HomeOtomotif

AHM Genjot Kontribusi Ekspor Motor

Oleh:Kusnul Isti Qomah
24 Januari 2020 - 07:22 WIB

Salah satu unit sepeda motor Honda Vario./ Ist - AHM

Harianjogja.com, JOGJA—Menutup 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meningkatkan kontribusinya pada kinerja ekspor sepeda motor nasional menjadi 37% dari hanya 29% pada tahun 2018.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan peningkatan ini setelah perusahaan berhasil membukukan pertumbuhan ekspor motor dalam kondisi utuh (CBU/completely built up) sebesar 66,1% pada periode Januari-Desember 2019. "Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia [AISI] sepanjang 12 bulan pada 2019, pabrikan sepeda motor anggota AISI berhasil mengekspor sepeda motor CBU sebanyak 810.433 unit atau tumbuh 29 persen dibandingkan total ekspor tahun sebelumnya," kata dia, Kamis (23/1).

Volume ekspor CBU sepeda motor Honda sepanjang Januari-Desember 2019 tercatat sebanyak 301.935 atau 37% dari total ekspor motor CBU sepanjang tahun lalu. Dilihat dari model yang diekspor, AHM lebih banyak mengirimkan model skuter ke pasar luar negeri. Tercatat sebanyak 282.008 unit skutik Honda dieskpor pada tahun lalu dengan kontribusi dari model Honda Vario dan Honda BeAT. AHM bahkan juga berhasil mengekspor skutik yang baru diluncurkan tahun lalu dan yang kini mulai diminati pencinta motor negara lain, yaitu Honda Genio dan Honda ADV150.

Dari jenis model motor sport, AHM berhasil mengekspor 14.166 unit sepanjang tahun lalu. Penyumbang terbanyak yaitu Honda CRF150L dan Honda CBR150R. Di segmen motor bebek, AHM berhasil memasarkan 5.761 unit ke luar negeri yang berasal dari model Honda Supra GTR150 sebagai penyumbang kontribusi terbesar, diikuti ekspor Honda Sonic.

Ia mengatakan perusahaan memiliki komitmen besar untuk terus meningkatkan kontribusi ekspornya dengan berusaha memperluas negara tujuan dan memperbanyak volume ekspor serta ragam model sepeda motor yang diekspor. Selain melakukan ekspor secara CBU, AHM juga melakukan pengiriman sepeda motor secara terurai (CKD/Completely Knocked Down) yang tahun lalu tercatat sebanyak 322.340 set, meningkat signifikan 45% dibandingkan tahun 2018 yang hanya 220.360

set.

AHM tahun lalu juga berhasil menambah negara tujuan pengiriman ekspor untuk unit CKD yaitu ke negara Brazil. Negara tujuan ekspor sepeda motor yang diproduksi AHM secara utuh dan terurai antara lain Filipina, Bangladesh, Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand dan Kamboja. “Lonjakan pertumbuhan ekspor 2019 ini tidak dapat dipisahkan dari daya saing produk anak bangsa yang memiliki kualitas berstandar global di pasar luar negeri. Kami ingin peningkatan ekspor 2019 ini akan berlanjut tahun ini baik dari sisi volume atau pun berusaha terus meningkatkan,” ujar Kurniawati.

Tag: Honda Editor: Mediani Dyah Natalia

Artikel Terkait
Astra Motor Yogyakarta Tingkatkan Layanan untuk Perusahaan 4 days ago
Ini Dia Komponen yang Wajib Dicek Setelah Perjalanan Jauh 1 week ago
PMHM Perkuat Persaudaraan Bikers Magelang, Ini Daftar Anggotanya 1 week ago
Astra Motor Jogja & Dealer Honda Gandeng Puluh Ribu Pengendara Dukung Semangat #Cari_Aman di Jalan Raya 2 weeks ago
5 Langkah Aman Agar Shockbreaker Belakang Tetap Bekerja Optimal 2 weeks ago

Berita Pilihan

Tips Mencuci Mobil Bersama Keluarga saat Liburan Mobil Matik Bisa Tidak Sengaja Pindah dari Posisi D ke R? Ini Penjelasannya Jangan Asal Kurangi Tekanan Angin Mobil! Ini Efek Buruknya Tips Agar Velg Anda Tak Karatan di Musim Penghujan Ban Baru Terasa Licin, Ini Sebab & Cara Mengatasinya
Berita Terbaru
Kebiasaan Mengemudi yang Membahayakan Jiwa 1 hour ago
Ini Cara Deteksi Kerusakan Mesin Melalui Warna Asap Knalpot 4 hours ago
Cara Aman Lepas Stiker di Kaca Mobil 5 hours ago
Teknik Melibas Kemacetan di Tanjakan yang Curam 6 hours ago
Sebelum Derek Mobil, Perhatikan Hal Ini 7 hours ago

Terpopuler

MOTOR BARU SUZUKI : Suzuki Hayate EP Diluncurkan MOBIL BARU MCLAREN : 570S GT4, Mobil Terbaru dari McLaren Empat Supercar Ini Terbakar di Bangkok MOBIL OTONOM : Inilah Mobil Otonom Pertama di Inggris RECALL SEPEDA MOTOR : Klep dan Noken As Bermasalah, Suzuki Recall Sejumlah Sepeda Motor
Penyebab Ban Tubeless Kempes 22 hours ago
Tips Naik Motor bagi Wanita Berhijab 1 day ago
Naik Motor Saat Hujan, Jangan Pakai Sandal 1 day ago
Cegah Jamur di Interior Mobil dengan Hal Ini 1 day ago
Agar Cat Bodi Motor Tak Cepat Pudar, Ini Cara Rawatnya 1 day ago