Advertisement

Mulai Besok Fortuner, Pajero, hingga Nmax Tak Bisa Pakai Pertalite

Jaffry Prabu Prakoso
Kamis, 30 Juni 2022 - 14:37 WIB
Sirojul Khafid
Mulai Besok Fortuner, Pajero, hingga Nmax Tak Bisa Pakai Pertalite Petugas melakukan pengisian bahan bakar pertalite di SPBU Pertamina Abdul Muis, Jakarta, Rabu (29/6/2022). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA—Pengguna kendaraan Fortuner, Pajero, CBR, hingga sepeda motor Nmax perlu bersiap-siap. Mulai besok, 1 Juli 2022, jenis kendaraan tersebut harus mengonsumsi Pertamax. Hal ini sesuai dengan peraturan Pemerintah dalam menguji coba pelarangan penggunaan BBM subsidi, seperti Pertalite untuk kendaraan bermotor mewah. 

Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman, mengatakan lembagannya bersama pemangku kepentingan terkait sudah menyodorkan sejumlah kriteria untuk pembatasan pembelian BBM bersubsidi kepada pemerintah lewat rancangan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191/ 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Advertisement

Rencanannya, Perpres itu dapat rampung pada Agustus 2022 atau setelah uji coba pembelian BBM lewat aplikasi verifikasi MyPertamina berjalan sekitar satu bulan.

BACA JUGA: Ada Cacat, Peredaran SUV Listrik Toyota Ditarik Lagi

“Di dalam rancangan Perpres yang terbaru ini yang kami usulkan setelah hitung-hitung dari beberapa skenario dan opsi-opsi yang kita simulasikan mana yang bisa mengurangi konsumsi solar, sehingga pada akhir tahun ini masih bisa mencapai kuota,” kata Saleh saat Webinar SUKSE2S, Rabu (29/6/2022).

Saleh menjelaskan bahwa skema pembatasan pembelian jenis BBM khusus penugasan (JBKP) Pertalite bakal berpatok pada CC kendaraan.

Nantinya, konsumen yang tidak mendapat akses untuk membeli pertalite adalah kendaraan roda dua kapasitas mesin di atas 250 CC dan empat dengan kapasitas mesin di atas 2.000 CC. BPH mengkategorikan mereka sebagai barang mewah.

“Kalau mampu beli mobil mahal yang Turbo itu mestinya juga mampu membeli BBM non subsidi. Jadi, dengan sendirinya teman-teman yang menggunakan mobil-mobil kelas baru itu memang direkomendasikan oleh pabrikan mereka sendiri untuk menggunakan bahan bakar yang lebih baik, beroktan tinggi lebih irit,” jelasnya.

BACA JUGA: Sedan Listrik Cadillac Celestiq Diprediksi Seharga Rp4,4 Miliar

Jika ketentuan tersebut berlaku, sepeda motor NMAX, CBR250RR, Kawasaki Ninja 250 FI, Yamaha R25, hingga Honda CRF250 Rally tidak akan bisa lagi merasakan Pertalite.

Untuk mobil, yang tidak bisa menenggak Pertalite seperti Toyota Alphard, Mitsubishi Pajero Sport, Mazda CV-5, hingga Toyota New Fortuner GR Sport.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Berikut Tim yang Lolos ke Semifinal Liga Europa 2024 dan Jadwal Pertandingannya

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement