HomeOpini

Ramadan Hidangan Spesial bagi Orang Beriman

Oleh: Arif Humaini, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab UMY
29 April 2021 - 07:07 WIB

Arif Humaini, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab UMY

Salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada orang yang beriman adalah adanya bulan Ramadan. Allah khusus memanggil hamba-Nya yang beriman dengan ucapan “Yaa ayyuhal ladziina aamanuu” di dalam surat Al Baqarah: 183 yang menunjukkan kewajiban berpuasa di bulan Ramadan.

Bulan ini merupakan bulan yang penuh berkah, rahmah, dan maghfirah Allah, sehingga meskipun usia ummat Nabi Muhammad SAW terbatas tidak sepanjang usia dari umat nabi-nabi sebelumnya, namun kita dapat mengejar pahala dan amalan kita dengan apa yang telah disediakan oleh Allah SWT di bulan Ramadan ini. Rasulullah pernah bersabda di dalam Hadit yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah tentang kisah dua sahabat.

Dari Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu'anhu, ia berkata: “Ada dua orang lelaki dari kabilah Baliy datang kepada Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam. Mereka berdua masuk Islam bersama. Tapi salah satu dari mereka lebih bersungguh-sungguh dalam beribadah dibandingkan yang lain.

Suatu ketika, yang lebih rajin beribadah tersebut ikut berjihad mati syahid. Sedangkan yang satunya (yang tidak rajin ibadah), dia hidup setahun lebih lama. Kemudian ia juga wafat".

Thalhah berkata, "Aku pernah bermimpi sedang berada di depan pintu surga dan Aku bertemu dengan dua orang tersebut. Tiba-tiba ada sosok yang keluar dari pintu surga. Kemudian sosok ini mengizinkan si Fulan yang meninggal terakhir tadi (yang kurang rajin beribadah) untuk masuk ke surga. Kemudian sosok tadi keluar lagi, lalu dia mengizinkan si Fulan yang wafat dalam jihad untuk masuk ke surga. Kemudian sosok ini pun menghampiriku kemudian mengatakan, ‘Kembalilah! Sekarang belum waktumu’”.

Ketika pagi hari, Thalhah menceritakan mimpinya tersebut kepada orang-orang. Mereka pun heran dengan mimpi Thalhah tersebut. Sampailah hal ini terdengar oleh Rasulullah SAW dan para sahabat pun menyampaikannya kepada beliau

Rasulullah SAW bersabda: "Apa yang membuat kalian heran?". Para sahabat menjawab, "Wahai Rasulullah, mengapa si Fulan yang lebih rajin beribadah dan ia wafat dalam jihad ia justru masuk surga belakangan sedangkan si Fulan yang lain [yang tidak rajin ibadah] lebih dahulu?”

Rasulullah SAW bersabda, "Bukankah si Fulan tersebut [yang tidak rajin ibadah] hidup setahun lebih lama daripada si Fulan yang pertama?”. Para sahabat menjawab: "Benar".

Rasulullah SAW bersabda, “Bukankah si Fulan tersebut [yang tidak rajin ibadah] menjumpai Ramadan, dia berpuasa Ramadan, shalat di bulan Ramadan, sujud dan melakukan ibadah lainnya di bulan Ramadan di tahun tersebut".

Para sahabat menjawab, “Tentu wahai Rasulullah”.

Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh jarak antara mereka berdua lebih jauh daripada langit dan Bumi." (HR. Ibnu Majah no. 3185, Ahmad [2/370]. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah. Juga oleh Ahmad Syakir dalam Takhrij Musnad Ahmad).

Dari kisah tersebut menunjukkan betapa keagungan dan faedah Ramadan, ia merupakan bulan yang spesial untuk mengangkat derajat manusia, khusus bagi hamba-Nya yang beriman. Salah satu cara Allah memberikan bonus untuk mengangkat derajat seorang yang beriman. Semoga kita termasuk dalam golongan orang beriman dan berilmu yang mendapatkan derajat kemuliaan di sisi Allah SWT.

Tag: ramadan Editor: Maya Herawati

Artikel Terkait
Ahli Falak 4 Negara Berembuk Kalender Hijriah 1 year ago
OPINI: Memenangkan Hari Kemenangan 2 years ago
Dari Panggung, Shaggydog Bebaskan Penghuni Lapas Wirogunan dari Kebosanan 2 years ago
Selama Ramadan, Lebih dari 1.000 Petasan Disita Polsek Srandakan 2 years ago
OPINI: Akselerasi Kualitas Keimanan dan Ketakwaan untuk Mencapai Idulfitri 2 years ago

Berita Pilihan

Keteladanan yang Tak Tergantikan Mengoptimalkan Ibadah Puasa saat Pandemi Covid-19 OPINI: Karya Holistik yang Membangun Karakter Bangsa OPINI : Melatih Kejujuran OPINI: Memahami Evolusi E-Government
Berita Terbaru
OPINI: Swasembada Semu Daging Ayam 8 hours ago
OPINI: Omnibus Law & Orkestrasi Ekosistem Investasi Daerah 1 day ago
OPINI: Arah Pemulihan Ekonomi Berlanjut 3 days ago
OPINI: Aji Mumpung di Musim Liburan 4 days ago
OPINI: Menekan Risiko Keuangan melalui Literasi Media & Informasi 5 days ago

Terpopuler

HIKMAH RAMADAN: Ramadan, Bentuk Kasih Sayang Allah Opini: Perlindungan Konsumen di Era Digital RIFKA ANNISA: Bercerita Pengalaman Kekerasan Seksual OPINI: Menepis Stres Kerja di Perusahaan OPINI: Buzzer adalah Kita
OPINI: Transformasi Ekonomi Hijau 6 days ago
OPINI: RUU PKS, Harapan Perlindungan Hukum Kawin Paksa 1 week ago
OPINI: Fatwa Vaksin Covid-19 1 week ago
OPINI: Pemangkasan Bunga Kartu Kredit 1 week ago
OPINI: Sikapi Pandemi dengan Resilient 1 week ago