tutur Candra.

Baca juga: Seluruh Wakil Indonesia Gagal Maju ke Final Denmark Open 2021

Turnamen YUZU Isotonic Akmil Open 2021 akan mempertandingkan 24 kategori baik putra dan putri dari berbagai kelompok umur yakni U-11 (tunggal), U-13 (tunggal), U-15 (tunggal, ganda & ganda campuran), U-17 (tunggal, ganda & ganda campuran), U-19 (tunggal, ganda & ganda campuran) serta dewasa (tunggal, ganda & ganda campuran).

Hingga saat ini, total pendaftar mencapai 1.482 peserta untuk seluruh kategori. Beberapa klub besar pun turut ambil bagian dalam turnamen ini diantaranya PB Djarum, Exist Badminton Club, PB Jaya Raya, hingga PB Mutiara Cardinal.

Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, mengatakan tingginya antusiasme para atlet bulutangkis dalam mengikuti kejuaraan ini merupakan sinyal positif mempertahankan dan memperkuat keberlangsungan ekosistem bulutangkis nasional. Di samping itu, Basri juga menguraikan bahwa turnamen ini diharapkan dapat menjadi awal dimulainya kejuaraan – kejuaraan lain di Indonesia supaya prestasi bulutangkis Indonesia di kancah dunia dapat terus berkembang.

“Meskipun masih di tengah kondisi pandemi Covid-19, para atlet muda di Tanah air harus terus diberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas bertandingnya," ungkap Basri Yusuf.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana YUZU Isotonic Akmil Open 2021, Lius Pongoh, mengatakan seluruh aspek dalam penyelenggaraan turnamen ini berpedoman pada protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah di masa pandemi.

"Guna menghindari kerumunan, seluruh pertandingan diselenggarakan tanpa penonton. Para penikmat bulutangkis dapat menyaksikan jalannya turnamen melalui live streaming," katanya.

Setiap peserta wajib melampirkan hasil tes swab antigen sebelum memasuki arena, selalu memakai masker saat tidak bertanding, menyediakan berbagai fasilitas cuci tangan dan memastikan tidak ada kerumunan di area GOR Djarum Magelang maupun GOR Soeroto Akmil untuk menghindari potensi penyebaran virus corona. (Nina Atmasari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Bagi Pebasket Reza Guntara, 2024 Tahun Pertama Merasakan Mudik
Langkah Rinov/Pitha dihentikan Seo/Chae di 16 besar BAC 2024
Shuttlecock Berbeda, Ini Strategi Jojo hingga Menang
Jojo dan Ginting Lolos ke Babak 16 Besar BAC

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Festival di Wonosobo-Pekalongan, 24 Balon Udara Dilaporkan Ganggu Rute Pesawat
  2. 1.416 Pemudik Langgar Lalu Lintas Terekam ETLE di Tol Kalikangkung
  3. Israel Serang Iran, Maskapai Ganti Rute Terbang
  4. Sampah Bisa Ditukar Menjadi Tabungan Emas di Pegadaian, Begini Caranya

Berita Terbaru Lainnya

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani
Marquez Ungkapkan Penyebab Jatuh di MotoGP Amerika
Taklukan Wakil Tuan Rumah, Jonatan Christie Juara BAC 2024
Atasi Nets 111-107, Knicks Samai Torehan Bucks di Posisi Kedua
Kalahkan Shi Yuqi, Jojo Melaju ke Final BAC 2024
Ini Daftar Pebulutangkis Indonesia yang Lolos ke Olimpiade
Marc Marquez Ingin Akhiri Puasa Dua Tahun
Ganda Campuran Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris
Lolos Putaran Kedua Basket Asia, Pelatih Pelita Jaya Jakarta Soroti Kekompakan Tim
Jojo Melaju ke Perempat Final BAC 2024