Advertisement

Indonesia Pasar Potensial Mobil Listrik

Kusnul Isti Qomah
Sabtu, 16 Maret 2019 - 07:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Indonesia Pasar Potensial Mobil Listrik Sooyeon Joo, Deputy Director Marketing PT Nissan Motor Indonesia (kiri) dan Troy Pantouw, Deputy Director Communication PT Nissan Motor Indonesia (kanan) berpose dengan All New Nissan Livina di Hartono Mall, Sleman, Kamis (14/3)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Nissan merupakan perusahaan yang pertama meluncurkan kendaraan listrik yang lebih dikenal dengan istilah EV atau Electric Vehicle di dunia. Kendaraan listrik Nissan direncanakan masuk ke pasar Indonesia pada 2020 dan Indonesia dinilai sebagai pasar potensial. Sebelum menuju ke sana, berbagai persiapan perlu dilakukan.

Sooyeon Joo, Deputy Director Marketing PT Nissan Motor Indonesia mengungkapkan Nissan memiliki reputasi yang bagus untuk mobil listrik di dunia dan menjadi market leader. Penjualan EV Nissan mencapai 400.000 unit di seluruh dunia. "Kepingin menjadi bagian Indonesia juga. Memang semuanya perlu persiapan untuk infrastruktur," kata dia ketika ditemui di Hartono Mall, Sleman, Kamis (14/3).

Advertisement

karena itu, menurutnya, saat ini pihaknya gencar melakukan diskusi mendalam dengan pemangku kepentingan dan pemerintah. Langkah-langkah yang diperlukan sudah mulai dilakukan. "Semuanya bertahap. Untuk menuju 2020 harus melakukan banyak persiapan. Kami ingin buat EV jadi bagian Indonesia juga," kata dia.

Menurutnya, EV bukan hanya fitur yang ditawarkan. Nissan juga memiliki konsentrasi untuk menghasilkan teknologi yang zero emission dan keamanan.

Ia mengungkapkan saat ini pasar EV kuat di Eropa karena regulasi pemerintah yang mendukung. Selain itu EV juga laku di California, Korea, Jepang. Selain regulasi yang mendukung, kesadaran masyarakat juga menjadi kunci. EV tidak hanya soal fitur, tetapi juga soal sadar lingkungan.

"Kalau ingin membuat lingkungan bersih, mereka tahu harus pakai kendaraan seperti apa. Tantangannya bukan pada teknologi, tetapi pada mindset," kata dia.

Troy Pantouw, Deputy Director Communication PT Nissan Motor Indonesia mengungkapkan selain itu, infrastruktur juga harus mendukung seperti ketersediaan charging station. Indonesia punya potensi untuk pasar EV. "Pasalnya hampir semua rumah memiliki garasi sendiri. Hal inilah yang tidak dimiliki negara lain seperti Korea. Di Korea orang hidup di apartemen yang tidak memiliki garasi sendiri tetapi parkir bersama," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Diwarnai Tiga Gol Penalti Flavio Silva dan Kartu Merah Bagi Bustos, 10 Pemain PSS Tahan Imbang Persik Kediri

Sepakbola
| Rabu, 24 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement