Advertisement

Mobil Listrik Diprediksi Mulai Populer di Indonesia Tahun Depan

Newswire
Selasa, 30 November 2021 - 08:37 WIB
Budi Cahyana
Mobil Listrik Diprediksi Mulai Populer di Indonesia Tahun Depan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ikut membuka Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (24/11/2021). - Bisnis/Muhammad Khadafi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Popularitas mobil listrik di Indonesia akan semakin kuat pada tahun depan sejalan dengan berbagai upaya edukasi dan juga variasi produk yang ditawarkan oleh pabrikan untuk pasar Indonesia. 

"Tren lain yang tampaknya mulai meningkat adalah kecenderungan pembelian kendaraan hibrida dan kendaraan listrik (BeV) roda dua dan roda empat yang akan meningkat perlahan pada awal tahun 2022," kata pengamat otomotif dan akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu, Senin (29/11/2021).

Advertisement

Dalam hal ini, peran pemerintah juga sangat penting untuk memperbanyak peredaran kendaraan ramah lingkungan. Dia berharap pemerintah bisa memberikan contoh dengan menggunakan kendaraan listrik sebagai armada operasional sehari-hari.

Hal itu juga diserukan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko saat pembukaan Indonesia Electric Motor Show di Serpong. Moeldoko mengatakan, pemerintah sebaiknya menggunakan kendaraan listrik agar menjadi contoh bagi masyarakat, sekaligus membuktikan bahwa kendaraan listrik memiliki daya jelajah yang mumpuni untuk operasional di beberapa lokasi di Indonesia.

"Dukungan dari pemerintah untuk menciptakan potensial market dengan cara menggunakan kendaraan listrik, sebagai kendaraan dinas atau operasional. Ini seperti yang sudah dimulai oleh Kementerian Perhubungan," kata dia.

Selanjutnya, Moeldoko berpesan agar penggunaan kendaraan listrik juga diadopsi oleh penyedia layanan angkutan umum. Menurut dia, penggunaan mesin listrik pada angkutan umum membuka kesempatan bagi masyarakat untuk lebih dekat dan merasakan langsung mobil listrik.

"Pelebaran ke kementerian lain juga perlu, serta menjangkau ke transportasi umum itu juga sangat perlu," jelas dia.

Penggunaan kendaraan listrik yang dipelopori pemerintah dan sektor transportasi umum akan menguatkan keyakinan para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Dengan demikian, harga mobil listrik di masa depan akan semakin terjangkau karena pasar yang menjanjikan dan ketersediaan komponen yang diproduksi di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement