Otomotif

Ratusan Orang Berebut Pesan Toyota GR Yaris

Penulis: Dionisio Damara
Tanggal: 24 April 2021 - 09:37 WIB
Toyota GR Yaris. - Toyota

Harianjogja.com, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menutup pemesanan mobil Toyota GR Yaris , Jumat (23/4/2021), setelah berlangsung sejak 25 Maret 2021.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi menuturkan bahwa antusiasme pelanggan terhadap mobil bergaya reli itu sangat tinggi, sehingga total pemesan melebihi unit yang tersedia.

“Sejak resmi buka booking di bulan Maret, hari ini kami tutup pemesanannya. Lebih dari 470 pelanggan yang melakukan booking dan ini lebih tinggi dari alokasi suplai yang kami dapatkan,” ujar Anton dalam konferensi pers daring.

Toyota GR Yaris diproduksi dengan jumlah unit yang terbatas atau hanya 25.000 unit secara global. Dari jumlah itu, Indonesia mendapatkan alokasi sebanyak 126 unit.

“Terima kasih respons baik, tapi kami minta maaf karena alokasi suplai terbatas. Setelah ini kami siapkan persiapan launching dan pengiriman, jadi berikan kami waktu sampai unit bisa dikirim ke konsumen,” kata Anton.

Sampai saat ini GR Yaris diketahui masih menjalani proses homologasi. TAM berjanji akan mengumumkan jadwal resmi peluncurannya, ketika keseluruhan proses telah dilalui dan mendapatkan izin dari pemerintah.

Anton sebelumnya mengatakan bahwa model yang mengadopsi mobil reli Toyota di ajang World Rally Championship (WRC) ini dijual di rentang harga Rp750 juta hingga Rp800 juta. Peluncurannya diprediksi berlangsung pada paruh kedua tahun ini.

GR Yaris merupakan model yang dikembangkan Toyota Gazoo Racing World Rally Team. Dalam proses pengembangannya, GR Yaris memadukan kendaraan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari dan kompetitif layaknya di ajang WRC.

Anton sempat mengungkapkan bahwa Toyota GR Yaris didesain mengikuti WRC, sehingga produksinya menggunakan spesifikasi mesin, transmisi, rem, dan suspensi yang mirip atau mendekati spek WRC.

Sebagai model hatchback, GR Yaris terhitung buas. Mobil ini mengemas tenaga tinggi dari mesin turbo intercooler tiga silinder segaris 1,6 liter. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 270 ps dengan torsi puncak 360 Nm.

Varian ini mengadopsi sistem 4WD sport “GR-Four” yang dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakang. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual 6-percepatan ‘iMT’.

Untuk mencapai kecepatan 100 km per jam, Yaris GR diklaim hanya memerlukan waktu 5,5 detik. Kemampuan itu tidak terlepas dari perpaduan tenaga tinggi dan bodi ringan hasil penggunaan aluminium untuk kap, pintu belakang, dan panel pintu.

Bagian atas dari GR Yaris juga dilengkapi panel atap plastik yang diperkuat serat karbon dan dibentuk menggunakan metode compound moulding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Berita Terkait

Swift Pod, Mobil Otonom yang Memungkinkan Siapapun Melakukan Perjalanan Sambil Tidur
Berbenturan dengan Inova, Pikap Terguling di Fly Over Jombor
Tampil Sporty, Ini Spesifikasi Terbaru New Rush GR Sport
Oleng, Mobil Tabrak Trotoar hingga Seruduk Motor di Ring Road Utara, 1 Orang Luka-Luka

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Jadwal dan Lokasi Samsat Keliling Sukoharjo Hari Ini 24 April 2024
  2. Jadwal Samsat Keliling Sragen Hari Ini 24 April 2024
  3. Samsat Keliling Karanganyar Hari Ini Hadir di Tiga Kecamatan
  4. Prakiraan Cuaca Sukoharjo 24 April 2024: Berpeluang Turun Hujan Sore Nanti

Berita Terbaru Lainnya

Belum Ada Laporan Keluhan Pengisian Daya Kendaraan Listrik Selama Arus Mudik Balik Lebaran 2024
Tips Nyaman dan Aman saat Perjalanan Arus Balik
Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago
Mengintip Jenis Mobil Mewah Sandra Dewi yang Harganya Mahal Semua
Tampil Sporty, Ini Spesifikasi Terbaru New Rush GR Sport
Bolehkah Motor Kredit Belum Lunas Digadaikan atau Dipindahtangankan? Begini Penjelasannya
UMKM Otomotif Lokal Dapat Beradaptasi dengan Tren EV
Launching New Honda Stylo 160, Honda Istimewa Gandeng Brand Fashion Lokal
Toyota Jepang Bakal Rilis 30 Mobil Listrik secara Global hingga 2030
Matik 160cc Jadi Premium Fashionable Pertama di Indonesia Resmi Hadir Lebih Dekat di Jogja, Kedu, dan Banyumas