HomeOlahraga

Jadwal Final Indonesia Open 2021: Dua Wakil Indonesia di Partai Puncak

Oleh:Andhika Anggoro Wening
28 November 2021 - 06:57 WIB

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya-Marcus Gideon - BWF

Harianjogja.com, JAKARTA - Final Indonesia Open 2021 akan berlangsung Minggu (28/11/2021) di Bali Convention Center, Nusa Dua, dengan menggelar lima partai.

Indonesia meloloskan dua wakil ke final Indonesia Open 2021 lewat Greysia Polii-Apriyani Rahayu dan ganda putra Kevin Sanjaya-Marcus Fernaldi Gideon.

Ganda putri andalan Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi wakil pertama Indonesia yang melaju ke final turnamen bulu tangkis level super 1000 itu setelah mengalahkan pasangan Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai 21-18, 21-14.

Pertandingan nanti menjadi laga final pertama bagi ganda putri peringkat enam dunia itu usai meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli lalu.

Pada babak final, unggulan kedua Greysia/Apriyani bakal menantang unggulan keempat asal Jepang yang juga juara Indonesia Masters 2021, Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Secara statistik ganda putri Indonesia itu unggul 2-0 dalam pertemuannya dengan Matsuyama/Shida.

Skuad Merah Putih menambah satu wakilnya dalam final Indonesia Open 2021 setelah ganda putra peringkat satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menang pada babak empat besar.

Pasangan berjuluk Minions itu menang dua gim langsung 21-16, 21-18 atas Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari India.

"Bersyukur diberi kemenangan hari ini. Kami bermain lebih cepat dan menekan dari awal," kata Marcus setelah pertandingan di Nusa Dua, Bali.

Pasangan peringkat satu dunia sudah memprediksi ganda putra asal India itu akan menjadi batu sandungan jika tak ditangani dengan tepat. Mengingat Rankireddy/Shetty punya ketahanan energi yang cukup mengesankan, Kevin/Marcus pun berinisiatif bermain dengan melakukan serangan sejak awal.

Tanpa mengandalkan pertahanan, Minions berusaha memberikan tekanan kepada ganda putra peringkat ke-11 itu dan berjuang selama 44 menit.

"Kami tahu pasangan India ini adalah lawan yang tenaganya kuat dan agak keras, kami tidak ada rencana main defend. Dari awal memang langsung menyerang," tutur Marcus menjelaskan.

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Kevin/Marcus bisa menyudahi pertandingan dengan dua gim langsung. Pada lima pertandingan sebelumnya sejak babak semifinal Indonesia Masters pekan lalu, mereka selalu terlibat pertarungan rubber game melelahkan.

Bahkan seusai babak final Indonesia Masters hari Minggu, Minions hanya mendapat waktu satu hari libur dan langsung bertanding di Indonesia Open di hari Senin.

"Pastinya menang dua gim memang lebih cepat, tapi tetap tidak mudah juga ya karena tadi sampai sekitar 44 menit lawan mereka," Kevin menceritakan.

Pada partai puncak turnamen Super 1000 ini, Kevin/Marcus dipastikan akan menghadapi wakil Jepang, antara Akira Koga/Taichi Saito dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang terkenal punya pertahanan rapat.

Berpotensi kembali melalui laga berat di babak final, Kevin/Marcus akan memulihkan diri dan menyiapkan tenaga sebelum main dengan penampilan terbaik.

"Untuk besok yang penting persiapan sebaik mungkin, harus maksimal dan main yang terbaik. Serta tanpa beban saja," Kevin menyebutkan.

Pada partai puncak besok, Marcus/Kevin yang telah mengantongi 10 kemenangan dari 11 pertemuan melawan Hoki/Yugobashi, dalam misi menuntaskan revans terhadap wakil Jepang tersebut setelah kalah dalam final Indonesia Masters 2021 pekan lalu.

Sayangnya Indonesia belum berhasil mengirimkan satu wakilnya dari sektor tunggal putra ke final setelah Jonatan Christie menyerah 19-21, 15-21 kepada pemain Denmark unggulan kedua Viktor Axelsen.

Pada pertemuan ketujuh Jonatan Christie dan Viktor Axelsen yang terjadi dalam semifinal Indonesia Open 2021, wakil tunggal putra nasional ini menilai performanya masih kurang matang sehingga kalah dua gim langsung, Sabtu.

"Puji Tuhan, hasilnya sudah yang terbaik, sudah maksimal. Saya sudah melakukan yang sebisa saya, sudah melakukan semuanya. Tapi memang ada beberapa catatan perbaikan dan akan saya diskusikan dengan pelatih," kata Jonatan setelah pertandingan.

Peraih medali emas Asian Games 2018 ini bermain ulet dalam dua pertandingan sebelumnya, serta satu kali mendapat walkover dari Anders Antonsen pada perempat final.

Namun aksinya baru menemui penghalang pada babak empat besar saat bertemu pebulu tangkis asal Denmark pemenang medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu.

Jonatan mempunyai peluang menang jika saja bisa lebih sabar dalam mengeksekusi serangan mengingat dia sempat beberapa kali memegang keunggulan atas Axelsen. Namun keputusannya yang terburu-buru menjadi petaka baginya dan kehilangan poin penting.

"Sebenarnya strategi saya sudah tepat, yaitu saat lawan Viktor memang harus dibuat lari. Karena jangkauan dia panjang ketika saya banyak bermain menyerang, itu akan jadi bumerang buat saya, dia cuma selangkah-selangkah ke kiri-kanan," papar dia.

"Jadi saya sebisa mungkin harus menarik dia, bagaimana caranya saya bersiap untuk bertahan dulu sebenarnya. Tapi ya itu, saya sudah benar penerapannya tapi di pukulan ke-10 ke atas, pukulannya mulai mengambang. Jadi enak buat dia untuk menyerang," ungkapnya.

Setelah tampil dalam Indonesia Open 2021, Jonatan akan istirahat sejenak selama dua pekan. Setelah itu barulah pemain kelahiran Jakarta 15 September 1997 itu tampil dalam Kejuaraan Dunia di Huelva, Spanyol, 12-19 Desember.

Sebelum ke Spanyol, dia terlebih dulu menjalani latihan dan berdiskusi dengan pelatih untuk menentukan strategi terbaik.

"Pasti saya istirahat dulu. Karena dengan jadwal yang begitu padat, tidak mungkin bisa langsung latihan dengan keras," pungkas Jonatan.

Sementara itu, Jepang menjadi negara yang mendominasi partai final Indonesia Open 2021. Selain nomor ganda putri dan putra, Negeri Sakura juga meloloskan ganda campuran Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang menjuarai Denmark Open 2021 dan French Open 2021.

Jadwal Final Indonesia Open 2021 dan Hasil Final Indonesia Open 2021:

Jadwal pertandingan, November 28, 2021
TimeDrawScoreDuration
Main Location - 1
  1.Starting at 1:00 PMWS
AN Seyoung [4]
-
Ratchanok INTANON [2]
  2.Followed byWD
Nami MATSUYAMA [4]
Chiharu SHIDA
-
Greysia POLII [2]
Apriyani RAHAYU
  3.Followed byXD
Dechapol PUAVARANUKROH [1]
Sapsiree TAERATTANACHAI
-
Yuta WATANABE [3]
Arisa HIGASHINO
  4.Followed byMD
Marcus Fernaldi GIDEON [1]
Kevin Sanjaya SUKAMULJO
-
Takuro HOKI
Yugo KOBAYASHI
  5.Followed byMS
LOH Kean Yew
-
Viktor AXELSEN [2]

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Badminton Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Ini Penyebab Kevin Sanjaya Jadi Trending Tropic 1 week ago
Sah, Jonatan Christie dan Shanju Resmi Bertunangan 1 month ago
Raih Piala Thomas, Kevin Sanjaya Diguyur Bonus Ratusan Juta Rupiah 1 month ago

Berita Pilihan

30.000 Kamar Hotel Dibutuhkan untuk Gelar F1 di Mandalika Turnamen Bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021 Digelar Tanpa Penonton Balapan di Sirkuit Mandalika Diklaim Tarik Potensi Ekonomi Rp500 Miliar Per Tahun Piala Thomas Indonesia vs Thailand: Shesar Bawa Indonesia Menang 3-2 Erick Thohir Sebut Pembukaan PON XX Nyaris Kalahkan Asian Games 2018
Berita Terbaru
Razer Invitational Kembali ke Asia Tenggara dengan Formasi Baru dan Kumpulan Hadiah yang Lebih Besar 6 hours ago
Timnas Basket Indonesia Jalani TC di Jogja 7 hours ago
Babak Belur, BP Jogja Akhiri Seri I IBL 2022 di Dasar Klasemen 2 days ago
MotoGP Mandalika Dorong Perekonomian Indonesia 4 days ago
Popda DIY 2022 Pertandingkan 29 Cabor 1 week ago

Terpopuler

MotoGP Austria: Mimpi Buruk Rossi Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia Ini Puji Kecepatan Pencairan Bonus Asian Games MOTOGP 2016 : Ada Marquez dan Pedrosa di Sentul Saat Valentine Day Kalah dari Arab Saudi, Tim Bola Tangan Putra Gagal Sumbang Medali MOTOGP AUSTIN : Marquez Catat Sejarah Sebagai Pemenang Balapan MotoGP Termuda
Sanksi WADA Bakal Dicabut, Merah Putih Kembali Berkibar 1 week ago
Pakai Kursi Baru, Kualitas Sirkuit Mandalika MotoGP Setara Sirkuit F1 1 week ago
Ini Penyebab Kevin Sanjaya Jadi Trending Tropic 1 week ago
Raffi Ahmad Simpan Dendam Bola Basket, Gading Marten Bersuara 1 week ago
Indonesia Patriots Ambil Bagian di IBL 2022 2 weeks ago