Olahraga

71 Atlet dari 11 Negara Ramaikan Indonesia Para Badminton Internasional di GOR Amongrogo

Penulis: Jumali
Tanggal: 11 Agustus 2022 - 21:07 WIB
Ilustrasi. - Freepik

Harianjogja.com, JAKARTA — Sebanyak 71 atlet dari 11 negara bakal meramaikan turnamen FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 di GOR Amongrogo, Jogja, 23-28 Agustus 2022.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Lius Pongoh mengatakan, selain Indonesia, atlet yang ambil bagian di turnamen tersebut adalah Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, Azerbaijan, Peru, India, Polandia, dan Sri Lanka.

"Semuanya persiapan sudah siap. Tinggal menunggu pelaksanaan bergulir juga. Kami banyak belajar dari penyelenggaraan pertandingan para-badminton di ASEAN Para Games 2022 di Solo," ujar Lius, dikutip dari Antara, Kamis (11/8/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Yoppy Rosimin selaku Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation mengatakan turnamen tersebut menjadi langkah untuk mengangkat citra dan kebanggaan atlet para-bulu tangkis di tingkat dunia.

"Para-badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak mendulang prestasi di berbagai kejuaraan internasional. Kami juga ingin membuat mereka memiliki kebanggaan sebagai atlet yang mengharumkan nama bangsa, khususnya melalui turnamen berkualitas seperti Indonesia Para Badminton International 2022," ujar Yoppy.

Sekretaris Jenderal Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, mengatakan ajang ini sangat dinantikan atlet-atlet Indonesia, mengingat kali terakhir turnamen para-bulu tangkis level internasional bergulir di Tanah Air pada 2016 di Solo, Jawa Tengah.

Dia juga memberikan apresiasi kepada FOX’S dan Bakti Olahraga Djarum Foundation yang menghadirkan kembali turnamen para-badminton level dunia ke Tanah Air.

Pasalnya, tidak banyak perusahaan khususnya di sektor swasta yang turut terlibat dalam penyelenggaraan kejuaraan olahraga disabilitas.

"Harus diakui, tidak banyak perusahaan yang mau menjadi sponsor kejuaraan olahraga disabilitas. Hal Ini yang membuat kejuaraan internasional para-badminton sempat terhenti selama enam tahun," kata Rima.

"Untuk itu, kami mengapresiasi kesediaan FOX’S dan juga Bakti Olahraga Djarum Foundation yang berkenan ambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas atlet-atlet disabilitas melalui penyelenggaraan turnamen ini," ujar Rima menambahkan.

Indonesia Para Badminton International 2022, lanjut Rima, akan menjadi pembuktian bagi skuad para-bulu tangkis di Indonesia usai menyabet berbagai gelar internasional dan juga keluar sebagai juara umum pada ASEAN Para Games 2022.

"Target kami di Yogyakarta nanti adalah juara umum, sama seperti target di APG 2022 kemarin. Untuk itu, sejumlah atlet yang berhasil mendulang prestasi akan kami sertakan demi mengamankan perolehan juara nanti," ujar Rima.

Group Brand Head PT Savoria Kreasi Rasa, Vanessa Ingrid Pamela, mengatakan bahwa penyelenggaraan Indonesia Para Badminton International 2022 diharapkan menjadi ajang bagi atlet para-badminton dalam mengasah kemampuan dan potensi diri demi mendulang prestasi.

“Melalui kejuaraan ini, kami merasa bangga bisa menjadi bagian dalam pengembangan potensi dan prestasi atlet yang merupakan pahlawan sejati di cabang olahraga. Dalam turnamen ini kami mengusung tema #SparkleYourEnergy dengan harapan para atlet mampu menunjukkan kilau prestasinya," katanya.

"Selain itu, kami ingin semangat juang para atlet menjadi inspirasi dalam menaklukkan segala limitasi dan tantangan serta memberikan motivasi bagi orang lain," ujar Vanessa menuturkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Perempat Final Swiss Open Digelar Nanti Malam, Ini Dia Pebulu Tangkis Indonesia yang Tampil
Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka
All England 2024, Indonesia Mencetak Sejarah Setelah 30 Tahun
Final All England Pertemukan Ginting dan Jonatan, All Indonesian Final Kembali Tercipta Setelah 30 Tahun

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Pemuda Ngawi Ditemukan Meninggal Mengambang di Sungai, Ada Luka di Kepala
  2. Naik 10%, Volume Kendaraan Diprediksi sampai 9 Juta di Solo saat Lebaran 2024
  3. Berbagi Kebahagiaan, Tuntas Subagyo Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sukoharjo
  4. Kabar Gembira Persis Solo, Irfan Jauhari Merumput Lagi setelah Absen Semusim

Berita Terbaru Lainnya

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez
Kronologi Tabrakan Bagnaia dengan Marquez di MotoGP Portugal 2024
Polisi Selidiki Penyebab 2 Pemain Ski yang Tewas di Swiss
Swiss Open 2024: Gregoria Melaju ke Final
Perempat Final Swiss Open Digelar Nanti Malam, Ini Dia Pebulu Tangkis Indonesia yang Tampil
Herjun Raih Podium Tertinggi, CBR250RR Tak Terbendung di ARRC Buriram
Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka
All England 2024, Indonesia Mencetak Sejarah Setelah 30 Tahun
14 Pemain Timnas Voli Indonesia Dipanggil PP PBVSI untuk Melawan Red Sparks
Final All England Pertemukan Ginting dan Jonatan, All Indonesian Final Kembali Tercipta Setelah 30 Tahun