Advertisement

Kenalkan C-HR, Mobil CBU Toyota yang Jadi Rival Honda HR-V 1.8

Muhammad Khadafi
Kamis, 12 April 2018 - 10:06 WIB
Nugroho Nurcahyo
Kenalkan C-HR, Mobil CBU Toyota yang Jadi Rival Honda HR-V 1.8 Toyota H-RV. - Toyota

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan sport utility vehicle (SUV) anyar, Selasa (10/4/2018). Perusahaan memberi label All New C-HR sebagai mobil yang melawan stereotipe. Spesifikasi dan harga untuk pasar otomotif Indonesia masih menjadi perbincangan.

Sebagai SUV crossover, C-HR akan bersaing dengan beberapa pemain lama di Indonesia. Saat ini ada beberapa model yang berebut kue pasar di kelas ini, termasuk Toyota dengan varian Rush.

Advertisement

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen SUV kecil tergerus 7,96% sepanjang dua bulan pertama 2018 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Penyegaran Rush dan Terios memang memberi angin segar, tetapi Honda tampak tengah menurunkan pasokan BR-V dan HR-V secara signifikan.

Mengingat desain futuristiknya, kehadiran C-HR rasanya akan menyuntikkan stimulus positif ke ceruk SUV di Indonesia. Namun, tampaknya perusahaan tidak mengincar volume besar pada tahap awal. Pasalnya TAM akan mengimpor secara utuh atau completely built up (CBU) mobil tersebut dari Thailand, tidak seperti model lain dengan angka penjualan tinggi yang sudah dirakit lokal.

Di Thailand dan Malaysia, negara tetangga terdekat, CH-R menggunakan spesifikasi mesin bensin 1.8 L dan 1.8 L hibrida. Jika demikian C-HR bisa dipastikan akan beradu kekuatan dengan HR-V yang juga memiliki varian mesin 1.8 L yang selama ini bisa dikatakan tidak punya lawan.

Dengan demikian CH-R tidak akan mengincar pasar gemuk Tanah Air. Tidak seperti SUV crossover bermesin 1.5L yang masih bisa mengincar konsumen dengan daya beli Rp200 juta hingga Rp300 juta.

Sebagai gambaran, PT Honda Prospect Motor melepas HR-V 1.8 L dengan kisaran harga Rp380 juta hingga Rp400 juta. Kemungkinan besar, C-HR akan dibanderol dengan harga lebih tinggi dari itu karena statusnya sebagai mobil CBU.

Adapun C-HR di Thailand dan Malaysia dibekali dengan beberapa fitur keselamatan, seperti 7 kantung udara, ABS+EBD+BA, vehicle stability control, traction control, dan hill start assist . Selain itu juga ada rear cross traffic alert, blind sport monitoring, brake hold, electric parking brake, cruise control dan headunit 7 inci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 3 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil PSM vs RANS Nusantara: Skor 3-2, Klub Raffi Ahmad Terdegradasi ke Liga 2

Sepakbola
| Selasa, 30 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement