Olahraga

Targetkan Kirim Perwakilan ke PON 2024, Gabsi DIY Terus Seleksi Atlet

Penulis: Arief Junianto
Tanggal: 07 Agustus 2022 - 20:07 WIB
Suasana Kejurda Bridge di Grha Ganesha Hall, Gedung Diklat RSJ Grhasia, Kaliurang, Sleman, Sabtu (6/8/2022). - Istimewa

Harianjogja.com, Sleman — Sesuai kesepakatan dengan Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) DIY, Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) DIY menargetkan mengirimkan atlet ke PON 2024 yang digelar di Aceh-Sumatera Utara. Sementara pada Pra-PON tahun depan, Gabsi DIY menargetkan mengirimkan 10 pasang atlet.

Ketua KONI DIY, Djoko Pekik Irianto saat membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bridge DIY 2022 mengatakan kesepakatan itu harus ditindaklanjuti dengan pembenahan sistem pelatihan yang intensif.

“Kejurda yang berlangsung 6-7 Agustus ini sangat kami apresiasi. Selain sarana menjaring bibit unggul, kejurda ini juga langkah awal kami menyukseskan target mengirimkan atlet ke PON 2024,” kata Djoko, Sabtu (6/8/2022).

BACA JUGA: MotoGP Inggris, Quartararo Tercepat saat Hari Pertama Sesi Latihan Bebas

Dimulai Sabtu, Gabsi DIY menyelenggarakan Kejurda Bridge di Grha Ganesha Hall, Gedung Diklat RSJ Grhasia, Kaliurang, Sleman.

Pengiriman atlet ke PON 2024 ini menurut Djoko sudah disepakati oleh KONI dan Gabsi DIY. Karenanya, kedua pihak sepakat untuk mendorong dan memberi dukungan pada seluruh atlet Bridge DIY untuk terus berlatih serta bertanding.

“Tahun depan [2023] ada Pra-PON, kami akan mengirimkan atlet dan ditargetkan lolos. Nanti atlet yang kami kirim akan disaring dari Pekan Olahraga Daerah [Porda] DIY ke XVI pada 1-9 September,” ucap dia.

Karena itulah, kepada seluruh atlet dirinya meminta untuk terus berlatih keras. Tidak hanya itu, melihat potensi atlet yang didominasi pelajar, Djoko meminta tidak hanya prestasi bridge yang terus ditingkatkan, melainkan prestasi di kelas juga tidak boleh dilupakan.

Ketua Gabsi DIY, Ahmad Akhadi mengatakan pihaknya sementara ini belum memastikan akan mengirim berapa atlet untuk pra PON tahun depan. Namun dirinya sangat berharap, DIY bisa diwakili oleh 10 pasang atlet.

“Kejurda tahun ini kami manfaatkan betul sebagai sarana silahturahmi, latihan serta uji coba [try-out] mengikuti pertandingan resmi KONI dan Gabsi di level yang lebih tinggi,” kata Akhmadi.

Tidak hanya menjaring atlet terbaik lewat Kejurda, GABSI DIY juga akan memanfaatkan berlangsungnya Liga Bridge Siswa Nasional (LBSN) dan Liga Bridge Mahasiswa Nasional (LBMN).

Seri kedua ajang ini akan berlangsung pada 21 Agustus, seri ketiga 18 September, dan seri terakhir 16 Oktober. Finalnya digelar di Surakarta, 26-27 November.

"Kejurda mempertandingkan kelas SD, SMP, SMA, mahasiswa dan umum, baik pasangan maupun beregu. Ada 57 pasangan yang akan ikut bertanding dan 21 tim untuk beregu," jelasnya.

Rinciannya, tingkat SD diikuti 18 pasangan, tingkat SMP diikuti 19 pasangan, tingkat SMA diikuti enam pasangan dan tingkat mahasiswa/umum 14 pasangan. Untuk kategori Beregu tingkat SMP diikuti sembilan tim, SMA tiga tim, dan umum sembilan tim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Petenis Serbia Djokovic Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Dunia
Megawati Bidik Gelar Juara Proliga 2024
Seorang Nenek Pecahkan Rekor Dunia Plank Terlama di Usia 58 Tahun
Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Budayawan Terlibat Bikin Maskot Pilwalkot Jogja 2024
  2. Naturalisasi Tidak Tabu
  3. Tak Lagi Dianggap sebagai Kader PDIP, Presiden Jokowi Bilang Begini
  4. Politeknik Indonusa Surakarta Kini Punya Prodi Sarjana Terapan Bisnis Manajemen

Berita Terbaru Lainnya

Megawati Bidik Gelar Juara Proliga 2024
Peringkat Jonatan Christie Kini di Tiga Besar Dunia
Seorang Nenek Pecahkan Rekor Dunia Plank Terlama di Usia 58 Tahun
Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya
Pria Amerika Pecahkan Rekor Setelah Lakukan 26 Ribu Squat Selama 24 Jam
Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani
Marquez Ungkapkan Penyebab Jatuh di MotoGP Amerika
Taklukan Wakil Tuan Rumah, Jonatan Christie Juara BAC 2024
Atasi Nets 111-107, Knicks Samai Torehan Bucks di Posisi Kedua
Kalahkan Shi Yuqi, Jojo Melaju ke Final BAC 2024