Advertisement

OPINI: Menyikapi Kegiatan Ekstrakurikuler Luar Sekolah

Tofik Kurohman
Rabu, 18 Maret 2020 - 06:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
OPINI: Menyikapi Kegiatan Ekstrakurikuler Luar Sekolah Ilustrasi Sekolah - Ist/Riauonline

Advertisement

Selain kegiatan intrakurikuler, setiap sekolah juga mengadakan kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Ekstrakurikuler sekolah bertujuan untuk meningkatkan dan menyalurkan bakat ataupun mendorong perkembangan potensi anak didik mencapai taraf maksimum. Tidak hanya dilakukan di dalam lingkungan sekolah tetapi juga di luar sekolah. Namun, bukan tidak mungkin kegiatan ekstrakurikuler terutama kegiatan yang diadakan di luar sekolah/alam tidak berisiko.

Berdasarkan SK Mendikbud No.0461/U/1984 serta SK Dirjen Dikdasmen 226/C/Kep/O/1992, kegiatan ekstrakurikuler diadakan untuk membina siswa di samping jalur OSIS, latihan kepemimpinan dan wawasan wiyatamandala. Artinya kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk memperluas pengetahuan siswa dalam arti memperkaya, mempertajam dan memperbaiki pengetahuan siswa sesuai dengan minatnya masing-masing.

Advertisement

Untuk lokasi/tempatnya, kegiatan ekstrakurikuler dapat diadakan di sekolah, tetapi juga diadakan di luar sekolah. Kegiatan yang diadakan di sekolah biasanya kegiatan Karya Ilmiah Remaja (KIR), drumben, teater, karate ataupun tari. Selain kegiatan di sekolah terkadang kegiatan ekstrakurikuler juga diadakan di luar sekolah, contohnya kegiatan pramuka atau jelajah alam.

Hanya saja dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler tersebut (baik ekstrakurikuler di dalam ataupun di luar sekolah) sebagai tempat aktualisasi bakat anak didik haruslah tetap juga memperhatikan aspek keamanan dari kegiatan tersebut. Apalagi kegiatan tersebut diikuti banyak orang. Seperti KIR dengan meneliti dengan menggunakan bahan kimia, harus dapat dijamin dan tepat takaran.

Kepala Sekolah
Begitupula pramuka yang tentunya berinteraksi dengan alam, haruslah memperhatikan apakah alam tempat berkegiatan tersebut bersahabat atau tidak untuk berkegiatan (misalnya medannya licin ataupun tidak, bisa juga cuaca kondisi cerah atau justru tidak bersahabat dengan mendung ataupun hujan).

Disamping itu, sekolah dalam hal ini tentunya kepala sekolah harus dapat menjamin keamanan kegiatan ekstrakurikuler jika diadakan di luar lingkungan sekolah. Seperti sebelum memberi ijin, sekolah dapat menceklis apa saja bentuk kegiatannya dan bagaimana pelaksanaannya. Jika diantara kegiatan tersebut justru berbahaya bagi peserta nantinya, kepala sekolah dapat memberikan saran untuk menghilangkan dan menganti kegiatan lainnya yang lebih minimalis resikonya.

Kegiatan ekstrakurikuler apapun bentuknya boleh diadakan di dalam sekolah ataupun di luar sekolah. Hanya saja jangan sampai kegiatan ekstrakurikuler yang ada tidak terjamin aspek keamanannya yang justru nanti berbahaya bagi peserta kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Bahkan nantinya dapat menimbulkan korban jiwa.

Tentu dalam hal ini kepala sekolah yang mempunyai wewenang untuk memutuskan, apakah berbagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler sekolah tersebut wajib dihilangkan ataupun digantikan dengan kegiatan lainnya yang justru lebih bersifat edukatif tanpa mengabaikan aspek keamanannya.

*Penulis merupakan mahasiswa S1 Sastra Inggris Universitas Teknologi Yogyakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement