Advertisement

Menristek Ingin Indonesia Produksi Mobil Listrik pada 2025

Newswire
Sabtu, 22 Juni 2019 - 14:17 WIB
Nina Atmasari
Menristek Ingin Indonesia Produksi Mobil Listrik pada 2025 Mobil Garuda UNY saat berkompetisi di Korea Selatan. - IST/Tim Garuda UNY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Indonesia diharapkan sudah mampu memproduksi mobil listrik sendiri pada 2025. Hal itu diungkapkan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir.

"Harapannya di tahun 2025 Indonesia sudah mempunyai mobil listrik sendiri," kata Menteri Nasir seusai acara Peluncuran Mobil Listrik dan Pagelaran Wayang Dies Natalis UNY di Halaman Rektorat UNY, Jumat (22/6/2019) malam.

Advertisement

Menurut dia, prototipe mobil listrik yang dibuat oleh Tim Mobil Garuda FT UNY merupakan upaya anak bangsa yang harus terus dididukung dan dikembangkan karena mobil listrik merupakan mobil masa depan yang ramah lingkungan.

"Dalam hal ini 'green economy' harus kita kembangkan, hemat energi harus kita lakukan, dan menghindari polusi udara," kata Nasir.

Produksi mobil listrik di Indonesia, menurut dia, tinggal satu tahap yakni berkolaborasi dengan sektor industri untuk menyiapkan kebutuhan suku cadang.

Kendati demikian, untuk menuju ke sana masih terkendala masalah baterai. Apalagi untuk total pembiayaan produksi mobil listrik, baterai memiliki porsi mencapai 30-35 persen. "Ini yang masih cukup signifikan nilainya maka bagaimana riset di bidang baterai harus kita kembangkan terus," kata dia.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku baterai, menurut dia, saat ini pemerintah telah menyiapkan kawasan industri terpadu yang memproduksi baterai mobil listrik yang berlokasi di Halmahera, Maluku dan Morowali, Sulawesi Tengah yang ditargetkan mulai berproduksi pada 2021-2022.

"Kalau nanti di Morowali dan di Halmahera sudah jadi, bahan baku dari situ. Maka sudah ada baterai lokal dari Indonesia. Ini akan menghemat harga satu kendaraan mobil listrik," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement