HomeOlahraga

Jadi Penyelenggara POR BAPOMI, UAD Cari Bibit-Bibit Pecatur

Oleh:Lajeng Padmaratri
28 November 2021 - 17:57 WIB

POR Bapomi DIY cabor catur diselenggarakan di kampus UAD, Sabtu (27/11) hingga Minggu (28/11). - Ist.

Harianjogja.com, JOGJA - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (POR Bapomi) DIY 2021 dalam cabang olahraga catur. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada Sabtu (27/11) hingga Minggu (28/11/2021).

Warek Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD, Gatot Sugiarto mengatakan ada 43 peserta dari 15 perguruan tinggi yang ikut dalam kompetisi catur ini. Mereka terbagi dalam empat kategori yaitu catur perorangan cepat putra, catur perorangan cepat putri, catur perorangan kilat putra, dan catur perorangan kilat putri.

"UAD mendapatkan amanah menyelenggarakan kompetisi catur ini dari Bapomi DIY. Ajang ini sebenarnya program rutin Bapomi, rutin 2 tahunan. Harusnya diselenggarakan 2020 kemarin, tapi karena situasi pandemi, kita tunda untuk diselenggarakan tahun ini," tutur Gatot kepada Harian Jogja, Minggu.

Selain catur, ada sembilan cabor lain yang dipertandingkan di 10 kampus berbeda. Lebih lanjut, penyelenggaraan POR ini bisa menjadi kesempatan untuk melihat potensi atlet dari kalangan mahasiswa. Harapannya, akan muncul bibit-bibit pecatur yang bisa mewakili DIY.

"Pengalaman kami, saat 2018 UAD juga menyelenggarakan kompetisi catur dari Bapomi ini, salah satu juaranya bisa mewakili DIY di PON Papua kemarin dan meraih emas. Artinya, atlet dari kalangan mahasiswa ini punya potensi yang bagus untuk dikembangkan," lanjutnya.

Gatot menyebut para pecatur ini ditargetkan bisa melaju ke ajang yang lebih tinggi. Misalnya Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang akan diselenggarakan di Sumatera Barat pada 2022 mendatang.

Dalam gelaran POR Bapomi DIY tahun ini, UAD mengirimkan empat perwakilan untuk masing-masing kategori kompetisi catur. Meski pembinaan bakatnya belum dilakukan dalam suatu wadah kegiatan mahasiswa, Gatot berharap ajang ini bisa dijadikan patokan untuk menjaring pecatur dari UAD dengan lebih baik.

"UAD belum punya unit kegiatan mahasiswa untuk catur. Harapannya dari penjaringan ini kita bisa tahu potensi catur di UAD seperti apa. Kalau potensinya besar, tidak ada salahnya juga jika kita bentuk kegiatan mahasiswa yang akan fokus pada catur," imbuhnya.

Tag: olahraga Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Sedih? Coba Usir dengan Olahraga Ini 3 days ago
Lari Bisa Menjaga Kesehatan Mental, Kok Bisa? 3 days ago
Popda DIY 2022 Pertandingkan 29 Cabor 4 days ago
Sanksi WADA Bakal Dicabut, Merah Putih Kembali Berkibar 5 days ago
PBSI Tak Ingin Promosi-Degradasi Pebulu Tangkis Diperdebatkan 1 week ago

Berita Pilihan

30.000 Kamar Hotel Dibutuhkan untuk Gelar F1 di Mandalika Turnamen Bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021 Digelar Tanpa Penonton Balapan di Sirkuit Mandalika Diklaim Tarik Potensi Ekonomi Rp500 Miliar Per Tahun Piala Thomas Indonesia vs Thailand: Shesar Bawa Indonesia Menang 3-2 Erick Thohir Sebut Pembukaan PON XX Nyaris Kalahkan Asian Games 2018
Berita Terbaru
MotoGP Mandalika Dorong Perekonomian Indonesia 1 day ago
Popda DIY 2022 Pertandingkan 29 Cabor 4 days ago
Sanksi WADA Bakal Dicabut, Merah Putih Kembali Berkibar 5 days ago
Pakai Kursi Baru, Kualitas Sirkuit Mandalika MotoGP Setara Sirkuit F1 1 week ago
Ini Penyebab Kevin Sanjaya Jadi Trending Tropic 1 week ago

Terpopuler

MotoGP Austria: Mimpi Buruk Rossi Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia Ini Puji Kecepatan Pencairan Bonus Asian Games MOTOGP 2016 : Ada Marquez dan Pedrosa di Sentul Saat Valentine Day Kalah dari Arab Saudi, Tim Bola Tangan Putra Gagal Sumbang Medali MOTOGP AUSTIN : Marquez Catat Sejarah Sebagai Pemenang Balapan MotoGP Termuda
Raffi Ahmad Simpan Dendam Bola Basket, Gading Marten Bersuara 1 week ago
Indonesia Patriots Ambil Bagian di IBL 2022 1 week ago
Beli Tiket MotoGP di Indomaret dan Alfamart, Seperti Ini Caranya 1 week ago
Novak Djokovic Mulai Berlatih setelah Bebas dari Tahanan Imigrasi 1 week ago
PBSI Tak Ingin Promosi-Degradasi Pebulu Tangkis Diperdebatkan 1 week ago