Advertisement

Simak, Ini Cara Mengenali Mobil Bekas yang Pernah Turun Mesin

Dionisio Damara
Senin, 07 Juni 2021 - 14:37 WIB
Nina Atmasari
Simak, Ini Cara Mengenali Mobil Bekas yang Pernah Turun Mesin Bengkel Auto2000. Bukti performa mesin mobil terjaga adalah dengan memamerkan rekam jejak servis kepada calon pembeli. - Auto2000

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Harga yang miring menyebabkan seseorang kadang membeli mobil bekas. Tetapi, ada hal detail yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas agar tidak menyesal setelah membelinya.

Salah satu yang hal perlu diperhatikan calon pembeli mobil bekas adalah kondisi mesin. Upayakan mobil incaran anda belum pernah mengalami turun mesin.

Advertisement

Dikutip dari laman resmi Auto2000, turun mesin adalah suatu istilah di dunia otomotif dalam menyebut proses pelepasan mesin dari badan mobil untuk kemudian diperiksa dan diperbaiki. Hal ini biasa disebut overhaul. Mobil yang pernah turun mesin berarti sudah pernah mengalami kerusakan berat.

Karena itu, disarankan lebih baik jangan membeli mobil bekas yang sudah mengalami turun mesin. Sekilas, mungkin sulit mengetahui apakah mobil incaran anda pernah turun mesin atau tidak.

Namun, dengan pengamatan saksama, Anda bisa mengenali ciri-ciri mobil yang pernah mengalami turun mesin. Berikut detailnya:  

1. Ruang mesin bersih

Ciri pertama yang paling mudah diidentifikasi bisa dilihat dari kondisi ruang mesin. Ruang mesin pada mobil yang pernah turun mesin biasanya terlalu bersih. Ini karena saat mobil overhaul, mesin akan diangkat untuk diperiksa dan diperbaiki.

Selain itu, ketika diperbaiki, ruang mesin acapkali dibersihkan. Jadi, jika menemukan mobil bekas dengan ruang mesin yang terlalu bersih, anda layak mempertanyakannya.

Meskipun demikian, bukan berarti mobil bekas yang ruang mesinnya bersih pernah turun mesin. Anda perlu mencocokkannya dengan kebiasaan pemilik. Jangan ragu bertanya detail kepada pemilik sebelum membeli.

2. Terdapat goresan di lubang baut

Ciri-ciri mobil pernah turun mesin juga bisa diperiksa dari kondisi baut-baut di ruang mesin. Cek baut yang melekat pada blok mesin, apakah masih utuh dan presisi. Sebab, baut blok mesin pada mobil yang pernah overhaul akan memiliki banyak goresan halus.

Mengapa? Saat melakukan turun mesin, mekanik bengkel perlu membuka baut-baut tersebut. Ada kalanya baut sulit dibuka karena usia pemakaian hingga akhirnya proses tersebut menimbulkan goresan-goresan halus pada baut.  

3. Terdapat segel mesin baru

Ciri lain yang mudah dikenali adalah penggunaan segel atau seal silikon pada mesin mobil. Mesin mobil yang tidak pernah turun mesin tidak akan menggunakan seal silikon. Proses perakitan dan penyatuan seluruh komponen mobil umumnya dilakukan secara otomatis dengan bantuan robot. 

Jika anda menemukan adanya seal silikon, artinya mesin mobil sudah pernah dibongkar dan dirakit kembali. Seal silikon terbuat dari material cair yang lama-kelamaan mengeras menjadi semacam karet. Bekas seal ini akan mudah dikenali karena memang terlihat berbeda dari komponen lain dalam mesin mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Barcelona Vs PSG, Perkiraan Susunan Pemain dan Link Streaming

Sepakbola
| Selasa, 16 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement